in , , ,

7 Hal yang Perlu Disiapkan Bagi Pemula Backpacker ke Luar Negeri

Mungkin masih banyak di antara Teman Traveler yang masih ragu untuk bepergian ke luar negeri. Tentu berbeda pengalaman traveling di dalam dan luar negeri. Jika mau menghemat biaya, kamu bisa melakukan backpacker-an untuk traveling ke luar negeri. Maka itu, ada beberapa hal mendasar yang perlu kamu siapkan untuk bisa backpacker-an ke luar negeri dengan lebih lancar dan aman.

Baca juga : 10 Tempat Mengagumkan Untuk Traveling di Pekalongan

1. Paspor

Seperti KTP di Indonesia, paspor sangat penting untuk dibawa dan menjadi identitas diri saat berada di negara orang. Tentunya kamu harus membuat paspor sebelum melancong ke luar negeri, yang bisa dilakukan di seluruh kantor imigrasi Indonesia. Pastikan semua informasi diri sudah benar dan tepat.

Paspor Republik Indonesia (c) Arfani/Travelingyuk

Saat bepergian di luar negeri, jangan sampai kehilangan paspor. Karena kamu harus mengurus kehilangan dan tidak semudah saat mengurus di Indonesia. Pastikan selalu dibawa ke mana pun kamu pergi dan diletakkan di tempat yang aman.

2. Tiket Pesawat

Tiket pesawat (c) Arfani/Travelingyuk

Akan lebih cepat dan efisien menggunakan pesawat untuk bepergian ke luar negeri. Kamu harus persiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Mulai dari cari maskapai apa yang memiliki pelayanan yang nyaman, promo harga tiket, sampai pemesanan yang dilakukan dengan tepat. Kamu bisa membeli tiket pesawat pulang-pergi agar tidak beresiko kehabisan tiket pulang.

3. Akomodasi

Cari informasi yang mendetail untuk akomodasi yang akan kamu gunakan selama berada di luar negeri. Pastikan tempatnya nyaman, aman, dan sesuai di kantong. Banyak pilihan yang ditawarkan mulai dari hostel, hotel, hingga apartemen. Untuk backpacker yang ingin menghemat, hostel merupakan pilihan akomodasi yang tepat karena murah juga hemat.

Lobby hostel (c) Arfani/Travelingyuk

Sekarang ini pemesanan bisa dilakukan melalui online. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan lokasi penginapan baiknya berada di tempat yang strategis dekat dengan transportasi umum. 

4. Destinasi wisata

Carilah informasi tempat wisata yang populer maupun tidak di negara tujuan. Catatlah semua tempat yang ingin dikunjungi, lalu mulailah melihat semua lokasi wisata yang akan dikunjungi di peta. Cari tahu juga waktu yang tepat untuk berkunjung ke destinasi wisata yang mempunya jam operasional.

Clarke Quay Singapore  (c) Arfani/Travelingyuk

Ini sangat berguna untuk menyusun jadwal perjalanan selama di sana, di mana kita dapat mengelompokkan lokasi berdasarkan jarak. Ini akan lebih menghemat waktu dan biaya tentunya. Hal ini diperlukan agar kita lebih siap dan tidak bingung ketika sudah sampai di negara tujuan.

5. Transportasi

Mulailah mencari tahu transportasi yang tersedia di negara tujuan. Biasanya, ada beberapa pilihan seperti bus, MRT, atau taksi. Sesuaikan dengan destinasi wisata yang sudah ditentukan dan pilihlah transportasi yang paling menguntungkan untuk menuju ke sana.

Bus Go KL (c) Arfani/Travelingyuk

Cari tahu tata cara untuk menaiki transportasi yang sudah dipilih, lalu catat rute di mana harus naik, rute yang dilalui, dan di mana harus turun. Ini sangat penting karena akan sangat mengurangi risiko tersesat dijalan.

6. Biaya Hidup dan Mata Uang

Hal yang perlu disiapkan lainnya adalah uang saku, pastikan cukup dan tidak kurang. Bagaimana cara mengetahui berapa uang yang perlu dibawa? Nah, caranya kalian harus mencari informasi mengenai biaya hidup negara tujuan. Misalnya 1 kali makan berapa biaya yang umum dihabiskan di sana, kemudian tinggal dikalikan berapa kali makan untuk menghitung biaya 1 hari.

Mata Uang Ringgit (c) Arfani/Travelingyuk

Lalu cari informasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk transportasi per hari. Lalu tinggal dijumlahkan saja dan dikalikan berapa lama akan tinggal. Akan lebih baik kalau kamu memiliki dana lebih karena untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya kehilangan dompet, uang jatuh, dicopet, dan lainnya. Setelah dapat gambaran berapa uang yang harus dibawa, tukarlah dengan mata uang negara tujuan.

7. Packing

Ini persiapan terakhir sebelum berangkat, yaitu packing barang bawaan. Pastikan membawa yang dibutuhkan saja, jangan membawa terlalu banyak barang dari rumah. Jika terlalu banyak, pasti berat dan akan merepotkan saat membawanya. Biasanya kalian pasti akan membeli sesuatu dari negara tujuan oleh-oleh, misalnya jadi pastikan koper atau tas masih ada ruang yang tersisa untuk tambahan barang bawaan saat pulang.

Packing di Koper (c) Arfani/Travelingyuk

Lebih baik dengan bawaan berangkat ringan dan pulang lebih berat. Jangan lupa juga membawa obat-obatan umum yang bisa dijadikan pertolangan pertama saat sakit daripada bingung kalau harus membeli obat di negara orang. Setelah selesai packing, tinggal siapkan diri aja untuk berangkat memulai petualangan baru.

Nah, itulah hal yang perlu disiapkan sebelum berangkat ke luar negeri. Semoga membantu dan selamat liburan! Next

ramadan

Sambal Tolang Komak Khas Lombok, Nikmatnya Bikin Nagih !

Liburan Hemat 3 Hari 3 Malam di Pulau Bawean