in , ,

Sambal Tolang Komak Khas Lombok, Nikmatnya Bikin Nagih !

Menikmati keindahan objek wisata sembari mencicipi kuliner khas Lombok menjadi moment yang tidak terlupakan bagi setiap teman traveler saat berkunjung ke pulau Lombok. Kuliner khas Lombok yang sungguh menggoda selera bagi siapapun yang mencicipinya, mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman yang lezat. Banyak kuliner yang dapat ditemukan oleh Wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Lombok, seperti yang cukup terkenal seperti ayam taliwang, sate tanjung, sate rembige dan sebagainya.

Baca juga : Warung Bebek Purnama, Kuliner Nendang di Surabaya yang ‘Tak Punya Cabang’

Sambal komak khas Lombok. Foto via yummi.com

Ketika memakan makanan berat seperti ikan bakar tanjung atau ayam bakar taliwang rasanya kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan sambal. Bahkan hampir setiap orang saat makan nasi dengan ikan atau ayam bakar tidak pakai sambal maka serasa hambar dan kurang bergairah. Nah, teman traveler jangan khawatir, di Lombok terdapat sambal yang mantap hingga menjadi oleh oleh khas Lombok yang sangat laris manis, yaitu Tolang Komak pedas khas Lombok.

Sambal tolang komak atau biji kacang koro bisa pakai kuah dikit atau dibuat kering. Sambal tolang komak paling cocok digunakan saat makan nasi dengan ikan asin. Dari segi rasa memang banyak variasi rasa yang dihidangkan sesuai selera, Talang komak biasanya memiliki rasa pedas manis, gurih pedas dan ada sedikit rasa asemnya.

Sambal komak dikemas agar bertahan lama. Foto via tokopedia.com

Talang Komak selain digunakan sebagai bahan dasar sambal, juga bisa dimasak sayuran. Seperti sayur asem komak, tumis komak, sop komak, plecing komak, plecing urap bua komak, dan masih banyak lainnya. Selain itu, komak ini bisa dijadikan bahan dasar pembuatan tempe. Ada juga yang mengolah komak menjadi tepung kaya protein atau bahkan dikembangkan lebih lanjut sebagai bahan daging tiruan.

Bahan dasar dari sambal Komak ini adalah dari biji bijian kacang komak. Kacang ini merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan yang dibudidayakan oleh petani ketika musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba. Sebelum di masak menjadi sambal, biasanya kacang ini dikeringkan terlebih dahulu agar kondisi kacang menjadi sedikit padat. Namun saat pengolahan, kacang kembali di rendam 30 menit dengan air dan direbus hingga matang. Nah, untuk bumbu sambalnya seperti biasa campuran dari rempah remah pilihan seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, gula, garam, pala, tomat, dan terasi. Semua bumbu ditumbuk hingga halus kemudian ditumis hingga harum, dan saatnya mencampur komak yang sudah matang. Teman teman bisa menumis hingga komak bercampur bumbu menjadi satu dan sedikit lengket.

Kacang komak bahan dasar segala jenis masakan khas lombok. Foto via tokopedia.com

Kandungan gizi pada komak ini sangat banyak sekali, seperti energi, lemak, karbohidrat, protein, zar besi, vitamin C, kalsium, asam folat, dan masih banyak lagi. Kandungan ini dapat berkhasiat menjaga gula darah tetap stabil, mencegah penyumbatan pembuluh darah, memulihkan kesehatan kardiovaskular, mengatasi dan mencegah anemia, meminimalkan gagal jantung, meminimalkan terjadinya hipertensi, memperkuat produksi hemoglobin. Nah, tunggu apa lagi, sajian sambal pedas Komak selain menggairahkan saat menyantap makanan juga memberi asupan gizi pada tubuh. Next

ramadan

Menelusuri Istana Gebang, Rumah Sang Proklamator di Blitar

7 Hal yang Perlu Disiapkan Bagi Pemula Backpacker ke Luar Negeri