in , , ,

Bakpia Pathok, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

Bakpia Pathok (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Bakpia terbuat dari kacang hijau yang dicampur dengan gula dan dibungkus dengan adonan tepung lalu dipanggang. Kuliner ini biasanya dibuat dengan bentuk bulat pipih dan merupakan oleh-oleh khas dari Yogyakarta, jadi kalo Teman Traveler ke Jogja tanpa membeli oleh-oleh ini maka kurang lengkap rasanya. Salah satu yang terkenal adalah Bakpia Pathok. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Hanya Ada di Jember, Gudeg Campur Pecel! Penasaran?

Sejarah Singkat Bakpia

Bakpia Jogja (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Bakpia pada awalnya berasal dari negeri cina, yang memiliki nama asli Tou Luk Pia, yang berarti kue pia kacang hijau. Bakpia mulai diproduksi di Kampong Pathok Yogyakarta sejak tahun 1948. Pada masa itu, bakpia masih diperjual belikan secara eceran dan dikemas dalam besek serta belum memiliki label atau merek dagang seperti saat ini. Keren bangetkan ya Teman Traveler, meski bakpia ini sudah ada sejak tahun 1948 tapi tetap bisa eksis dan memiliki banyak penggemar hingga saat ini.

Banyak Dijual Di Pasar Bringharjo

Bakpia Pathok Khas Jogja (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Jika Teman Traveler ke Jogja dan bingung mencari tempat penjual bakpia, tidak perlu khawatir karena Teman Traveler dapat dengan mudah
menemukan penjual bakpia di sekitaran pasar bringharjo dan sekitar jalan malioboro. Tinggal pilih mana yang Teman Traveler suka. Bungkus lalu siap dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah. Teman Traveler juga bisa membeli bakpia di pusat oleh-oleh khas Yogyakarta yang menyediakan bakpia dengan beberapa merk, tapi harganya sedikit lebih mahal.

Si Manis di Gemari Banyak Orang

Bakpia isi Kacang Hijau (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Kuliner ini sudah banyak menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pada awalnya, produsen bakpia pathuk memberi merek bakpia dengan menggunakan nomor rumah dimana mereka membuka usaha tersebut.

Harga Bakpia Pathok 52

Oleh-Oleh Khas Jogja (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Bakpia pathok 52 kacang hijau dibandrol dengan harga Rp20.000/kotak. Sangat murah bukan? Untuk harganya, bakpia sendiri sebenarnya bervariasi tergantung dari isian yang Teman Traveler pilih. Original atau rasa kacang hijau di bandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan varian lain seperti keju. Kini, bakpia ini telah memiliki berbagai macam varian yang bisa Teman Traveler coba. Next

ramadan

Tips Mendaki Gunung Lawu, Jangan Batasi Hobi hanya karena Kondisi Fisik

Lingkungan Bersih! Taman Hutan Kota Pare Cocok untuk Liburan Keluarga