in

Cara Bedakan Bakso Dicampur Boraks atau Tidak

Bakso sudah menjadi makanan untuk sejuta umat. Banyak sekali orang yang menggilai kuliner satu ini bahkan ketagihan dengan olahan daging serta kuah gurihnya. Namun, tidak semua jenis bakso bisa dicerna oleh tubuh. Ternyata, ada pedagang nakal yang memasukan formalin bahkan boraks ke dagangannya. Tidak perlu khawatir, terdapat banyak cara untuk membuktikan bakso tercampur dengan bahan kimia atau tidak. Berikut caranya.

Baca juga : Kue Tradisional Khas Natal di Indonesia, Selalu Hadir Saat Kemeriahannya

1. Sedia Kunyit dan Tusuk Gigi

Tusuk Gigi dan Kunyit
Tusuk Gigi dan Kunyit [image source]
Meski terkesan ribet membawa bumbu rempah ke mana saja, tetapi kunyit ternyata bisa membeberkan kandungan boraks di dalam bakso loh. Bermula dari temuan dua siswi SMAN 3 Semarang, bahan kimia dapat terlihat ketika tusuk gigi dengan kunyit ditancapkan pada makananan selama beberapa detik. Bila terdapat kandungan borax, maka tusuk gigi tersebut akan berwarna merah. Wah, sudah pernah mencoba?

Kunir
Kunir [image source]

2. Memakai Kulit Buah Naga

Kulit Buah Naga
Kulit Buah Naga [image source]
Selain tusuk gigi dan kunyit, ternyata kamu juga bisa mendeteksi formalin serta boraks dalam bakso menggunakan kulit buah naga. Bagaimana caranya? Pertama, rendam bakso terlebih dahulu dalam air yang dicampur kulit buah naga. Jika bakso itu menggunakan formalin atau boraks, warna ungu pudar, dan pentol yang tidak mengandung boraks warnanya merah muda.

Buah Naga
Buah Naga [image source]

3. Praktik dengan Kunyit dan Kain Saring

Kertas Saring dan Kunyit
Kertas Saring dan Kunyit [image source]
Kunyit rupanya paling ampuh untuk mengecek kandungan boraks dan formalin di dalam makanan. kali ini dengan menggunakan kain saring yang telah ditetesi oleh parutan kunyit. Masukkan potongan makanan ke dalam panci, rebus lalu dinginkan. Setelah itu, teteskan air rebusan padabagian tengah kertas penyaring. Jika warna kain berubah menjadi merah maka diduga ada boraksnya. Sebaliknya, jika tidak berubah warna makanan tersebut negatif mengandung boraks.

Ekstrak Kunyit
Ekstrak Kunyit [image source]

4. Uji Kandungan Bakso dengan Bunga Sepatu

Bunga Sepatu
Bunga Sepatu [image source]
Bukan untuk hiasan saja, ternyata bunga sepatu bisa digunakan sebgai indikator kandungan boraks atau formalin dalam bakso. Pertama siapkan bunga sepatu segar berwarna merah tua, kertas kromatografi, alkohol 70% serta bahan makanan yang ingin diuji. Dengan serangkaian cara yang dikenal dengan metode Bio Paper Test Kit ini, hasilinya cukup akurat. Sayangnya, bagi sebagian orang awam cukup susah mempraktikannya.

Cairan dari Bunga Sepatu
Cairan dari Bunga Sepatu [image source]
Sedikit tips untuk kamu yang suka menyantap kuliner bakso dan khawatir soal boraks ini. Biasanya, memiliki tekstur yang sangat kenyal, awet hingga 2 hari.  Warna tidak kecokelatan seperti bakso pada umumnya, tapi lebih cemerlang hingga berwarna merah tua (tidak wajar) ketika dibelah. Meski tidak secara langsung merusak organ tubuh, tidak ada salahnya mengantisipasi kan? Next

ramadan
Lobby Kamariska Hostel

Hotel dan Guest House Fotogenik di Surabaya

Rumah-rumah Suku Baduy luar

Bersama 4 Suku Ini, Kita Dibawa Kembali ke Indonesia yang Asli