in , ,

Bali Jani Festival 2019, Event Seni Kontemporer Pantang Terlewat

Menikmati Suguhan Seni Kontemporer Apik di Fesival Bali Jani 2019

Tarian kontemporer di Bali Jani
Tarian kontemporer di Bali Jani (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler termasuk pecinta seni kontemporer? Jika sedang berada di Bali, ada satu event yang pantang kalian lewatkan nih. Bertajuk Bali Jani Festival, gelaran yang dimeriahkan banyak seni keren ini bakal berlangsung antara 26 Oktober hingga 8 November 2019. Seperti apa serunya? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Taman Sari Bali, Indahnya Hamparan Kasna Bagaikan Salju

Bertempat di Denpasar

c20__1_of_1__mm2.jpg
Gerbang masuk festival seni (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bali Jani Festival 2019 digelar di Taman Budaya Provinsi Bali, atau lebih dikenal dengan nama Art Center Denpasar. Tempat ini memang sering dipilih sebagai venue untuk menggelar beragam acara bertema seni dan budaya di Pulau Dewata.

Festival Bali Jani sendiri memiliki beberapa panggung terpisah. Masing-masing mengusung nama dan tema berbeda. Jika membaca rundown acaranya, Teman Traveler akan melihat bahwa penyelenggaraan acara dipisah berdasarkan nama panggung. 

c3__1_of_1__pFd.jpg
Salah satu panggung (c) Helga Christina/Travelingyuk

Begitu sampai di lokasi, Teman Traveler bakal langsung disambut sebuah seni instalasi keren dari anyaman bambu. Sementara untuk jadwal pameran dan pertunjukan, kalian bisa langsung intip di akun Instagram resmi mereka. Praktis bukan?

Event Seni Kontemporer

c9__1_of_1__X27.jpg
Salah satu pagelaran seni (c) Helga Christina/Travelingyuk

Festival seni ini merupakan prakarsa Pemerintah Bali, yang dibuat sebagai wadah masyarakat Bali untuk menyalurkan bakat dalam bidang seni modern – kontemporer. Di dalamnya Teman Traveler bisa menyaksikan aneka pertunjukan seni, mulai dari tarian, musik, musikalisasi puisi, teater, dan masih banyak lagi.

Perhelatan akbar ini melibatkan banyak komunitas, mulai dari anak anak sekolah, perkumpulan seni, hingga para profesional. Khusus tahun ini, tema yang diusung adalah ‘Hulu-Teben: Dialektika Lokal – Global.’

c21__1_of_1__6Sk.jpg
Seni tari kontemporer (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pertunjukan seni di Festival Bali Jani digelar setiap hari, antara pukul 17.00 hingga 19.30. Ketika saya berkunjung, sedang ada penampilan seni tari kontemporer dari Komunitas Solah Pat dan Seniman Klungkung Berani, Kabupaten Klungkung, Bali.

c5__1_of_1__u5X.jpg
Antusiasme penonton (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pagelaran seni yang saya saksikan benar-benar menarik dan mendapat sambutan positif dari pengunjung yang memadati lokasi. Asyiknya lagi, Teman Traveler tidak dipungut biaya sama sekali. Jadi tidak ada tiket masuk, apalagi biaya parkir. Cocok banget buat kalian yang ingin bepergian menikmati acara bermanfaat, namun tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam.

Pameran Seni Lainnya

c27__1_of_1__kdV.jpg
Salah satu karya yang dipamerkan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain pagelaran seni yang lama dinanti, Bali Jani juga memiliki sudut khusus untuk memamerkan beberapa karya foto dan karikatur. Beberapa di antaranya merupakan karya para mahasiswa DKV Institut Seni Denpasar. Semuanya menarik dan pantang dilewatkan Teman Traveler.

c28__1_of_1__8Cp.jpg
Deretan karya yang dipamerkan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tak hanya itu, Bali Jani Festival ini juga mengadakan beberapa kompetisi menarik. Mulai dari Stand Up Comedy, Lomba Tari, Kompetisi Film Pendek, dan masih banyak lagi. Pelaksanaan lomba bisa disaksikan setiap hari, mulai pukul 09.30.

Spot Foto Cantik

c18__1_of_1__sMF.jpg
Spot foto cantik dengan lampu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pameran ini juga menghadirkan banyak spot foto keren yang tentunya bakal bikin feed Instagram makin keren. Teman Traveler bisa berpose dengan latar belakang beragam seni instalasi maupun panorama indah di sekitar Taman Budaya Provinsi Bali.

c29__1_of_1__dg7.jpg
Grafiti yang juga tak kalah keren (c) Helga Christina/Travelingyuk

Beberapa spot lain yang pantang kalian lewatkan adalah deretan lampu cantik, bangunan tradisional dengan arsitektur Bali kental, serta grafiti keren yang usung tema kebudayaan Bali. Semuanya benar-benar apik lho.

Itulah sedikit ulasan mengenai Bali Jani Festival 2019, sebuah event seni kontemporer yang pantang dilewatkan. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Bali dan ingin menyaksikan acara yang lain dari biasanya, tak ada salahnya lho mampir ke sini. Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Perpustakaan Bank Indonesia, Nikmati Belajar dengan Suasana ala Rumah Sendiri

Let's Go Gelato Surabaya

Let’s Go Gelato Surabaya, Kombinasi Manis Cantik yang Jadi Idola