in ,

Bandara Tertinggi di Dunia, Apakah Indonesia juga Punya?

Deretan bandara yang memiliki ketinggian tak biasa.

Bandara tertinggi yang ada di dunia, didominasi oleh negara China.
Bandara tertinggi yang ada di dunia, didominasi oleh negara China.

Bepergian dengan menggunakan pesawat memang sangat menghemat waktu. Maka dari itu, banyak traveler yang memilih pesawat sebagai transportasi andalan saat bepergian jauh. Untuk melakukan penerbangan maka banyak hal yang harus dilakukan seperti check in, menunaikan administrasi, menunggu pesawat, cek keamanan, dan lain sebagainya. Bagaimana, sudah banyak bandara yang sudah pernah dikunjungi oleh Teman Traveler? Nah, Travelingyuk akan memberikan info seputar bandara tertinggi di dunia. Apakah Indonesia termasuk?

Baca juga : Benda-benda yang Mengandung Banyak Bakteri di Pesawat, Ini Daftarnya!

Daocheng Yading

Daochen Yadign bandara tertinggi pertama di dunia
Daochen Yadign bandara tertinggi pertama di dunia Via Instagram/albertjorquera

Rekor bandara tertinggi di dunia yang perrtama berada di Provinsi Sichuan, China. Lokasi bandara berada di daerah yang tandus dengan ketinggian 4.411 mdpl. Memiliki bangunan yang unik karena atap terminalnya berbentuk cakram terbang, seperti UFO jika dilihat dari kejauhan. Bandara ini memiliki landasan pacu selebar 45 meter, dengan panjang 4.200 meter, dan luas bangunan yang mencapai 5.000 meter persegi.

Qamdo Bamda

Qamdo Bamda Airport di Tibet
Qamdo Bamda Airport di Tibet Via Instagram/chenanning

Bandara tertinggi di dunia selanjutnya juga berada di China, tepatnya Tibet. Memiliki ketinggian 4.334 mdpl, lapangan udara ini merupakan bandara komersial yang tertinggi kedua di dunia. Bandara Qamdo merupakan gerbang bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Tibet. Qamdo juga memiliki landasan pacu terpanjang di dunia yaitu 5.500 meter. Pada Oktober 2015 lalu, landasan pacu kedua mulai dibangun dengan panjang mencapai 4.000 meter.

El Alto International Airport

El Alto Airport
El Alto Airport Via Instagram/pravdyvyy_

El Alto atau sebelumnya bernama Bandara John F. Kennedy ini adalah bandara tertinggi kelima di dunia. Namun, walaupun bernama John F. Kennedy, tapi masih banyak masyarakat yang menyebutknya El Alto karena telah beroperasi sejak pertengahan pertama abad ke 20, yang kemudian dimodernisasi pada akhir tahun 1960. Bandara ini terletak di Kota El Alto yang berjarak 14 km sebelah barat daya La Paz dan berada di ketinggian 4.061 mdpl. Bandara El Alto memiliki dua landasan pacu sepanjang 4.000 dan 2.050 meter. El Alto menawarkan fasilitas mewah bagi para penumpang seperti bar, restoran, dan toko bebas biaya cukai.

Inca Manco Capac

Inca Manco Capac yang berada di Juliaca
Inca Manco Capac yang berada di Juliaca Via Instagram/brenahenn

Bandara tertinggi di dunia lainnya terletak di wilayah Puno, Provinsi San Roman Juliaca. Berjarak sekitar 5 km dari kota Juliaca, Peru. Merupakan bandara tertinggi ketujuh, yaitu dengan ketinggian 3.826 mdpl. Bandara Inca telah berdiri sejak tahun 1959 dan dioperasikan oleh Corporacion Peruana de Aeropuertos y Aviacion Comercial (CORPAC). Inca Manco Capac memiliki landasan pacu sepanjang 4.200 meter dan terminal penumpang seluas 1.865 meter persegi.

Wah, ternyata selain ada bandara unik di dunia, ada juga lapangan udara yang terletak di ketinggian. Kebayang bagaimana pesawat mendarat di atas ketinggian bandara tersebut, ya? Apakah ada yang pernah Teman Traveler kunjungi? Next

ramadan
Taman Pecut Blitar

Taman Pecut, Tempat Sempurna Menikmati Senja di Kota Blitar

Kacang Ijo Abdul Fani

Incip Kacang Ijo Abdul Fani, Kuliner Malam yang Nendang di Kota Pahlawan