in ,

Incip Kacang Ijo Abdul Fani, Kuliner Malam yang Nendang di Kota Pahlawan

Kacang Ijo Abdul Fani di Surabaya

Kacang Ijo Abdul Fani
Kacang Ijo Abdul Fani

Surabaya terkenal sebagai kota dengan udara yang cukup panas. Tak heran jika banyak kedai makan yang menawarkan menu minuman menyegarkan. Tak hanya siang hari, kuliner segar tersebut juga sangat mudah ditemukan, bahkan di malam hari. Salah satunya Kacang Ijo Abdul Fani. Kuliner kacang ijo yang disajikan bersama dengan serutan es. Seperti apa rasanya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga : 10 Pilihan Aktivitas Seru dan Menantang Adrenalin saat Liburan Lebaran ke Bali

Legendaris dari Tahun 80-an

Sosok pemilik warung kacang ijo
Sosok pemilik warung kacang ijo via instagram/@amazingindonesiafood

Pecinta kuliner Surabaya pasti tak asing lagi dengan kedai satu ini. Kacang Ijo Abdul Fani bukanlah nama asing karena kedai tersebut sudah lama buka. Konon, pemiliknya yang bernama H. Abdul Fani sudah berjualan sejak tahun 1980-an. Dari awal, menu yang ditawarkan tak berubah. Apalagi kalau bukan seporsi es kacang ijo yang rasanya nampol banget.

Racikan Spesial dengan Paduan Es Serut

Seporsi kacang ijo yang nendang di lidah
Seporsi kacang ijo yang nendang di lidah via instagram/@reinaldolauw

Menu kacang ijo di sini memang memiliki daya tarik sendiri. Butiran kacang hijaunya tak hancur tapi lembut ketika dirasakan. Menu tersebut dimasak sempurna dan menghasilkan rasa istimewa. Bahan ini kemudian dipadukan dengan siraman kuah santan. Aromanya wangi karena dimasak dengan rempah serta tambahan daun pandan. Menu tersebut makin sempurna dengan tambahan serutan es sehingga menghasilkan menu spesial yang dingin dan menyegarkan.

Aneka Jajanan yang Menggoda

Lemper istimewa buatan H. Abdul Fani
Lemper istimewa buatan H. Abdul Fani via instagram/@steven_ag_9794

Tidak hanya kacang hijau, ternyata Pak Fani juga menjual aneka jajanan lain yang tak kalah nendang. Ada kacang goreng, emping goreng dan paling diminati adalah lemper. Menu andalan kedua dari warung Pak Fani ini memang sangat enak karena dibuat dadakan. Dimasak dari jam 3 sore dan langsung dibungkus satu jam kemudian. Menariknya, semua harga menu di sini murah meriah loh. Untuk seporsi kacang hijaunya hanya Rp8.000, sedangkan lempernya Rp3.000.

Kuliner Malam Andalan di Surabaya

Kuliner malam Surabaya yang nendang
Kuliner malam Surabaya yang nendang via instagram/@horizonhoman

Kedai Kacang Ijo Abdul Fani tidaklah mewah. Hanya bermodalkan warung tenda dan gerobak, namun pelanggannya tak pernah surut. Letaknya berada di Jalan Pasar Besar Wetan Surabaya. Lebih tepatnya masuk gang sebelum Tristar, pas di depan makanan PKL. Sementara buka dari jam setengah 7 malam hingga pukul 12 malam. Nah, cocok banget kan untuk Teman Traveler yang tengah mencari rekomendasi kuliner malam di Surabaya.

Selain terkenal enak, Teman Traveler juga akan bakal mendapatkan hiburan gratis di sini. Yap, pemiliknya merupakan sosok ramah dan suka bercanda. Siapapun bakalan tertawa ketika berbicara dengannya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba menu ini kan? Yuk, atur jadwal liburan ke Surabaya dan jangan lupa jadikan Kacang Ijo H. Abdul Fani sebagai tempat paling wajib untuk dikunjungi. Next

ramadan
Bandara tertinggi yang ada di dunia, didominasi oleh negara China.

Bandara Tertinggi di Dunia, Apakah Indonesia juga Punya?

Oleh-oleh manis dari Surabaya

Ini Oleh-Oleh Manis dari Surabaya, Wajib Borong Saat Kunjungi Kota Pahlawan