in , ,

Batam International Culture Carnival, Penutup Tahun yang Memukau

Bisa Jadi Alternatif Liburan Akhir Tahun Seru Nih

Salah satu peserta BICC
Salah satu peserta BICC via Instagram.com/pendrografer

Batam International Culture Carnival (BICC) merupakan pawai kebudayaan tahunan yang masuk dalam 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Indonesia. Digagas pada 2017 oleh Badan Pengusahaan (BP) dan Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Batam, perhelatan ini makin meriah dari tahun ke tahun.

Baca juga : History of Java Museum di Jogja Gunakan Teknologi Kekinian, Liburan Akhir Pekan Makin Berkesan

Usung Konsep Street Carnival

img_20191205_001328_8Wu.jpg
Batam International Culture Carnival via Instagram.com/pendrografer

Karnaval skala Internasional ini digelar dengan konsep street carnival. Jalanan biasa disulap jadi panggung fashion show nan spektakuler. Ratusan peserta berparade dengan kenakan beragam kostum apik dan menawan. Tak ketinggalan, ada beragam atraksi serta tarian khas nusantara disuguhkan.   

Tak hanya masyarakat lokal, wisatawan mancanegara pun turut memeriahkan festival ini. Para seniman dari seluruh penjuru Nusantara juga ikut memeriahkan pawai kebudayaan ini lho.

Eksplorasi Seni Budaya Internasional

img_20191205_001508_2GA.jpg
Pertunjukan seni barongan via instagram.com/bennykristianto30

Selain seni budaya nusantara, ajang BICC juga suguhkan beragam budaya Internasional dari berbagai negara. Mulai tarian Brasil, tari perut, tari api, dan masih banyak lagi. Sementara untuk tarian dari Nusantara, ada Tor-tor Sumatra Utara, Ondel-ondel Betawi, hingga Barongan Papua.

img_20191205_001346_I4R.jpg
Atraksi peserta BICC via Instagram.com/pendrografer

Semua kesenian tradisional maupun kontemporer tersebut dikemas secara mewah dan meriah. Selain itu juga ada beberapa kompetisi seru seru seperti tari hip hop, body painting, bartender, dan masih banyak lagi.

Parade Ritual Melayu

img_20191205_001244_NrM.jpg
Ritual Tepak Sirih via Instagram.com/fajar.riyadi12

Diadakan di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Melayu, Batam International Culture Carnival juga suguhkan beberapa kebudayaan seperti makyong (seni teater tradisional), Sang Sapurba (tokoh legenda mitos keturunan Iskandar Zulkarnain), Tepak Sirih (ritual pembuka dalam acara adat melayu), dan masih banyak lagi. Teman Traveler jangan sampai kelewatan menyaksikannya.  

Digelar Awal Desember

img_20191205_001442_mtu.jpg
Persembahan peserta BICC 2018 via Instagram.com/bennykristianto30

BICC edisi 2019 dihelat pada 7-8 Desember di Nongsa, Batam. Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, festival mengusung nuansa lautan.

Rangkaian acaranya bakal terdiri dari karnaval anak, artwear carnaval, International Family Carnaval, South East Asia Pageant, kesenian tradisional nusantara, serta kompetisi Man Hunt International Indonesia

Itulah sedikit ulasan mengenai Batam International Culture Carnival, sebuah gelaran budaya yang bisa jadi penutup manis di akhir tahun. Bagaimana Teman Traveler, adakah yang tertarik untuk habiskan liburan di Batam dan menyaksikan perhelatan ini? Next

ramadan
Masjid Sultan Singapura

Masjid Sultan, Megah dan Pertama di Singapura

Suasana di Kama Coffee

Kama Coffee & Eatery Bandung, Cobain Manual Brew Jepang yang Unik