in , ,

Batu Busuak, Sungai Berair Biru di Kota Padang

Bertualang Melihat Indahnya Sungai Batu Busuak di Padang

Sungai Batu Busuak
Sungai Batu Busuak (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Jika air sungai terlihat bening atau jernih, Sungai Batu Busuak justru berbeda Teman Traveler. Destinasi di Kelurahan Lambuang Bukik, Kecamatan Pauh, Sumatera Barat ini memiliki air berwarna biru. Tak hanya itu, alirannya juga sangat bersih, sangat cocok bagi kalian yang ingin mengisi liburan akhir pekan dengan menikmati pesona alam.

Baca juga : Resort di Bandung dengan Fasilitas Perahu, Bisa Rasakan Sensasi ala Menyebrangi Sungai

Jelajah Alam

dscn0111_b54.JPG
Patamuan Batu Busuak (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Akses menuju kawasan ini tidak terlalu sulit Teman Traveler. Dari pusat Kota Padang, sekitar 15 kilometer menuju Kampus Universitas Andalas, kalian tinggal belok kiri dan mengikuti jalur yang ada. Jika masih ragu, boleh juga bertanya petunjuk arah pada warga sekitar atau menggunakan panduan Google Maps kok.

dscn0048_OwM.JPG
Pemandangan dari jalur trekking (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang hobi trekking, bisa langsung menitipkan sepeda motor di rumah penduduk. Lagipula akses menuju air terjun juga tidak bisa jika menggunakan kendaraan roda dua. Meski perjalanan bakal cukup panjang dan melelahkan, jangan khawatir. Sepanjang trek kalian bakal dimanjakan pemandangan alam yang begitu luar biasa.  

Oh ya, Batu Busuak sendiri juga dikenal dengan sebutan Patamuan. Nama itu diberikan karena sungai unik ini merupakan tempat bertemunya beberapa aliran sungai sekitar.

Melewati Jembatan Air PLTA Kuranji

dscn0073_sSN.JPG
Jembatan PLTA (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Sebelum sampai tujuan, Teman Traveler bakal melewati jembatan air yang menyuplai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kuranji. Jembatan yang sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan lebar dua meter. Di sisi kiri dan kanannya terdapat jalur khusus untuk berjalan kaki, dengan lebar sekitar 60 centimeter.   

dscn0218_IXX.JPG
Duduk di pinggir jembatan (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Teman Traveler harus ekstra hati-hati ketika lewat sini, sebab jalurnya memang cukup sempit. Usahakan berpegangan pada pagar supaya tidak jatuh. Jika sudah merasa lelah, kalian bisa berhenti sejenak sambil mengabadikan momen bersama teman. Pemandangan di sekitar sini lumayan oke kok.  

dscn0242_LjG.JPG
Berfoto di atas jembatan (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Berdiri di atas jembatan, Teman Traveler juga bisa melihat dengan jelas indahnya panorama alam sekitar. Mulai dari hamparan sawah hingga ladang penduduk yang indah. Semuanya benar-benar menyegarkan mata, ampuh membuat kalian lepas dari lelahnya rutinitas harian.

Air Sungai Berwarna Biru

dscn0112_p0l.JPG
Aliran airnya terlihat biru (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Begitu melewati Jembatan PLTA Kuranji, Teman Traveler sudah bisa melihat birunya aliran air Busuak, meski hanya dari kejauhan. Selanjutnya kalian tinggal melintasi satu lagi bagian dari bangunan PLTA, lewati sisi kanan sungai, dan belok ke kiri. Setelah sekitar 50 meter, kalian bakal sampai di tujuan utama. Begitu melihat airnya yang begitu jernih, saya jamin kalian bakal langsung tergoda untuk menceburkan diri!  

dscn0122_d16.JPG
Merasakan kesegaran airnya (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Tapi sebelum melakukannya, Teman Traveler harus berhati-hati sebab aliran air di sini cukup dalam. Di beberapa sisinya bahkan terdapat arus yang lumayan deras.

Selain berenang, Teman Traveler juga bisa menjajal serunya melompat dari atas tebing. Namun ingat, aktivitas ini harus dilakukan dengan ekstra hati-hati atau khusus buat mereka yang sudah mahir. Kalian juga bisa bermain ban atau melakukan hal seru lain bersama kawan seperjalanan. Dijamin tak bakal kecewa dan bikin kalian merasa fresh usai dibuat penat oleh rutinitas harian.  

dscn0115_Y9B.JPG
Menikmati segarnya sungai (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Sedikit tips, jangan lupa membawa bekal dari rumah sebab di sini tidak ada penjual makanan sama sekali. Selain itu, jangan lupa juga angkut kembali sampah kalian. Jangan sampai lingkungan sungai yang sudah bersih dan terjaga jadi tercemar karena ulah wisatawan.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah di sekitar Sungai Batu Busuak. Jika Teman Traveler berencana melihat indahnya wisata Sumatra Barat dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke destinasi dengan aliran air berwarna biru yang cantik ini ya.   Next

ramadan
wisata palu

Pernah Hilang, Ini 3 Wisata Palu yang Selalu Bikin Rindu

Kaca Coffee & Eatery

Kaca Coffee & Eatery, Sudah ‘Ngaca’ Belum?