in , ,

Bedmood Karena Kerjaan Numpuk? Berikut Aktivitas Tingkatkan Mood`

Bedmood karena kerjaan menumpuk hingga mengalami stress
Bedmood karena kerjaan menumpuk hingga mengalami stress

Semua kalangan pastinya memiliki pekerjaan dengan tingkatan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya memiliki beban yang tinggi karena intensitas pekerjaan semakin banyak dan menumpuk. Hal ini membuat individu merasa tidak nyaman, penat hingga berakhir bedmood. Apalagi deadline kerjaan sudah mepet membuat seseorang mengalami stres dan tidak fokus bekerja.

Baca juga : Pulau Pamutusan Padang, Potongan Surga Kecil di Barat Pulau Sumatra

Bedmood karena kerjaan menumpuk hingga mengalami stress
Bedmood karena kerjaan menumpuk hingga mengalami stress. Foto via gapuraoffice.com

Dikala stres yang merajalela saatnya kamu berhenti sejenak dengan beraktivitas selain pekerjaan. Misalnya duduk santai menyeruput teh hangat sembari menikmati udara segar untuk menenangkan pikiran, atau melakukan kegiatan lainnya seperti penyaluran hobi. Atau mungkin kamu bisa menyisihkan waktu untuk me time sehingga dapat mengalihkan rasa penat dan mulai memperbaiki mood yang down. Nah, berikut cara ampun meningkatkan mood untuk kamu lakukan.

Nonton Film

Pilihan yang tepat untuk kamu yang hobi nonton film. Nonton film juga bisa dikatakan sebagai healing bagi mereka penyuka film. Film bisa menjadi aktivitas terbaik untuk mengurangi tingkat stres seseorang karena sanggup melepaskan energi negatif seperti emosi akibat stres.

Menonton film favorit dapat mengurangi tingkat stres
Menonton film favorit dapat mengurangi tingkat stres. Foto via sociolla.com

Apalagi ketika menonton sendiri, kamu bisa mengkespresikan emosi mu seperti mengalir mengikuti alur cerita sehingga menangis ketika alur sedih, dan tertawa ketika alur cerita lucu. Nyatanya pelepasan emosi saat menonton film biasa dikenal dengan cinematherapy atau terapi senema didalam dunia psikologi.

Kuliner

Kuliner adalah kegiatan wajib dilakukan oleh siapapun. Kegiatan ini sangat cepat membuat mood orang berubah menjadi lebih riang dengan cepat. Karena makanan ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh melainkan dapat membantu memperbaiki suasana buruk menjadi lebih tenang dan mendamaikan. Kandungan mineral dan vitamin ternyata dapat memperbaiki mood yang buruk.

Kuliner dan masak memasak memberikan mood yang lebih baik lagi
Kuliner dan masak memasak memberikan mood yang lebih baik lagi. Foto via 99.com

Selain kuliner, memasak juga menjadi aktivitas penurun stres seperti memotong sayuran, mengolah masakan adalah bagian dari pengolahan titik fokus seseorang agar lebih tenang dan seimbang.

Meditasi

Meditasi bagian dari proses penurunan resiko stress
Meditasi bagian dari proses penurunan resiko stress. Foto via cosmopolitanindonesia.com

Meditasi menjadi bagian penting dalam meningkatkan mood yang sempat rusak. Dengan berlatih berbagai gerakan terutama latihan pernapasan yang dapat mengurangi tingkat stres, sanggup meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan titik fokus kembali. Kamu bisa melakukan meditasi dengan berduduk sambil memejamkan mata, dan mulai melakukan gerakan pernapasan dengan perlahan-lahan selama kurang lebih 30 menit.

Olahraga

Bagi kamu yang mulai merasa stres, ada baiknya kamu meninggalkan rutinitas dengan kegiatan olahraga. Gerakan olahraga yang ampuh dalam meredakan stres adalah jogging, dimana ketika seseorang melakukan aktivitas lari, maka sirkulasi darah ke otak akan meningkat dan meredakan stres karena efek jogging memberikan respon baik untuk otak dalam mengurangi kecemasan.

jogging ternyata sanggup mengurangi tingkat stress yang tinggi
jogging ternyata sanggup mengurangi tingkat stress yang tinggi. Foto via merdeka.com

Kamu juga bisa melakukan kegiatan olahraga lainnya selagi penyalurah hobi, juga dapat mengurangi kejenuhan sehingga tingkat kesetresan seseorang akan menurun.

Self Reward

Jalan-jalan ke mall dan sesekali berbelanja tidak ada salahnya untuk kamu yang lagi suntuk. Berbelanja diluar kebutuhan pokok menjadi bentuk penghargaan tersendiri untuk diri sendiri. Ini merupakan bentuk self reward sehingga mampu meningkatkan mood menjadi lebih bergairah, tenang, dan menyenangkan.

Berbelanja sebagai self reward mampu mengurangi tinggakt kesetressan
Berbelanja sebagai self reward mampu mengurangi tinggakt kesetressan. Foto via liputan6.com

Biasanya penghargaan untuk diri sendiri bisa dicapai dengan berbagai pembelian barang yang diinginkan seperti membeli perhiasan, tas, sepatu, baju baru, dan sebagainya sehingga mampu memberikan penampilan lebih percaya diri.

Berlibur

Ketika pekerjaan menumpuk dan mulai bingung akibat deadline didepan mata, siapapun pasti bakalan terasa kalangkabut hingga stres menghadapinya. Alih-alih menjadikan kamu semakin burnout dan menurunnya produktivitas, serta motivasi dalam bekerja. Rasanya kamu perlu berlibur sejenak untuk mengurangi stress.

Berlibur dengan nuansa alam yang memukau mampu menghilangkan badmood
Berlibur dengan nuansa alam yang memukau mampu menghilangkan badmood

Tak perlu yang jauh atau berlama-lama, cukup di area tempat tinggalmu saja seperti berlibur dengan staycation, atau menikmati taman dengan pepohonan asri dan rindang, syukur-syukur kawasan tempat tinggal mu dekat dengan tempat wisata bernuansa alam. Meskipun staycation terkesan sederhana, kegiatan ini mampu memberikan nafas baru dan dapat merelaksasi tubuh sehingga lebih terasa ringan kembali. Next

ramadan
Getuk Goreng manjadi Camilan asli Banyumas yang dinobatkan sebagai warisan budaya bukan benda

Keren! Jajanan Tradisional Ini Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Nasional Bukan Benda

Matterhorn, Gunung di Swiss yang Menginspirasi Kreativitas dalam Kemasan Cokelat Toblerone