in

Bolu Berendam, Kudapan Favorit Raja Indragiri dengan Kuah

Bolu jadi salah satu makanan yang kerap muncul ketika ada acara tertentu. Di Riau, sebuah kudapan bernama Bolu Berendam punya keunikan tersendiri. Makanan ini juga termasuk kudapan favorit para raja di Indragiri pada zaman dulu. Penasaran seperti apa? Intip bareng yuk!

Baca juga : 5 Pantai Indonesia Ini Punya Batu Unik, Ada yang Bentuknya Bikin Geli

Mulai dari tampilan dan penyajiannya saja sudah berbeda dari bolu kebanyakan. Bolu Berendam memiliki warna kuning cerah. Selain itu disajikan dalam keadaan basah ditambah sedikit kuah.

Kuah tersebut terdiri dari larutan gula yang diberi cengkeh, kayu manis, dan adas. Walaupun berkuah, tekstur bolu tetap padat dan tidak mudah hancur ketika disantap. Bolu juga dicetak pada loyang kecil berbentuk bunga dan manggis.

Dari informasi yang beredar, Bolu Berendam pernah jadi salah satu makanan kesukaan para raja di Kerajaan Indragiri pada zaman dulu. Bolu ini juga dikenal akan nuansa mistis karena terdapat beberapa pantangan yang harus diikuti.

Seperti tidak boleh menggunakan tenaga listrik dalam proses membuatnya. Juga sang pembuat kue tidak sedang dalam keadaan datang bulan dan tidak boleh berkata kasar. Unik kan!

Bolu Berendam mudah dijumpai ketika hari penting atau di sejumlah acara tertentu saja. Contohnya seperti Idul Fitri, Idul Adha, pesta pernikahan, dan lain-lain. Panganan Melayu ini menggunakan bahan baku berbeda dalam pembuatannya.

Bahan seperti gula dan telur harus memiliki takaran seimbang. Serta menggunakan sedikit tepung dengan perbandingan 10 butir telur dan 2 kg gula hanya perlu seggenggam terigu saja.

Siapa sangka bahwa makanan menggemaskan ini pernah membawa nama Provinsi Riau pada ajang promosi parwisata tingkat nasional yaitu Anugrah Pesona Indonesia (API) sebagai makanan khas tradisional terpopuler. Makanan khas Melayu ini telah ada semenjak puluhan hingga ratusan tahun lalu.

Prestasi lain yang pernah didapat yaitu Pemkab Inhu tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) karena berhasil menyajikan 100 ribu bolu berendam. Hal itu juga menjadi kebanggan masyarakat setempat.

Menarik dan unik banget kan makanan khas Riau bernama Bolu Berendam ini? Tertarik mencicipinya? Next

ramadan
Amazing sunrise view of meditating Buddha statue and stone stupas against shining sun on background. Ancient Borobudur Buddhist temple. Great religious architecture. Magelang, Central Java, Indonesia. via Shutterstock

Joglosemar, the Spiritual Heart of Java

Ranca Upas

Spot Prewedding di Bandung Bernuansa Alam, Bisa Dicontek!