in ,

Surabaya Dibom, Ini Lokasi Wisata di Indonesia yang Mengalami Nasib Sama

Aksi Teror Bom Lokasi Wisata di Indonesia

Bom di Lokasi Wisata
Bom di Lokasi Wisata

Surabaya dibuat mencekam karena teror bom yang terjadi di tiga gereja pada hari Minggu pagi yaitu Gereja Katholik Santa Maria, GKI Diponegoro, dan terakhir di Gereja Pantekosta. Kemudian disusul dengan ledakan di Mapolresta Surabaya dan Sidoarjo. Puluhan korban berjatuhan ada yang tewas dan luka-luka. Dunia mengeluarkan kecaman dan bersimpati pada apa yang terjadi dengan Surabaya. Jauh sebelumnya, serangan bom juga pernah menimpa beberapa lokasi wisata di Indonesia, seperti daftar bom di lokasi wisata berikut ini.

Baca juga : 5 Coffee Shop No Smoking Area di Malang

1. Bom Bali Satu

Bom Bali 1
Bom Bali 1 via Portal Berita Bisnis Wisata

Peristiwa ini dikenal juga dengan Bom Bali satu. Ada tiga rangkaian ledakan bom yang terjadi pada 12 Oktober 2002. Masing-masing meledak di  Paddy’s Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian. Dan yang ketiga di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat. Aksi ini membuat 202 orang kehilangan nyawa dan 2019 orang mengalami luka.

2. Bom Bali Dua

BOm Bali 2
BOm Bali 2 via abc.net.au

Bom yang meledak di Bali tahun 2002 ternyata belum tuntas. Ledakan kembali terjadi pada 1 Oktober 2005 di tiga titik yaitu satu di Kuta dan dua di Jimbaran. Akibatnya, 23 orang tewas dan 196 orang mengalami luka-luka. Bom Bali dua juga berdampak pada pariwisata, meski tidak sebesar ledakan yang terjadi pada tahun 2002. Tiga orang diidentifikasi sebagai pelaku yaitu Muhammad Salik Firdaus, Misno alias Wisnu, dan yib Hidayat .

3. Candi Borobudur

Bom Candi Borobudur
Bom Candi Borobudur via Ranjes Manurung

Peristiwa pengeboman peninggalan bersejarah yaitu Candi Borobudur pernah terjadi pada Hari senin, Tanggal 21 Januari 1985. Bangunan buatan Dinasti Syailendra tersebut menjadi target serangan yang mengatasnamakan Jihad. Ledakan dahsyat menghancurkan sembilan stupa. Ada dua pelaku yang ditangkap yaitu Abdulkadir bin Ali Alhabsyi dan Husein bin Ali Alhabsy. Namun hingga sekarang dalang di balik aksi pengeboman tersebut tak pernah ditemukan.

Itulah tiga lokasi wisata di Indonesia yang pernah menjadi target aksi terorisme. Kini aksi yang sama terjadi kembali di Surabaya dan Sidoarjo. Bagaimana tanggapanmu atas peristiwa ini? Tulis di kolom komentar ya! Next

ramadan

Bandung Creative Hub, Nongkrong Produktif ala Insan Kreatif

Belanja di Jepang

Rekomendasi Tempat Belanja Murah di Tokyo, Nggak Bikin Kantong Jebol