in , , , ,

Bukit Kapur Arosbaya, Pesona Batuan Kapur yang Menakjubkan

Madura selainnya populer dengan bermacam jenis wisata religi sekaligus wisata kulinernya yang tetap melegenda yaitu sate kambing. Namun tanpa disadari, pulau penghasil garam ini ternyata menyimpan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Yakni Bukit Kapur Arosbaya, bukit yang tersusun dari tanah kapur ini dulunya sebagai wujud area pertambangan kapur yang ada di Indonesia. Bukit Arosbaya ini dulunya menjadi pemasok satu satunya tambang baku kapur tulis di Jawa Timur.

Baca juga : Embung Tambakboyo, Wisata Gratis Dengan Jogging Trek Yang Asri Tengah Kota Sleman

Wisata Bukit Kapur Arosbaya yang indah dan tampak menakjubkan. Foto via wordpress.com

Dahulu Bukit Arosbaya ini adalah tambang yang sekarang terhenti dan meninggalkan banyak bentuk galian yang menjadi unik, hingga masyarakat sekitar menjadikan sebagai tempat wisata. Bukit ini tak beda jauh dengan bukit Jaddih yang kala membuming itu. Beberapa orang yang tiba ke tempat ini berasa tertari dengan bukit-bukit kapur yang memiliki wujud tidak teratur dan sedikit warna kemerah-merahan akibatnya karena penambangan.

Salah satu spot keren di dalam goa bukit kapur Arosbaya Madura. Foto via maduraindepth.com

Bukit Arosbaya ini menjadi wisata alam batuan kapur yang paling indah. Sisa tambang batuan kapur meninggalkan corak seni dan pahatan yang cukup cantik. Bagi penambang dahulu, memang tidak mengetahui bahwa cangkulan mereka meninggalkan pahatan yang indah dan tampak menakjubkan. Kemungkinan karena telah terlatih ada disana atau sering menyaksikan pahatan pada akhirnya tidak begitu memerhatikannya sebagai salah satunya objek rekreasi yang pantas diakui.

Salah satu lorong indah bukit Kapur Arosbaya dengan hijaunya tanaman yang tumbuh liar disela sela batuan. Foto via mytrip.co.id

Pemandangan di Bukit Arosbaya ini dapat kamu nikmati dengan warna bukit kapurnya condong kecoklat-coklatan, disamping itu ada juga beberapa gua-gua kecil di Bukit Kapur Arosbaya yang tercipta karena penambangan. Keindahan ini masih belum begitu banyak wisatawan yang mengetahui, karena mereka lebih fokus ke Bukit Jaddih. Nah, buat teman traveler yang sudah mampir ke Bukit Arosbaya ini, cobalah untuk mendokumentasikan keindahan bukit ini dan kirim melalui media sosial sehingga kawan kawan yang belum menikmati bukit akan penasaran dibuatnya.

Bagi kamu yang ingin mencari spot untuk berfoto, ada banyak deretan keelokan sisi dinding yang terpahat indah, atau bila kamu berani berpose selfie dengan latar bukit kapur yang membubung tinggi, dan kamu bisa memanjat bukit kapur untuk memperoleh pemandangan yang lebih cantik dari ketinggian. Keindahan membuat kamu enggan untuk cepat pulang. Waktu yang cocok untuk menikmati batuan kapur ini adalah saat pagi hari atau sore menjelang matahari terbenam. Suasana yang tidak begitu panas akan membuat mu lebih merasa nyaman.

Tampak seperti goa goa dengan ukiran dinding yang artistik. Foto via mytrip.com

Bukit Kapur Arosbaya yang bisa kamu explore ini cukup mengeluarkan biaya tiket masuk Rp.5.000 per orang. Dengan biaya tambahan retribusi parkir kendaraan di Bukit Kapur Arosbaya Rp. 5.000 untuk sepeda motor, mobil Rp. 10.000. Jam operasional mulai dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB. Next

ramadan

Menilik Kearifan Candi Arjuna, Wisata Populer di Kawasan Dieng Plateau

Indahnya Batu Dinding Bukit Merdeka Balikpapan Serasa di Tembok Besar China