in , ,

Jelajahi Bukit Kapur Arosbaya, Sudut Eksotis Madura

Bukit Kapur Arosbaya Ternyata Masih Berstatus Tambang Aktif Lho

Bukit Kapur Arosbaya
Bukit Kapur Arosbaya (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah Teman Traveler yang berencana eksplor wisata Madura? Jika benar demikian, jangan lupa mampir ke Kabupaten Bangkalan. Teman Traveler bisa menjumpai destinasi eksotis bernama Bukit Kapur Arosbaya. Meski belakangan populer sebagai tempat wisata, kawasan ini sebenarnya masih berstatus tambang aktif lho. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Baca juga : 10 Ayam Geprek Terfavorit di Pandaan, Pedasnya Bikin Ketagihan

Akses Cukup Mudah

Bukit tambang kapur dengan warna unik (c) Rosita/Travelingyuk

Bukit Kapur Arosbaya berada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Bagi Teman Traveler yang penasaran, akses menuju sini terbilang cukup mudah, baik untuk kendaraan roda dua maupun empat. Lokasi parkirannya pun berada tak jauh dari lokasi.

Walaupun letaknya cukup tersembunyi, kawasan Arosbaya relatif mudah dijangkau. Posisinya berada tak jauh dari situs religi Pesarean Aermata. Begitu sampai di depan kompek makam raja tersebut, masuk ke jalanan kecil di sebelah kanan. Ikuti saja jalurnya, kalian akan tiba di Bukit Kapur Arosbaya. 

Tambang Kapur Aktif

Sudut favorit untuk berfoto (c) Rosita/Travelingyuk

Bukit Kapur Arosbaya mulai dikenal wisatawan lantaran foto-fotonya tersebar di media sosial. Padahal sebenarnya tempat ini merupakan salah satu tambang kapur di Kabupaten Bangkalan. Namun demikian, pemandangan sekitarnya memang indah. Sangat disayangkan jika Teman Traveler tak mampir ke sini.

Teman Traveler bakal dimanja pemandangan kompleks tebing kapur nan eksotis. Namun hati-hati ketika berjalan di sekitar sini ya, sebab kawasan ini masih berstatus tambang aktif. Kalian bakal melihat beberapa pekerja sedang menambang batuan di titik-titik tertentu.

Pahatan unik di Arosbaya memang terbentuk dari dinding sisa-sisa
pahatan penambang. Tercipta secara tidak sengaja, hal tersebut justru jadi suguhan seni tersendiri. 

Sudut Eksotis Pulau Madura

Kawasan tambang aktif (c) Rosita/Travelingyuk

Madura memang memiliki banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi. Bukit kapur di Madura ini termasuk salah satu yang mencuri perhatian. Pesona eksotisnya membuat tempat ini kerap disambangi para pemburu foto.

Panorama di kawasan sekitarnya juga sangat menggumkan. Tak disangka, bertahun-tahun aktivitas penambangan ternyata justru menghadirkan daya tarik wisata unik.

Selain bekas pahatan tambang, warna bukit kapur yang merah merona juga menambah keunikan Arosbaya. Inilah bedanya dengan Bukit Kapur Jeddih, yang juga ada di Bangkalan. Di sini Teman Traveler seolah diajak berjalan masuk lorong diapit bukit kapur.

Menjelajah bagian belakang bukit kapur (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Bukit Kapur Arosbaya, salah satu objek wisata Kabupaten Bangkalan yang wajib kalian kunjungi. Yuk, segera wujudkan rencana liburan kalian ke Madura. Next

ramadan
kelakuan menyebalkan turis

Kelakuan Menyebalkan Turis di Bali yang Baru-baru Ini Terjadi

Selat Solo, a Delicious Javanese Beef Steak