in , , ,

Melihat Senja dan Lava Pijar Semeru di Puncak Bukit Sriti

Lumajang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menyimpan banyak pesona alam yang menkajubkan. Keindahan alam yang tersembunyi membuat kondisi keadaan sangat natural dan asri. Wisatawan pun masih sebatas wisatawan lokal. Sehingga keasrian tetap terjaga terlihat pada jalur yang masih rapat akan vegetasi.

Baca juga : Wisata Alam Romantis di Malang Raya dan Sekitar yang Cocok Untuk Foto Prewedding

Baca Juga : Biaya Transfer Antar Bank Gratis

Puncak Bukit Sriti dengan panorama gunung Semeru. Foto via unikama.ac.id

Salah satunya bukit Sriti, objek wisata yang ramah kantong ini memang baru dibuka untuk umum. Kamu tidak dikenakan biaya saat masuk bukit Sriti. Cukup membayar tarif parkir saja jika membawa kendaraan bermotor. Untuk berkunjung ke bukit Sriti, tidak dijadwalkan jam operasional, artinya pengunjung dapat berkunjung sesuai waktu yang diinginkan.

Bukit dengan ketinggian 933 mdpl ini cukup memakan waktu pendakian tak lebih dari 1 jam perjalanan. Namun jangan salah sangka, tanjakan demi tanjakan tanpa ampun menemanimu hingga ujung puncak. Vegetasi yang rekat dengan pepohonan tinggi membuat tanah selalu basah. Jalanan Licin dan tanah gembur memang membuat pendaki lebih memicu adrenalin. Bagi pemula adalah sebuah perjuangan yang besar, namun kerja keras terbayar dengan keindahan panorama puncak Sriti. Tampak gagah gunung semeru disisi depan dengan kawah yang merekah membuat takjub para pengunjung. Terkadang guguran lava pijar menyertai heningnya sore hari.

Sunset indah di pucak bukit Sriti. Foto via Instagram @iwanyulianto212

Memang waktu yang tepat menikmati panorama dipuncak bukit Sriti adalah sore hari. Gradasi warna jingga yang menawan, dengan semilir angin sepoi memberikan ketenangan dan kedamaian disenja hari. Sorotan cahaya sore membuat lereng semeru tampak merah merona. Dan waktu malam tiba adalah waktu yang tepat menyaksikan guguran lava pijar semeru dengan ritme 20 menit sekali.

Lava pijar gunung Semeru terlihat dari puncak Bukit Sriti. Foto via travel.tribunnews.com

Bukit Sriti lebih tepatnya terletak di Dusun Pronojiwo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Jika kamu dari kota Malang, cukup 2 jam perjalanan menuju bukit. Tak hanya menikmati puncak Sriti, namun kamu dapat menikmati wisata air terjun Sriti berada tepat di sebelah barat bukit. Next

ramadan

Berburu Sunrise di Puncak Sabana Lincing Arjuno Malang

Omah Kayu Batu

Omah Kayu, Wisata Batu dengan Pemandangan Keren