in , ,

Siap-siap! Tahun Depan Semarang Punya Bus Amfibi

Bus amfibi bisa melaju di darat dan di air segera hadir di Semarang

fi bus amfibi semarang

Siap-siap! Semarang punya bus amfibi sebagai moda transportasi pendukung pariwisata. Hal ini diungkapkan oleh Walikota Hendrar Priadi pada media sosialnya. Rencana pembelian bus amfibi ini baru akan terlaksana tahun depan. Wah seperti apa ya? Yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga : Baru Diresmikan! Glamping De’Loano Purworejo Wajib Dikunjungi Akhir Pekan Ini

Rencana Persiapan Semarang River Bus

riverbus di darat
Ilustrasi via Instagram queenbiggi

Kabar akan adanya inovasi bus amfibi yang diberi nama Semarang River Bus ini telah diumumkan lewat video unggahan pada media sosial instagram Walikota Hendrar Priadi.

Rencana pembelian bus ini sudah dianggarkan untuk tahun depan 2021, kemudian akan dilihat antusias masyarakat terhadap bus yang bisa melaju di darat dan di air ini.

Inovasi ini diharapkan juga dapat mengintegrasi pesisir Semarang dengan pusat kota. Dengan begitu penduduk yang bertempat tinggal di pesisir bisa mencapai pusat kota tanpa berganti transportasi umum.

Rute Wisata Semarang River Bus

lawang sewu
Ilustrasi via instagram yayoex.sr

Dalam video tersebut, Walikota Semarang juga menjelaskan rute untuk Semarang River Bus ini. Nantinya akan ke tempat wisata Sam Po Kong, Lawang Sewu, Kota Lama, hingga ke pesisir sebelah barat seperti banjir kanal barat atau Marina. Rute ini masih akan didiskusikan kembali.

Kelebihan dan Kekurangan Bus Amfibi

riverbus di air
Ilustrasi via instagram bonito_hamburg

Bus amfibi pada dasarnya menggunakan basis truk, namun di bagian bawahnya didesain seperti kapal yang berfungsi ketika kendaraan berada di atas air dengan bantuan water jet. Penggunaan bus ini lebih sederhana dan membutuhkan biaya relatif murah karena tidak perlu pembangunan dermaga.

Selain itu, bus ini juga memiliki kekurangan yaitu kecepatan yang terbatas ketika di darat, potensi mogok di atas air juga bisa terjadi. Sebelumnya, bus amfibi Skotlandia buatan Stagecoach yang sedang diuji coba di Sungai Cylde Glasgow sempat bermasalah.

Negara Lain yang Sudah Mengoperasikan

riverbus hamburg
Ilustrasi via instagram im_herzen_nordlicht

Negara lain yang sebelumnya sudah menggunakan bus ini salah satunya adalah Singapura. Dengan mobil berjenis Captain Explorer DUKW yang digunakan sebagai kendaraan wisata di sana.

Kemudian pada 2016, Jerman memiliki Hafencity Riverbus dengan kapasitas penumpang 36 orang. Bus ini menawarkan perjalanan wisata sekitar 70 menit dengan durasi 40 menit perjalanan darat dan 30 menit menyebrang sungai.

Ada juga Kota Budapest di Hongaria, salah satu kota eksotis di Eropa ini juga memiliki kendaraan bernama RiverRide yang digunakan sebagai transportasi publik. Kota Rotterdam juga memiliki bus dengan jenis Hafencity dan Captain Riverbus.

Demikian penjelasan bus amfibi yang akan segera menyapa warga Semarang, wah sudah tidak sabar ya Teman Traveler? Next

ramadan
fi vaksin covid-19

Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Indonesia, Berikut Fakta-Faktanya

makanan kaki lima

6 Makanan Kaki Lima yang Digemari di Malang