in , , , ,

Cagar Budaya Benteng Pendem Ngawi Makin Cantik Bak Kastil Eropa

Benteng Pendem Ngawi atau Benteng Van De Bosch
Benteng Pendem Ngawi atau Benteng Van De Bosch

Indonesia menyimpan banyak wisata sejarah yang tersebar dipenjuru belahan nusantara. Mengingat sejarah panjang bangsa Indonesia akan jajahan lebih dari empat negara selama lebih dari 350 tahun lamanya. Di tanah Jawa sendiri ribuan bekas bangunan Belanda tetap menjadi saksi bisu akan kekejaman penjajahan kala itu. Hingga kini banyak wisata sejarah yang patut dilestarikan sebagai bangunan cagar budaya.

Baca juga : Surga-Surga di Indonesia yang Bikin Kamu Males ke Luar Negeri

Benteng Pendem Ngawi atau Benteng Van De Bosch
Benteng Pendem Ngawi atau Benteng Van De Bosch. Foto via detik.com

Hal ini juga dilakukan pemerintah daerah untuk menjaga kelestariannya pada bangunan Benteng Van De Bosch atau biasa disebut dengan nama Benteng Pendem. Lokasi Benteng Pendem ini berada di Kabupaten Ngawi lebih tepatnya di Jalan Untung Suropati No. ii Palem, Ngawi, Jawa Timur. Tempat dengan potensi wisata yang tinggi pihak pemerintah telah melakukan rehabilitasi Benteng Pendem dibawah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dikerjakan mulai 2020 atas persetujuan Presiden Republik Indonesia.

Salah satu sudut bangunan yang tampak asli masih utuh sejak tahun 1840
Salah satu sudut bangunan yang tampak asli masih utuh sejak tahun 1840. Foto via liputan6.com

Hingga kini pengerjaan rehabilitasi telah mencapai 100 persen dan siap diresmikan sebagai lokasi tujuan wisata edukasi dan kawasan heritage di Kabupaten Ngawi. Berbagai penataan dilakukan sangat hati hati karena bangunan merupakan cagar budaya yang dilindungi oleh Pemerintah sehingga kulturasinya tetap terjaga dengan baik.

Salah satu spot keren didalam Benteng Pendem Ngawi
Salah satu spot keren didalam Benteng Pendem Ngawi. Foto via phinemo.com

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1840 ini telah dipugas tanpa harus mengubah bentuk aslinya. Pada pengerjaannya memakan waktu sekitar 2 tahun dan menelan biaya hingga Rp. 125 miliyar. Angka ini ntelah mengubah menjadi estetis pada 13 bangunan didalm kompleks benteng yang menempati lahan kurang lebih 4,8 hektar. Tidak hanya didalam benteng namun pengembangan wilayah pedestrian kawasan benteng mulai dari perbaikan parit, pekerjaan MEP atau Mechanical, Electrical and Plumbing Engineering dimana bangunan nanti harus layak dan siap huni.

Beberapa sudut wajah baru bentang pendem Ngawi menghabiskan dana kurang lebih Rp. 125 milyar
Beberapa sudut wajah baru bentang pendem Ngawi menghabiskan dana kurang lebih Rp. 125 milyar. Foto via koranmemo.com

Kawasan Benteng seluas 5,4 hektar ini berlokasi kurang lebih 3 kilometer dari pusat kota Ngawi. Nantinya menjadi wisata sejarah dan wisata edukasi yang siap menampung masyarakat Ngawi juga dari berbagai daerah nusantara. Nah, untuk kamu yang penasaran ingin melihat langsung bangunan Benteng pendem layaknya kastil Eropa, kamu hanya perlu memabyar tiket sebesar Rp. 5.000 per orang. Jam operasional benteng Pendem ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Next

ramadan
Penerbangan jarak jauh

Tips Penerbangan Jarak Jauh, Traveling jadi Lancar Jaya

Piala dunia 2022 Qatar mewarnai sejumlah perwakilan dari Indonesia

Istimewa, Mulai Dari Angklung Hingga Bola Buatan Madiun Mewarnai Piala Dunia 2022