in , , ,

Melipir di Candi Barong Dengan Menikmati Sunset yang Menawan

Membahas Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Berbagai macam wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner memang sangat mudah didapatkan didaerah Yogya ini. Tak luput juga wisata sejarah bakal kamu nikmati seindah mungkin. Di daerah Sleman contohnya, terdapat satu candi yang merupakan bukti sejarah dan kini dijadikan sebagai tempat wisata. Namanya Candi Barong. Posisinya yang berada di atas bukit membuat pengunjungnya dapat melihat keindahan Kota Yogyakarta yang dikelilingi oleh bukit-bukit.

Baca juga : Menyelami Indahnya Kebun Teh Ungaran Yang Hijau

Sore hari yang indah di Candi Barong Jogja. Foto via tribunnewswiki.com

Jika cuaca cerah, Teman Brisik dapat melihat keindahan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi menjulang tinggi dari tempat ini. Waktu yang paling bagus jika berkunjung ke sini yaitu pada sore hari. Pasalnya pesona alam yang diselimuti oleh warna keemasan menciptakan suasana romantis. Matahari tenggelam yang terlihat jelas menjadi daya tarik utama dari wisata ini. Candi ini memiliki corak Hindu. Menurut dari cerita warga sekitar, dulunya candi ini dijadikan sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu. Selain itu ada juga yang percaya bahwa tempat ini dijadikan sebagai lokasi berdoa untuk kesuburan tanah.

Candi Barong dengan view sore hari kota Yogyakarta. Foto via jogjacar.com

Kabarnya candi ini ditemukan oleh orang Belanda pada awal abad ke-20. Karena ditemukan dalam keadaan runtuh maka dilakukanlah pemugaran. Lokasi tepatnya berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Yogyakarta, membutuhkan waktu selama 30 menit. Selain itu candi ini juga dekat dengan Candi Prambanan, sehingga kamu akan mudah menemukannya.

Untuk harga tiket masuk dikenakan Rp. 5.000, dan parkir motor Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000. Fasilitas yang ada sudah cukup memadai. Ada area parkir yang cukup luas, juga tersedia berbagai warung makanan dan minuman di luar kompleks candi yang beraneka ragam pilihan, mushala, gazebo, dan fasilitas lainnya seperti toilet, tempat duduk, dan taman yang indah.

Pelataran candi yang hijau menawan. Foto via bpcbDIY.com

Waktu yang direkomendasikan untuk Teman traveler yang ingin mengunjungi candi Barong ini sebaiknya saat sore hari. Pesona matahari tenggelam bakal terlihat indah dan bikin takjub. Gradasi warna langit kekuningan membuat suasana sore hari terkesan menawan. Next

ramadan

La Villa Sofia Padang, Nikmati Staycation di Ujung Pedalaman

Jembatan Viral Lebarnya Cuma Satu Meter, Bikin Jantung Serasa Mau Copot