in

Eksotisnya Candi Gedong Songo, Destinasi Misterius di Semarang

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo

Jawa Tengah memang terkenal akan potensi wisata budayanya yang eksotis. Salah satunya Kota Semarang yang memiliki banyak bangunan tua dengan cerita yang melegenda. Sebut saja Lawang Sewu, objek wisata di tengah kota yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain Lawang Sewu, Candi Gedong Songo juga keren. Wah, apa sih keunikan dari destinasi satu ini? Kamu wajib tahu ulasannya berikut!

Baca juga : Segarnya Danau dan Indahnya Pemandangan di Kapalo Banda Taram

1. Candi Hindu yang Memiliki Misteri Tersembunyi

Candi Semarang yang Misterius
Candi Semarang yang Misterius [image source]
Objek wisata Semarang juga ada yang berupa candi. Namanya Gedong Songo, memiliki gugusan bangunan dan tersebar di beberapa lokasi. Seperti namanya, bangunan bersejarah ini disebut-sebut berjumlah sembilan. Namun, hingga saat ini tidak ada wisatawan yang bisa melihat hingga candi kelima. Karena itu pula, destinasi yang terletak di Dusun Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan, Bandungan ini masih menyimpan misteri yang tersembunyi.

Candi Gedong Semarang
Candi Gedong Semarang [image source]

2. Objek Wisata di Kawasan Pegunungan

Candi di Atas Awan
Candi di Atas Awan [image source]
Candi Gedong Songo berada di ketinggian 1.200 mdpl dan suhunya cukup dingin. Semilir angin yang berhembus membuat siapapun betah lama-lama di sini. Apalagi ada pemandangan pepohonan yang subur memanjakan mata. Selain itu, keeksotisan candi hindu yang dibangun oleh wangsa Sailendra ini juga tidak kalah menarik. Apalagi arsitektur bangunannya masih bertahan hingga saat ini.

Objek Wisata di Semarang
Objek Wisata di Semarang [image source]

3. Perjalanan Panjang Tapi Menyenangkan

Pintu Masuk Candi Gedong Songo
Pintu Masuk Candi Gedong Songo [image source]
Untuk sampai di candi utama, wisatawan yang berkunjung harus berjalan kaki selama beberapa menit dari parkiran. Jalannya tidak hanya kecil tapi juga menanjak. Pun perjalanannya panjang, tapi banyak sekali spot menarik yang bisa dilirik. Sebut saja kekokohan Candi Gedong I, Gedong II, Gedong IV hingga lembah kecil mengeluarkan uap belerang. Semua menarik untuk dijelajahi. Untuk kamu yang tidak terbiasa berjalan jauh, bisa menyewa kuda dengan tarif mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp90.000,00. Wah, makin seru ya?

Berkuda ke Puncak Candi
Berkuda ke Puncak Candi [image source]

4. Santai Sejenak di Omah Kebon

Omah Kebon Candi Gedong Songo
Omah Kebon Candi Gedong Songo [image source]
Perjalanan panjang yang menanjak memang sangat melelahkan. Karena itu pula, istirahatlah sejenak di Omah Kebon, sebuah hunian yang dibangun dari kayu. Jika terlalu lelah, kamu juga bisa mengistirahatkan kedua kaki di sebuah taman yang telah disediakan. Selain istirahat, kamu juga bisa foto OOTD. Nah Tiket masuk ke candi ini terbilang sangat terjangkau bagi wisatawan dalam negeri, yaitu Rp6.000,00. Sedangkan untuk turis asing, mereka dikenakan biaya sebesar Rp35.000,00 per orangnya.

Tempat Istirahat di Kawasan Candi Gedong Songo
Tempat Istirahat di Kawasan Candi Gedong Songo [image source]

5. Akses Lokasi Menuju Candi Gedong Songo

Kuliner Dekat Candi Gedong Songo
Kuliner Dekat Candi Gedong Songo [image source]
Selain wisata yang menyenangkan, kamu bisa berkunjung ke warung makan terdekat dari Candi Gedong Songo. Sebut saja Warung Sate Kelinci Bu Yem atau juga Joglo Nglaras Resto. Untuk dapat sampai ke area wisata ini dibutuhkan perjalanan sekitar 40 menit dari pusat kota Ambarawa. Karena candi Hindu ini buka sejak pukul 06.00, kamu bisa berkunjung kapanmu kamu mau. Asalkan jangan sampai sore-sore ya!

 

OOTD di Candi Gedong Songo
OOTD di Candi Gedong Songo [image source]
Nama : Candi Gedong Songo
Alamat : Dusun Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan, Bandungan, Semarang
Tiket Masuk : Rp6.000 (Domestik) & Rp35.000,- (Turis Asing)

Sedikit tips untuk kamu yang ingin berkunjung ke candi ini, lebih baik menggunakan alas kaki yang nyaman. Jangan lupa membawa bekal air minum karena jalan setapaknya cukup melelahkan. Namun karena keindahannya, kamu bakal betah berlama-lama di sini. Next

ramadan
Soto Tapak Siring

Soto Madura Tapak Siring, Kamu Wajib Coba

Teluk Bidadari

Teluk Bidadari, Pesona Terbaru Malang Selatan