in , , , , ,

Candi Tebing Jukut Paku Ubud, Cagar Budaya Sisi Sungai Wos

Candi Tebing Jukut Paku Ubud dengan bangunan yang terukir ditepian tebing
Candi Tebing Jukut Paku Ubud dengan bangunan yang terukir ditepian tebing

Selain wisata pantai yang terkenal di pulau Dewata, berbagai wisata religi seperti candi dan pura sebagai tempat yang unik untuk berfoto foto atau aktivitas prewedding. Pantas saja banyak para fotografer handal sering melalukan foto lantaran desain arsitektur unik dan pelataran candi yang sangat menwan. Apalagi lokasinya tepat berada di tepi sungai Wos.

Baca juga : Mari ke Museum Hingga Keraton, Tempat Wisata Populer Joglosemarkerto Pas Saat Musim Hujan

Candi Tebing Jukut Paku Ubud dengan bangunan yang terukir ditepian tebing
Candi Tebing Jukut Paku Ubud dengan bangunan yang terukir ditepian tebing. Foto via kintamani.id

Bangunan candi ini berada di tepat sisi tebing bebatuan yang terkesan unik. Selain itu banyak para masyarakat sekitar melakukan sembahyang dan sebagai tempat untuk meditasi. Selain nama populernya Candi Tebing Jukut Paku Ubud, banyak masyarakat sekitar menyebutnya dengan Stana Siwa Guru sebagai tempat pemujaan Ista Dewata.

Candi Tebing Jukut Paku Ubud Berdiri Sejak Abad ke 8

Candi unik ini memiliki usia yang sangat lama. Terlihat dari bangunannya banyak para historian menyebutnya mulai didirikan sejak abad ke 8 Masehi. Candi yang didirikan oleh Maharesi Markandhya ini dikenal masyarakat luas penganut ajaran Siwa ketika berkunjung ke pulau Bali. Banyak yang mengutarakan akan keunikan candi lanratan tetap bertahan meski sudah ribuan tahun lamanya. Pahatan dari pura ini tepat pada bebatuan tebing.

beberapa ruangan didalam candi yang dijadikan meditasi dan sembahyang
beberapa ruangan didalam candi yang dijadikan meditasi dan sembahyang. Foto via budayakita.com

Tidak hanya pahatan yang indah, beberapa ruangan yang terbangun didalamnya yang dimanfaatkan untuk bermeditasi juga tempat sembahyang para jamaah. Dari arsitekturnya, pura candi ini sangat persis dengan pura yang terletak di Gunung Kawi.

Lokasi Prewedding Favorit di Tanah Bali

Keistimewaan bangunan candi Tebing yang sangat indah ini menjadikan tempat berfoto paling keren. Tak heran banyak pasangan muda melakukan prewedding dilokasi cantik ini. Latar belakang foto ini merupakan dinding candi yang tertutupi oleh lumut hijau terlihat sangat eksotis. Pepohonan yang besar dan rindang membuat suasana menjadi lebih asri dan sejuk.

Preweeding di lokasi Candi Tebing Jukut Paku Ubud menjadi tenmpat paling favorit
Preweeding di lokasi Candi Tebing Jukut Paku Ubud menjadi tenmpat paling favorit. Foto via guidetrip.info

Pelataran candi semakin cantik dengan adanya aliran sungai Wos yang biasa digunakan pengunjung untuk bermain air. Nah, bagi kamu yang ingin prewedding maka harus mengajukan perijinan terlebih dahulu karena Candi Tebing Jukut Paku Ubud saat ini sudah berstatus cagar budaya.

Lokasi Candi

Candi Tebing Jukut Paku Ubud berlokasi di Desa Singakerta berada di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar Bali. Tak jauh dari destinasi ini kamu akan menemukan berbagai wisata lainnya seperti ura Gunung Kawi, Goa Gajah, dan Arjuna Metapa.

Sungai Wos merupakan sungai yang mengalir di tepian Candi Tebing Jukut Paku Ubud
Sungai Wos merupakan sungai yang mengalir di tepian Candi Tebing Jukut Paku Ubud. Foto via bookinf.com

Bagi kamu yang berkunjung ke Candi Tebing Jukut Paku Ubud sangat disarankan menaati tata tertip dan menjaga sikap agar tetap terjaga dengan aman. Tetaplah menjaga kebersihan lingkungan agar Candi Tebing Jukut Paku Ubud terlihat lebih indah dan menawan. Next

ramadan
FI Hotel di Selong Belanak

Berkelas, Ini Rekomendasi Hotel di Selong Belanak Lombok

Pemandangan Gunung sumbing diatas Dusun Butuh yang Menakjubkan

Jalan-Jalan Ke Nepal Van Java Magelang Ketika Hujan? Berikut Tipsnya!