in , , , ,

Jalan-Jalan Ke Nepal Van Java Magelang Ketika Hujan? Berikut Tipsnya!

Pemandangan Gunung sumbing diatas Dusun Butuh yang Menakjubkan
Pemandangan Gunung sumbing diatas Dusun Butuh yang Menakjubkan

Musim hujan tidaklah menghalangi aktivitas liburan para traveler. Banyaks ekali wisata keren di tanah nusantara yang patut dinikmati meskipun musim hujan telah tiba. Musim hujan biasanya menjadikan pemandangan lebih cantik diarea pegunungan. Terdapatnya beberapa awan mendung terhampar indah dibawah desa yang memiliki bangunan rumah penduduk yang sangat eksotis. Lautan awan akan tersaji ketika pagi hari dengan sajian matahari terbit dari ufuk timur gunung Sumbing.

Baca juga : Mengintip 12 Tempat Wisata Paling Eksotik di Kota Bandar Lampung

Busun Butuh dijuluki sebagai Nepal Van Java yang ada di Magelang
Busun Butuh dijuluki sebagai Nepal Van Java yang ada di Magelang. Foto via idntimes.com

Wisata kawasan Dusun Butuh Temanggung Kaliangkrik ini biasa dijuluki sebagai Nepal Van Java. Dimaka ketinggian Dusun Butuh ini berada diketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut tepat disisi Timur lereng Gunung Sumbing. Ketika cuaca cerah, para traveler dapat memandang indah dan gagahnya puncak Sumbing.

Akses menuju Desa Butuh ini sangatlah mudah, hanya saja perlu keahlian ketika mengendari kendaraan lantaran jalanan sangatlah menanjak dan jurang-jurang tampak terjal. Apalagi ketika kabut mulai menerjang jalanan kampung Butuh terlihat lebih syahdu. Nah, ada beberapa tips terbaik ketika berwisata ke Desa Butuh saat musim hujan.

Cek Kondisi Kendaraan Pribadi

Pemandangan Gunung sumbing diatas Dusun Butuh yang Menakjubkan
Pemandangan Gunung sumbing diatas Dusun Butuh yang Menakjubkan. Foto via detik.com

Salah satu hal terpenting ketika berwisata ke Dusun Butuh adalah mengecek kondisi kendaraan agar benar-benar fit. Karena jalan menuju Dusun Butuh sangat menanjak dan berkelok tajam.

Pakai Jaket Tebal

Dusun Butuh merupakan dusun terakhir menuju gunung Sumbing yang terletak diketinggian 1.600 mdpl. Jadi suhu udara sangat dingin, bagi kamu yang tidak kuat dengan udara dingin maka disarankan untuk memakai jaket tebal atau menyediakan jaket tambahan.

Bawa Payung Ataupun Jas Hujan

Salah satu spot terbaik untuk menikmati gunung Sumbing dari desa Butuh
Salah satu spot terbaik untuk menikmati gunung Sumbing dari desa Butuh. Foto via beautytravel.id

Namanya musim hujan pastinya alat yang harus tersedfia adalah payung ataupun jas hujan untuk melindungi tubuh dari rintikan air hutan. Persiapan ini akan membuat mu lebih nyaman dan tidak kebingungan ketika berlibur menikmati gunung Sumbing dari Dusun Butuh ketika hujan turun.

Siapkan Uang Cash

Ketika berwisata ke Dusun Butuh sangat disarankan menyediakan uang cash. Jangan harap di Dudun Butuh kamu menemukan mesin ATM. Sehingga ketika ingin membeli jajanan ataupun oleh-oleh maka dengan mudah melakukan transaksi. Para warung penduduk kampung Butuh tidak akan menyediakan pembayaran online seperti e-wallet.

Pakailah Alas Kaki yang Memadai

Salah satu spot terbaik untuk menikmati gunung Sumbing dari desa Butuh
Salah satu spot terbaik untuk menikmati gunung Sumbing dari desa Butuh. Foto via medcom.id

Berwisata di Dusun Butuh memang harus banyak persiapan. Kamu diwajibkan memakai alas kaki yang tebal sehingga dapat mengurangi resiko tergelincir. Mengingat jalanan di Dusun Butuh yang memiliki kemiringan hingga 60 derajat dan tersasa begitu licin. Ketika bermain di lahan pertanian untuk menikmati keindahan alam. Alas kami mu akan langsung menginjak tanah yang gembur. Sehingga perlu memakai sepatu gunung ataupun sandal gunung.

Fasilitas Ojek Gunung

Salah satu ojek gunung sebagai pengantaran pengunjung yang ingin menikmati dari atas dusun Butuh ataupun melakukan pendakian
Salah satu ojek gunung sebagai pengantaran pengunjung yang ingin menikmati dari atas dusun Butuh ataupun melakukan pendakian. Foto via inilah.com

Bagi kamu yang membawa kendaraan roda empat, maka untuk mencapai ladang warga kamu harus jalan kaki menanjak hingga satu kilometer. Untuk mempersingkat waktu, penduduk Butuh menyediakan jasa ojek menuju puncak Butuh dengan tarif Rp. 15.000 sekali jalan. Namun jika kamu ingin mendaki gunung Sumbing, maka jasa ojek akan mengantarkan lebih jauh mendekati pos 1 dengan tambahan biaya Rp. 10.000 untuk sekali jalan. Next

ramadan
Candi Tebing Jukut Paku Ubud dengan bangunan yang terukir ditepian tebing

Candi Tebing Jukut Paku Ubud, Cagar Budaya Sisi Sungai Wos

Masjid Kiram Banjar Terbuat Dari Bambu

Super Unik! Masjid Kiram Banjar Terbuat Dari Bambu