in ,

Curug Carang, Banyumas yang Bikin Kaki Lemas Tapi Hati Puas

Kolam di Curug Carang, via instagram

Berawal dari mencari-cari spot traveling anti mainstream di Banyumas via instagram akhirnya membawa Travelingyuk menemukan satu tempat yang cukup menantang untuk dikunjungi yaitu Curug Carang. Bisa-bisanya air terjun sekeren ini belum banyak diulas di situs traveling padahal melihat fotonya saja sudah bisa diketahui jika Curug Carang punya potensi besar untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata.

Baca juga : Oleh-Oleh Asli Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

Curug Carang bak permata tersembunyi di Banyumas yang menunggu untuk dijelajahi. Belum banyak traveler yang datang ke lokasi membuat tempat ini terlihat misterius dengan segala kealamiannya. Usut punya usut, yang bikin curug ini tidak terlacak radar traveler adalah lokasinya yang tersembunyi serta akses menuju ke sana yang masih sulit.

Curug Carang, Banyumas, via instagram
Curug Carang, Banyumas, via instagram

Minim sekali informasi mengenai curug keren ini di situs traveling terkenal sehingga membuat Travelingyuk harus mengobrak abrik blog-blog traveler yang pernah ke lokasi guna mengumpulkan informasi mengenai Curug Carang. Dari hasil penelusuran didapatkan bahwa Curug carang terletak di desa Kemutug Kidul, kecamatan Baturraden.

Benar saja semua blog traveler maupun caption foto di instagram mendeskripsikan medan menuju Curug Carang di Banyumas bisa bikin kaki lemas namun di akhir cerita selalu ada rasa puas. Memang benar adanya jika mau menikmati suguhan alam yang indah serta masih alami, traveler harus melintasi halang rintang yang menguras tenaga.

Keindahan Curug Carang harus dibayar mahal dengan terkurasnya stamina, via instagram
Keindahan Curug Carang harus dibayar mahal dengan terkurasnya stamina, via instagram

Dengan menggunakan GPS mungkin mudah menemukan desa Kemutug Kidul namun setelah di desa itu traveler harus menggunakan kemampuan sosialnya yaitu berkomunikasi dengan warga sekitar untuk mencari tahun keberadaan Curug Carang. Kebanyakan hanya memberi patokan rumah besar di pertigaan desa Karangsalam sebagai spot parkir.

Setelah itu mengikuti jalan setapak, melintasi sawah, mendaki bukit serta menyusuri aliran sungai. Jalan mana yang harus dilewati tidak jelas, untuk itu sebaiknya sering-sering tanya warga atau mengajak teman sesama traveler yang sudah pernah menyambangi curug ini biar tidak tersesat. Keindahan Curug Carang bisa kamu lihat dari foto-foto di atas yang diambil Travelingyuk dari unggahan traveler yang sudah pernah blusukan kesana.

Kolam di Curug Carang, via instagram
Kolam di Curug Carang, via instagram

Buat Traveler Banyumas yang sudah pernah ke Curug Carang bisa membantu menjelaskan rute maupun keindahan curug ini lebih detil ke sobat Travelingyuk lainnya. Cuap-cuap saja di kolom komentar yang telah disediakan di bawah. Buat traveler lain yang mengantre mau ke curug ini siapkan fisik dulu plus ingat selalu jangan nyampah di lokasi! Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

13 Pesona Wisata Kabupaten Batang Siap Menantang Traveler Untuk Bertualang

10 Negara Super Keren Namun Jarang Dikunjungi