in ,

Curug Putri, Little Green Canyon di Tanah Pandeglang

Curug Putri [image source]

Wisata Jawa Barat semakin lengkap dan menarik dengan adanya Cukang Taneuh atau sebutan populernya adalah Green Canyon. Penampakan alam yang indah berupa aliran sungai berwarna hijau yang dibatasi oleh tebing-tebing tinggi dan pepohonan rindang akan kamu nikmati bila datang ke lokasi itu. Namun siapa sangka jika Pangandaran bukan satu-satunya tempat yang punya ikon wisata menarik seperti itu.

Baca juga : Video Gerhana Matahari Total di 7 Daerah di Indonesia

Kali ini Travelingyuk akan membahas kembaran Green Canyon yang letaknya ada di kabupaten Pandeglang, Banten. Yap, kalian belum tahu kan jika Green Canyon punya saudara kembar? Kita perkenalkan, inilah Curug Putri, Little Green Canyon dari barat Pulau Jawa.

Curug Putri [image source]
Tempat wisata bertema alam akhir-akhir ini tengah banyak diminati para wisatawan. Sebab mereka bisa berinteraksi langsung dengan alam sekaligus mendapatkan view yang keren dan alami. Traveler yang tinggal di Banten dan sekitarnya punya obyek wisata alam yang kece dan tengah hits nih, namanya Curug Putri.

Curug Putri [image source]
Jangan membayangkan tempat ini seperti Grojogan Sewu di Karanganyar. Walaupun namanya curug alias air terjun tapi yang paling mendominasi di tempat ini adalah sungainya. Jadi Curug Putri itu adalah air terjun yang mempunyai kolam dan mengalir menjadi sungai. Nah kolam dan sungai Curug Putri ini mengalir di dalam celah antara apitan tebing batu yang tinggi.

Curug Putri [image source]
Dengan kondisi yang seperti ini mengingatkan kita pada Green Canyon Pangandaran yang juga memiliki karakteristik serupa. Ditambah, kegiatan yang ditawarkan di tempat ini juga mirip-mirip gitu seperti body rafting dan juga berenang. Yang membedakannya adalah lebar sungainya, di Curug Putri ini sungainya relatif lebih sempit.

Curug Putri [image source]
Curug Putri adalah destinasi tersembunyi di Pandeglang. Belum banyak traveler yang tahu keberadaan tempat ini. Selain lokasinya yang memang masih cukup sulit dijangkau, keberadaan obyek wisata dengan nama yang sama membuat traveler bingung dan rancu. Jadi di Pandeglang ini ada dua Curug Putri yang pertama berada di kecamatan Pulosari dan yang kedua ada di Carita.

Curug Putri [image source]
Curug Putri kembaran Green Canyon ini terletak di daerah Carita atau tepatnya di dalam kawasan Taman Hutan Raya alias Tahura kabupaten Pandeglang. Tahura ini baru saja diresmikan pada bulan Agustus 2013 silam. Di dalamnya terdapat beberapa tempat wisata, selain Curug Putri ini ada juga Curug Gendang yang sementara ditutup untuk revitalisasi dan perbaikan.

Curug Putri [image source]
Bagi yang tertarik mencicipi serunya bermain di Curug Putri bisa menuju ke lokasi dengan mengambil rute dari Kota Serang menuju ke Pandeglang kemudian Labuan dan terakhir ke Carita. Jika kesulitan menemukan lokasinya, tanya saja pada penduduk sekitar, mereka akan membantumu memberi tahu lokasinya.

Curug Putri [image source]
Sudah lihat bukan seperti apa little green canyon dari Pandeglang? Melihat foto-fotoya saja tentu nggak cukup, lebih seru lagi jika kamu langsung melipir ke Curug Putri yang saat ini sudah semakin tenar sebagai primadona wisata Banten. Setelah puas seru-seruan di Curug Putri kamu bisa mengunjungi pantai-pantai keren yang ada di Carita. Selamat berlibur. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Ini 6 Tempat Untuk Melakukan Tradisi Hanami di Indonesia

4 Negara Indah Anti-Mainstream yang Lolos dari Pantauan ‘Radar’ Turis-Traveler