in , ,

Cuti Mepet? Ini Wisata Cirebon yang Bisa Kamu Kunjungi dalam 1 Hari

Pengen berlibur tapi jatah cuti habis? Nggak perlu khawatir, buat Teman Traveler yang domisili di Jakarta dan sekitarnya, bisa berlibur ke Cirebon. Liburan tidak harus pergi yang jauh. Melepas penat pun bisa dilakukan walau waktu tidak banyak. Asalkan bisa menikmatinya.

Baca juga : Desa Wisata Paling Cantik di Indonesia, Bikin Betah dan Nggak Ingin Balik ke Kota

Salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata dan worth it untuk dijelajahi adalah kota Cirebon, Jawa Barat. Cukup sehari kamu bisa menjelajah ke beberapa tempat ini. 

1. Telaga Remis

Buat yang suka wisata alam, wisata ini wajib dikunjungi. Teman Traveler bisa berangkat pagi-pagi ke Telaga Remis. Letaknya sekitar 20 km dari pusat kota Cirebon. Jadi supaya menghemat waktu, destinasi ini bisa jadi tujuan pertama. Telaga ini konon sebagai tempat pertapaan Raja Siliwangi dahulu. 

Telaga Remis (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Kalau suka jalan-jalan kamu bisa mengitari telaga seluas 3 hektar ini, sambil menghirup udara segar, menikmati pemandangan yang indah sambil berfoto-foto. Airnya sangat jernih hingga Teman Traveler bisa melihat ikan yang ada di dalamnya. Ada banyak jenis tumbuhan yang mengelilingi telaga. Selain itu, ada banyak fasilitas lain, seperti kamar mandi, warung, gazebo, dan lahan parkir. Penasaran kan?

2. Taman Sari Gua Sunyarangi

Taman Sari Gua Sunyarangi (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Setelah melihat wisata alam, Teman Traveler bisa mengunjungi Taman Sari Gua Sunyarangi. Pastikan Teman Traveler tidak memakai celana pendek ke sini. Tapi di sini juga diipinjamkan kain. Taman Sari sering dijadikan lokasi pagelaran musik, sendratari, hingga pembukaan Festival Nusantara yang diadakan setahun sekali. 

3. Keraton Kasepuhan Cirebon

Apabila ke Cirebon, tak lengkap rasanya kalau tidak ke keraton. Keraton ini sudah dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin, yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati. Keraton Kasepuhan dibangun sebagai pusat pemerintahan Cirebon pada zaman dahulu. Ada banyak barang antik di sini, seperti gamelan, kereta kencana, meriam mini, dan rebana. 

Keraton Kasepuhan Cirebon (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Kalau mau ke sini, jaraknya hanya 30 menit dari Stasiun Kejaksan dan sekitar 30 menit dari Terminal Bus Harjamukti. Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon berada di Jalan Kasepuhan no.43, Kampung Mandalangan, Kel. Kasepuhan, Kec, Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. 

4. Bukit Gronggong

Saat malam hari, waktunya makan malam. Teman Traveler bisa ke Bukit Gronggong sambil menikmati santapan lokal. Kenapa harus ke sini? Teman Traveler bisa menikmati pemandangan kota Cirebon saat malam hari yang sangat cantik.

Bukit Gronggong (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Banyak restoran yang menyediakan cemilan dan minuman enak juga. Cocok untuk Teman Traveler yang mencari tempat nongkrong sambil menikmati malam hari di kota Cirebon. Banyak juga pilihan makanan Indonesia di sini. Tempat ini cocok dikunjungi saat sore hari hingga malam hari. Tertarik ke sini?

Itulah tempat-tempat yang bisa Teman Traveler kunjungi dalam sehari, jika hanya memiliki waktu libur yang singkat. Sudah siap untuk menjelajah di Cirebon selama sehari?

  Next

ramadan

Nikmati Healing di Jula Ngadeg Hill yang Menawan

Lokal Go Internasional, Warkop Viral di Amerika Serikat