in ,

Dahsyatnya Alam Bawah Air Pulau Rubiah di Aceh yang Jarang Diketahui Orang

Ikan-ikan akan menyambutmu di sini [Image Source]

Berbicara soal wisata kelautan di Indonesia, mungkin Aceh jarang disinggung banyak orang ya. Masyarakat lebih tahu Raja Ampat-nya Papua atau mungkin Bunaken di Sulawesi. Aceh mungkin bisa dibilang kalah tenar, tapi bukan berarti apa yang dipunyainya nggak bagus.

Baca juga : Baru Dibuka 1 Minggu, Silancur Highland Kembali Ditutup, Kenapa?

Ada beberapa spot wisata laut yang sangat menarik di Aceh, salah satunya adalah Pulau Rubiah yang masuk dalam lingkup Pulau We. Tempat satu ini menawarkan wisata laut yang luar biasa terutama spot bawah airnya. Katanya, diving spot di Pulau Rubiah ini masuk dalam 10 besar tempat menyelam paling kece se-Indonesia. Bahkan tempat satu ini pun juga nggak hanya dikunjungi orang-orang Indonesia sendiri, tapi juga para wisatawan asing.

Sayangnya, meskipun sangat luar biasa, tapi tempat ini nggak benar-benar banyak yang tahu. Padahal nggak kalah saing dari spot wisata laut lainnya di Indonesia.

Mampir Dulu di Pantai Iboih yang Bikin Nagih

Sebelum lebih jauh ke Pulau Rubiah, maka ada baiknya untuk mampir dulu dan santai-santai di Pantai bernama Iboih. Pantai Iboih sendiri jelas dilewati ketika seseorang menuju Pulau Rubiah. Jadi, nggak akan wasting time kok. Kecuali kalau kamu ingin lebih berlama-lama di pantai ini dan hal itu sangat wajar.

Pantai Iboih [Via Instagram @]
Pantai Iboih [Via Instagram @jakadicka]

Iboih mungkin bisa dibilang sebagai salah satu pantai paling kece di Aceh. Di sini masih benar-benar terjaga dan sangat bersih. Pasirnya yang putih sangat cantik ketika dipadu dengan birunya air pantai yang jernih dan biru. Sayang sih kalau ke sini cuma lihat-lihat saja. Berenanglah sedikit-sedikit, pasti nggak akan menyesal. Bahkan bisa bikin ketagihan.

Menyelami Indahnya Alam Bawah Laut Pulau Rubiah

Seusai menikmati indahnya Pantai Iboih, kamu bisa langsung menuju Pulau Rubiah yang nggak terlalu jauh dari sini. Hanya butuh menaiki perahu saja dan bakal sampai dalam 20 menit. Begitu sampai, langsung siapkan saja peralatan snorkeling karena ikan-ikan dan terumbu karang Pulau Rubiah sudah memanggil-manggil.

Ikan-ikan akan menyambutmu di sini [Image Source]
Ikan-ikan akan menyambutmu di sini [Image Source]

Begitu membenamkan diri kamu akan langsung disambut dengan panorama surgawi yang luar biasa. Ikan-ikan beradu cantik dengan karang serta biota laut lainnya. Uniknya nih, ikan-ikan itu seolah nggak takut dengan manusia. Mereka malah akan berenang ke arahmu seolah mengajak bermain-main. Boleh dibilang pemandangan seperti ini nggak kalah dari Raja Ampat atau Bunaken. Sungguh luar biasa.

Menikmati Pemandangan Bawah Air dari Perahu Kaca

Cara terbaik menikmati biota lautnya Pulau Rubiah tentu dengan menyelaminya langsung. Tapi, kalau kamu malas atau mungkin nggak mau basah, ada satu cara yang bisa dimanfaatkan. Ya, dengan menggunakan kapal yang bagian bawahnya ada semacam kaca. Dari sini kamu bisa menikmati pemandangan bawah air Pulau Rubiah tanpa takut becek.

Pemandangan bawah air dari perahu kaca [Image Source]
Pemandangan bawah air dari perahu kaca [Image Source]

Pemandangan dari atas sih nggak ada bedanya ya. Sama-sama cantik. Tapi, tentu ada perasaan kurang lega karena kamu hanya akan melihatnya dari jarak yang cukup jauh. Makanya, cara terbaik untuk menikmati uniknya tempat ini ya langsung terjun ke dalamnya.

Nggak Banyak Dikenal tapi Luar Biasa

Seperti yang sudah disinggung di bagian atas, tempat ini memang nggak seterkenal Bunaken atau Raja Ampat. Tapi, nggak perlu kecewa dengan ini karena justru akan memberikan keuntungan tersendiri. Lantaran belum punya pamor mentereng, tempat ini pun nggak terlalu ramai. Alhasil, kamu pun bisa lebih maksimal menikmatinya tanpa perlu terganggu banyak orang.

Nggak begitu terkenal tapi luar biasa [Image Source]
Nggak begitu terkenal tapi luar biasa [Image Source]

Tapi, ke depannya tempat ini harus di-blow up biar makin terkenal dan akhirnya bisa sejajar dengan tempat-tempat kece lainnya. Dengan makin terkenalnya Pulau Rubiah, pihak pengelola juga makin berbenah. Pasalnya, di sana ternyata masih belum maksimal soal fasilitas.

Lokasi dan Biaya

Nggak susah kok untuk menuju Pulau Rubiah. Asal bisa sandar ke Pulau We, maka perjalanan ke Pulau Rubiah akan sangat mudah. Rute paling umum menuju Pulau We sih dari Banda Aceh, dari sini kamu bisa naik ferry atau speed boat dengan harga yang berbeda. Dari Pulau We menuju Rubiah juga hanya perlu menyewa perahu saja dan kamu bakal sampai dalam 20 menit.

Rute menuju Pulau Rubiah [Image Source]
Rute menuju Pulau Rubiah [Image Source]

Untuk biaya, ada macam-macam yang harus dibayarkan. Ada biaya ferry dari Banda Aceh ke Pulau We, lalu dari Pulau We ke Pulau Rubiah. Totalnya kurang lebih sekitar Rp 100 ribuan. Kemudian untuk menyewa perlengkapan snorkeling biayanya sekitar Rp 40 ribu dan untuk menyewa perahu yang ada kacanya kamu harus mengeluarkan sekitar Rp. 300 ribuan. Mahal? Nggak juga kok, apalagi kalau dibandingkan dengan luar biasanya Pulau Rubiah yang menawan itu.

Setelah membaca ulasan ini, ada baiknya tuh mencobanya langsung ke sana. Buktikan sendiri kalau Pulau Rubiah ini benar-benar luar biasa. Di samping itu, tempat satu ini juga masih belum begitu banyak diketahui. Jadi, dijamin deh kamu bakal bisa lebih maksimal untuk mengeksplorasi indahnya Pulau Rubiah. Jangan lupa untuk mampir kalau kamu suatu ketika berkunjung ke Aceh. Next

ramadan

Hotel Bali Untuk Liburan Yang Menyenangkan

Spot-spot Foto di Bandung yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan