in , , ,

Cicipi Kuliner Khas Sunda Sembari Menikmati Indahnya Danau Lemona

Resto berada di Danau Lemona menjadi sajian menyenangkan di Tasikmalaya
Resto berada di Danau Lemona menjadi sajian menyenangkan di Tasikmalaya

Keindahan alam di tanah Sunda memang patut diacungi jempol. Jawa Barat merupakan salah satu kawasan dengan kontur tanah perbukitan dan pegunungan. Hampir wilayah tengah kawasan Sunda ini memiliki panorama pegunungan dengan sejuta wisata alam yang memukau. Seperti halnya kota Bandung, Sukabumi, Bogor, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan sebagainya. Sesuai dengan ketinggiannya, kawasan ini menjadi tempat yang sangat menyejukkan.

Baca juga : Wisata Bukit Tepi Pantai di Malang dengan Pemandangan Lautan

Resto berada di Danau Lemona menjadi sajian menyenangkan di Tasikmalaya
Resto berada di Danau Lemona menjadi sajian menyenangkan di Tasikmalaya. Foto via ruber.id

Suasana menyenangkan ini dapat kamu rasakan ketika berkunjung ke Danau Lemona. Salah satu wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Tasikmalaya. Selain menyajikan pesona alam, Danau Lemona menyuguhkan wisata kuliner yang beragam, terutama masakan Sunda. Sembari menikmati masakan lezat, kamu akan merasakan keindahan danau terlebih ketika sore hari menjelang malam.

Danau dengan nama Lemona ini ternyata sebuah nama dari Toko Roti paling hits di Tasikmalaya. Banyak cabang yang menyuguhkan aneka roti lokal di kota Tasik ini. Hingga tenarnya roti ini hingga membuka sebuah resto yang berlokasi dekat dengan danau. Alhasil, nama danau buatan manusia ini diberi nama Lemona. Meski buatan manusia, jangan khawatir akan keindahannya. Bnayak wahana menjadi lebih cantik dan menarik seperti Jembatan Terapung, Sepeda air, deretan saung dan Jembatan Gantung.

Danau Lemona menjadi elbih cantik dengan jembatan gantung yang cantik
Danau Lemona menjadi elbih cantik dengan jembatan gantung yang cantik. Foto via youtube.com

Danau ini sejatinya berasal dari sebuah kolam penangkaran ikan yang luas. Hingga para investor menyulapnya menjadi sebuah destinasi wisata. Banyak pengunjung dari luar Tasikmalaya memadati kawasan ini ketika akhir pekan. Dan menjadi lokasi paling asyik bila didatangi dengan banyak orang. Jadi sebaiknya kamu mengajak sahabat atau keluarga besar untuk menikmati kuliner di Danau Lemona.

Keunikan bangunan dan saung di Danau Lemona yang sungguh menarik
Keunikan bangunan dan saung di Danau Lemona yang sungguh menarik. Wisatadankulinerindonesia.com

Setelah menyaksikan keindahan Danau Lemona, kamu dapat mencoba beberapa wahana yang dapat kamu sewa cukup menyediakan uang sebesar Rp. 10.000 per wahana. Untuk Jembatan gantung kamu dpaat menikmati tanpa dipungut biaya tambahan lagi. Selain itu pihak pengelola menyediakan Bus Wisata dengan membayar Rp. 5.000, Bus ini akan mengantarkanmu ke lokasi wisata dan perkebunan hijau disebelah danau. Fasilitas lainnya dapat kamu nikmati seperti lahan parkir yang luas, toilet, mushola yang nyaman dan sejuk, dan taman yang indah dengan bunga warna warni yang menyejukkan mata.

Lokasi yang cocok untuk pasangan muda dengan menikmati gemerlap lampu malam hari di Danau Lemona
Lokasi yang cocok untuk pasangan muda dengan menikmati gemerlap lampu malam hari di Danau Lemona. Foto via sikidang.com

Setelah menikmati berbagai wahana seru di Danau Lemona, kamu dapat menikmati sajian masakan Sunda di beberapa saung sekitar danau. Saung yang tersedia hingga 30 saung dengan kapasitas 8-10 orang, cocok untuk makan-makan bersama. Sembari menunggu makanan siap disajikan kamu dapat menikmati dan berselfie dengan latar belakang jembatan gantung dengan sajian lampu-lampu yang menawan.

Sajian makan bersama di saung danau Lemona Tasikmalaya
Sajian makan bersama di saung danau Lemona Tasikmalaya. Foto via restaurantguru.com

Kamu dapat menikmati sajian menu andalan Danau Lemona ini seperti Ikan Gurame Asam Manis dan Ikan Bakar Bumbu Merah. Kedua masakan ini dijamin bikin kamu semangat untuk makan siang. Jangan lupa mempadukan dengan menu tambahan seperti karedok, oseng kangkung dan gorengan seperti tahu dan tempe. Harganya pun tergolong sangat ramah dikantong. Apalagi datang bersama rombongan, kamu cukup mengeluarkan uang Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000 an saja untuk 6 sampai 8 orang. Harga tersebut sudah termasuk menikmati sajian unik dan menarik danau Lemona.

Gemerlap lampu dimalam hari danau Lemona sangat romantis
Gemerlap lampu dimalam hari danau Lemona sangat romantis. Foto via jagoantravel.com

Penasaran kan dengan nikmatnya masakan Sunda sembari menikmati indahnya danau Lemona? Danau ini berlokasi di Desa Kawitan, Kemacatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dari pusat kota Tasikmalaya hanya berjarak sekitar 32 kilometer dapat ditempuh selama 1 jam 30 menit perjalanan. Akses menuju danau Lemona sangat mudah, cukup mengikuti petunjuk arah atau melalui Google Maps kamu akan diarahkan hingga tujuan lokasi.

Selama perjalanan, kamu akan disuguhkan jalan yang berkelok-kelok dengan sajian perbukitan yang indah. Bila kamu tidak terbiasa perjalanan yang berbelok-belok, pastikan kamu sudah membawa obat-obatan untuk mengurangi rasa mual. Perlu diingat, Danau Lemona memiliki jadwal operasional dengan buka setiap hari mulai dari jam 09.00 hingga tutup jam 21.00 WIB. Next

ramadan
Lereng Anteng Panoramic Coffee

Takjubnya Wisata Kuliner Di Cafe Kekinian Lereng Anteng Panoramic Coffee

wisata baru di Bogor

Wisata Baru di Puncak Bogor, 8 Spot Instagenic di Nicole’s River Park