in , , , ,

Ganasnya Danau Natron, Cantik Namun Mematikan

Danau Natron Tanzania dengan warna permukaan merah terang yang mengerikan
Danau Natron Tanzania dengan warna permukaan merah terang yang mengerikan

Berbagai wisata alam pastinya menyuguhkan pesona alam yang membuat banyak traveler lebih nyaman dan terasa terhibur. Namun tidak untuk satu wisata ini, meski suguhan panoramanya sangat memukau namun sangat mematikan bagi makhluk hidup. Namanya Danau Natron yang terletak di daratan Tanzania Afrika Timur. Danau ini memiliki tampilan yang berbeda dari danau biasanya. Warna merah terang dari air danau Natron ini membuat daya tarik tersendiri. Dibalik cantiknya warna danau ternyata banyak traveler yang tak berani mendekat ke danau ini.

Baca juga : Gunung Bismo di Wonosobo, Dengan Bentuk Unik Seperti Genggaman Tangan

Danau Natron Tanzania dengan warna permukaan merah terang yang mengerikan
Danau Natron Tanzania dengan warna permukaan merah terang yang mengerikan. Foto via tagar.id

Danau Natron merupakan sebuah cekungan berlahan basah menjadi salah satu situs internasional yang terletak di Region Arusha Tanzania. Keunikan danau ini adalah senyawa yang dihasilkan dari air danau seperti campuran garam dan mineral yang cukup banyak hingga disebut sebagai Natron. Nama senyawa inilah menjadi sejarah nama dari danau Natron. Senyawa ini terbentuk secara alami sejak ribuan tahun lamanya dari gunung vulkanik diarea danau. Garam yang dihasilkan danau ini bukanlah garam dapur pada umumnya. Namun Garam danau Natron ini terbentuk dari material kapur magnetik yang keluar melalui aliran lava dari dalam air.

Banyak hewan mati dan menjadi batu ketika terkena air danau Natron
Banyak hewan mati dan menjadi batu ketika terkena air danau Natron. Foto via mongabay.com

Danau ini menjadi sangat unik lantaran permukaan danau berwarna merah. Pada sisi lainnya terdapat permukaan yang terlihat retak seperti planet merah layaknya Mars. Banyak ilmuwan yang tengah meneliti akan keindahan warna air danau. Ternyata tidak hanya memiliki kandungan garam dan mineral yang sangat tinggi namun kondisi air danau memiliki nilai pH 9-12. Hal ini tingkat kebasahan air sangat tinggi, lebih besar air danau Natron daripada air laut. Senyawa dari garam alkaline inilah yang menjadikan warna air danau menjadi merah terang.

Salah satu hewan yang dapat bertahan hidup di danau Natron
Salah satu hewan yang dapat bertahan hidup di danau Natron. Foto via detik.com

Karena tingkat basah air danau Natron membuat banyak hewan mati secara tragis. Ketika menyentuhnya, maka rasa panas akan menyerang kulit hingga menyebabkan kematian. Banyak hewan yang neggan mendekat keperairan danau lantaraN suhu air yang dihasilkan mencapai 60 derajat selsius. Banyak ditemukan bangkai hewan yang matu mengeras menjadi batu akibat senyawa yang dihasilkan air danau Natron.

Keganasan air danau Natron ternyata masih ada hewan yang sanggup bertahan seperti flamingo. Mereka spesies langka yang sanggup berkembang biak diarea danau dan menjadi satu-satunya hewan yang mampu hidup dilingkungan yang mengerikan ini. Ada juga beberapa ikan yang sudah berevolusi puluhan tahun sehingga mampu bertahan diperairan danau.

Tampilan yang sungguh menakjubkan dari danau Natron akibat senyawa garam dan mineral yang sangat tinggi
Tampilan yang sungguh menakjubkan dari danau Natron akibat senyawa garam dan mineral yang sangat tinggi. Foto via kanal247.com

Untuk kamu yang super penasaran, hanya diperbolehkan menikmati keindahan danau dari atas bukit saja. Pihak pemerintah Tanzania telah melarang untuk mendekati danau apalagi berenang. Kamu tetap bisa mengabadikan momen layaknya hidup di planet mars. Jadi tetaplah berhati-hati dan jangan melewati garis batas yang telah disediakan oleh petugas. Next

ramadan
Pesawat Korean Air tergelincir di Bandara Internasional Cebu Filipina

Cuaca Buruk di Filipina Picu Tergelincirnya Pesawat Korean Air, 173 Penumpang Selamat

Rumah Edith Macefield Inspirasi Film UP

Rumah Milik Edith Macefield Tetap Berdiri di Tengah Gedung Tinggi, Jadi Inspirasi Film Up