in , , ,

Cuaca Buruk di Filipina Picu Tergelincirnya Pesawat Korean Air, 173 Penumpang Selamat

Pesawat Korean Air tergelincir di Bandara Internasional Cebu Filipina
Pesawat Korean Air tergelincir di Bandara Internasional Cebu Filipina

Pesawat Korean Air mengalami insiden tergelincir dari landasan ketika landing di Bandar Udara Internasional Cebu Filipina. Tragedi ini membuat kerusakan luar biasa hingga menyetop semua aktivitas penerbangan di bandara paling sibuk kedua di Filipina ini. Insiden ini terjadi akibat cuaca buruk yang melanda dikawasan Filipina bagian Selatan. Namun, insiden ini tidak menelan korban jiwa.

Baca juga : Bangga, Patung Lilin Presiden Joko Widodo Ada di Hongkong

Pesawat Korean Air tergelincir di Bandara Internasional Cebu Filipina
Pesawat Korean Air tergelincir di Bandara Internasional Cebu Filipina. Foto via lelemuku.com

Sebelum mendarat, pesawat Korean Air ini sempat mendarat dua kali namun gagal, hingga mendarat yang ketiga berhasil namun terjadi overrun hingga keluar dari ujun glandasan pacu pada pukul Minggu, 23/10/2022 pukul 23.07 waktu setempat. Kerusakan dibeberapa badan pesawat khususnya bagian depan pesawat terlihat rusak parah hingga membuat handling roda depan patah.

Penerbangan Korean Air KE631 lepas landas dari Incheon Korea dengan membawa 173 penumpang tanpa cidera apapun. Namun beberapa yang mengalami luka ringan segera dirawat di klinik bandara Cebu. Otoritas Penerbangan Sipil Filipina (CAAP) mengatakan untuk sementara bandara Cebu ditutup hingga tengah malam. Saat ini tengah disipakan beberapa hotel untuk para penumpang yang melakukan perjalanan transit.

Tampak bagian depan pesawat Air Bus A330 rusak parah pasca tergelincirnya di landasan pacu Bandara Cebu Filipina
Tampak bagian depan pesawat Air Bus A330 rusak parah pasca tergelincirnya di landasan pacu Bandara Cebu Filipina. Foto via Sindonews.com

Asisten manajer Bandara Cebu menyatakan akan menginvestigasi penyebab insiden yang dialami oleh pesawat Airbus SE A330 ini. Presiden Korean Air Woo Kee-hong menyatakan permintaan maaf kepada seluruh penumpang dan pihak bandara Cebu atas insiden ini. Pihaknya ltelah berjanji akan menginvenstigasi secara penuh atas tergelincirnya pesawat Korean Air ini kepada otoritas Filipina dan Korea.

Insiden ini juga terjadi di Landasan Bandara Manila menyebabkan tergelincirnya pesawat Xiamen Airlen asal China. Hingga lebih dari 100 penerbangan dibatalkan sampai evakuasi pesawat Xiamen Airline selesai hingga sehari penuh. Next

ramadan

Sup hingga Mi, 5 Makanan Ini Ditemukan Saat Sudah Berumur Ribuan Tahun

Danau Natron Tanzania dengan warna permukaan merah terang yang mengerikan

Ganasnya Danau Natron, Cantik Namun Mematikan