in , ,

Magisnya Danau Segara Anak, Spot Singgah Sebelum Naik Puncak Rinjani

Keeksotisan Danau Segara Anak, Lokasi Cantik Sebelum ke Puncak

Via Instagram delyapamela
Via Instagram delyapamela

Bosan liburan di tempat yang itu-itu saja? Ingin mencoba liburan yang anti-mainstream? Maka solusi keren untuk kamu adalah pergi liburan ke Danau Segara Anak yang terletak di Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia.

Baca juga : Yeay! Ini Daftar Hotel dengan Pesta Tahun Baru di Nusa Dua, Nggak Bingung Lagi Habiskan Tahun 2018

Danau Segara Anak merupakan sebuah danau kawah atau yang biasa disebut Kaldera dari Gunung Rinjani yang berada di ketinggian ±2008 mdpl. Memang butuh perjuangan mendaki. Tapi perjuanganmu akan terbayar lunas oleh indahnya Danau Segara Anak yang tidak akan pernah kamu lupakan seumur hidup.

Lokasi Danau Segara Anak

Danau Segara Anak yang Istimewa, Via Instagram jerryhinargo_ t
Danau Segara Anak yang Istimewa, Via Instagram jerryhinargo_ t

Lokasi Danau Segara Anak ini berada tepat di lembah bagian barat Gunung Rinjani yang notabenenya terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.  Luasnya yang hampir mencapai 1.100 hektar dan memiliki kedalaman danau berkisar antara160-230 meter. Kamu dapat menghabiskan beberapa hari untuk nge-camp di sana dan beraktivitas seperti berenang di danau dan memancing ikan.

Sekelumit Info Tentang Gunung Rinjani

Lokasi camping yang bikin mupeng, Via Instagram sukran.oreore
Lokasi camping yang bikin mupeng, Via Instagram sukran.oreore

Gunung Rinjani disebut-sebut sebagai gunung yang memiliki keindahan yang menggoda siapa saja yang pernah menginjakkan kaki di daratannya. Liburan ke gunung memang di percaya dapat memberikan suntikan semangat. Mendaki masuk dalam list liburan indie yang top recommended bagi kamu untuk lebih memaknai arti hidup dan tentunya juga belajar membaur dengan alam.

Rute Perjalanan ke Gunung Rinjani

Jalur pendakian Gunung Rinjani, Via Instagram exploredolan.id
Jalur pendakian Gunung Rinjani, Via Instagram exploredolan.id

Akses untuk menuju Gunung Rinjani juga mudah, jika kamu telah sampai di pulau Lombok Kota Mataram, maka kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan menuju first meeting point lewat Jalur Sembalun. Tips nya akan lebih baik jika kamu memulai pendakian pada pagi hari, setelah memulai dengan perbukitan hijau, kamu akan di ajak mendaki dengan view yang sangat tak kalah keren.

Menuju ke puncak Gunung Rinjani, Via Instagram ayodolan
Menuju ke puncak Gunung Rinjani, Via Instagram ayodolan

Setelah itu ada baiknya jika kamu istirahat di Pos 3 dan melanjutkan perjalanan berikutnya untuk menuju Plawangan Sembalun yang merupakan pos 4 dengan ketinggian ±2600 mdpl. Ini merupakan titik awal untuk sumit attack menuju Puncak Anjani. Kamu dapat menghabiskan waktu untuk bersantai di Plawangan Sembalun dan menikmati panorama bulan yang indah dan mengintip Danau Segara Anak dengan warna airnya yang biru menggoda.

Selanjutnya ada baiknya juga jika pada dini hari kamu mulai mendaki ke puncak dengan ketinggian ±3726 mdpl. Biasanya menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam. Setelah menginjakkan kaki di puncak Gunung Rinjani, segala lelah kamu akan terbayar lunas dengan samudera awan yang memukau. Setelah itu kembali ke pos 4 di Plawangan Sembalun dan saatnya menuju destinasi Danau Segara Anak. Kamu mungkin butuh waktu ±3 jam untuk turun melalui lereng curam, jadi kamu harus tetap berhati-hati ya.

Panorama yang bikin jatuh cinta, Via Instagram ibrhm.nbl
Panorama yang bikin jatuh cinta, Via Instagram ibrhm.nbl

Kebahagiaan selanjutnya setelah sampai ke tujuan liburan indie kamu. Kamu dapat berenang dan memancing ikan sepuasnya asal tetap menjaga segala kesopanan karena setiap gunung pasti memiliki mitos yang beragam dan mau tidak mau harus kamu percaya. Setelah puas ngecamp dan mengabadikan beberapa momen indah kamu dapat melanjutkan perjalanan pulang menuju Senaru, kaki utara Gunung Rinjani. Dan mulai siapkan kata perpisahan untuk Rinjani dan segala keindahannya

Gimana? Sudah ngebet? Segera ajak teman kamu untuk bergabung, persiapkan fisik kamu karena liburan ke gunung membutuhkan energi yang tak main-main lagi. Pamitlah kepada kedua orang tua, segera kosongkan jadwal harian dan siapkan carriermu. Selamat liburan! Next

ramadan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Menengok Empat Kebun Teh yang Telah Beroperasi Sejak Zaman Belanda

Tempat Makan di Jakarta yang Sediakan Menu Pete, Bikin Nggak Bisa Nolak