in , ,

Dapur Suamistri, Nikmati Sensasi Ngopi Sambil Makan Rendang

Dijamin bikin nagih deh

Di Bandung tepatnya di Jl. Setraria B1, No. 11, Setrasari Mall, Sukagalih, Sukajadi, Kota Bandung, hadir kedai yang menawarkan sajian kopi dan aneka menu signature berbahan utama bumbu rendang. Namanya adalah Dapur Suamistri yang selalu menarik perhatian pengunjung. Penasaran apa saja keistimewaannya? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Pesona Empat Puncak Gunung Raung, Ada yang Dijuluki ‘Shiratal Mustaqim’

Perpaduan Unik Kopi dan Rendang

dapur suamistri
Mesin Espresso (c) Lutfi Dananjaya/Travellingyuk

Dapur Suamistri mulai berdiri pada tahun 2018. Berawal dari
kemampuan istri memasak rendang yang didapat dari resep turunan keluarga. Kemudian, ditambah kemampuan suami dalam meracik kopi. Dari sanalah, lahirlah kedai kopi dengan identitas unik perpaduan kopi dan rendang.

“Istri memang asli Minang, sebelum di Bandung, istri sudah menjual rendang secara online di Jakarta. Dapur kami di rumah selalu sibuk. Berhubung saya juga hobi ngopi dan akhirnya belajar meracik kopi. Akhirnya kami sepakat pindah ke Bandung untuk mendirikan warung ini”, tutur pemilik Dapur Suamistri.

Rasa Rendang yang Nendang

dapur suamistri
Nasi Aduk Rendang (c) Lutfi Dananjaya/Travellingyuk

Rasa rendang yang ada di Dapur Suamistri relatif sedikit berbeda
dengan yang ada di Rumah Makan Padang. Tekstur rendang terlihat pas, tidak basah dan tidak kering, serta kaya akan rempah dan bumbu. Bumbunya sendiri berasal dari pecahan-pecahan daging yang menyatu dengan rempah.

Pecahan-pecahan bumbu rendang ini kemudian melahirkan menu-menu penuh inovasi lainnya yaitu Roti Padang dan Nasi Goreng Rendang. Hampir semua sajian menu makanan yang ada di Dapur Suamistri, tipikal makanan rumahan.

Menu yang Memanjakan Lidah

dapur suamistri
Nasi Cumi Hitam (c) Lutfi Dananjaya/Travellingyuk

Menu pertama yang diperkenalkan kedai ini adalah Nasi Aduk Rendang.
Penamaan nasi aduk berasal dari cara menyantap sajian ini, yaitu sepotong
daging rendang dengan bumbu kental kaya rempah diaduk dengan seporsi nasi. Seporsi menu ini dibanderol dengan harga Rp 39.000, yang sudah termasuk daun pepaya Jepang. Nasi Aduk Rendang tersedia dalam dua varian yaitu daging dan paru.

Selain Nasi Aduk Rendang, ada menu favorit pelanggan lainnya. Adalah Nasi Cumi Hitam. Sajian ini dibanderol dengan harga Rp37.000. Tergolong murah untuk makanan seenak ini.

Pelanggan dari Berbagai Macam Kalangan

pelanggan_dapur_suamistri_eAJ.jpg
Pelanggan dari pekerja kantoran (c) Lutfi Dananjaya/Travellingyuk

Dapur Suamistri berlokasi satu area dengan berbagai ruko
yang difungsikan sebagai kantor. Tidak heran, kedai ini kerap dipenuhi pekerja kantoran untuk menghabiskan waktu makan siang. Selain itu, berada di kawasan yang dikelilingi area perumahan, membuat kedai ini juga menjadi tujuan untuk kumpul bersama keluarga.

pelanggan_keluarga_dapur_suamistri_7Ws.jpg
Nongkrong bersama keluarga (c) Lutfi Dananjaya/Travellingyuk

Es Kopi Susu yang Jadi Andalan

kopi_suami_a77.jpg
Es Kopi Susu ala Suami (c) Lutfi Dananjaya/Travellingyuk

Kedua menu es kopi susu inilah yang menjadi daya tarik lainnya di kedai ini. Penamaan menu ini kadang disambut dengan candaan oleh setiap pelanggan yang datang. Menurut penuturan pemilik kedai ini, kebanyakan
pelanggan setia Dapur Suami Istri, memesan menu ini cukup dengan menyebut, “Pesan Suami 2 dan Istri 3”. Terdengar ambigu, sontak mengundang gelak tawa di antara para pelanggan lainnya.  

kopi_istri_CiM.jpg
Es Kopi Susu ala Istri (c) Lutfi Dananjaya/Travellingyuk

Penamaan menu ini berdasarkan karakter rasa. Keduanya menggunakan single origin Robusta, beans dari Temanggung. Bedanya untuk Es Kopi Susu ala Suami cenderung lebih kuat rasa kopinya. Sedangkan Es Kopi Susu ala Istri lebih terasa creamy. Keduanya dibanderol dengan harga Rp19.000

Demikian penelusuran saya di Dapur Suamistri. Teman Traveler
yang sedang merencanakan berlibur ke Bandung, tidak ada salahnya mampir dulu ke kedai ini. Menikmati sensasi menyantap rendang dengan ditemani oleh segelas kopi.     Next

ramadan

Jalan-jalan murah di Banjarmasin 3 Hari 2 Malam

Kapal Pinisi Karam. Berikut Tips Aman dan Nyaman Traveling Dengan Transportasi Laut