in , ,

De Djawatan, Hutan Magis ala Negeri Fantasi di Banyuwangi

Dipukau Pesona Magis Hutan Magis De Djawatan Benculuk Banyuwangi

De Djawatan Benculuk Banyuwangi
De Djawatan Benculuk Banyuwangi (c) Rosita/Travelingyuk

Mungkin sejumlah Teman Traveler sempat penasaran barisan pepohonan besar di Banyuwangi yang sempat jadi spot foto hits. Bertajuk De Djawatan Benculuk, kawasan ini sejatinya merupakan sebuah hutan tua dengan pemandangan eksotis. Tempatnya tak pernah sepi dari para pemburu foto. Seperti apa kerennya pemandangan di sana? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Merasakan Atmosfer Indonesia ala Belanda, Coba Datang ke Tempat Ini

Lokasi De Djawatan

img_7516_nVg.jpg
Pohon trembesi tua jadi ciri khas kawasan ini (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler penasaran di mana lokasi De Djawatan? Hutan trembesi tua ini masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kalian bisa menemukannya di Desa Benculuk, tak jauh dari pusat kota atau kurang lebih sekitar 30 kilometer. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.  

img_7466_ESX.jpg
Area depan De Djawatan (c) Rosita/Travelingyuk

Akses menuju sini bisa dibilang cukup mudah lantaran tempatnya berada tak jauh dari jalan raya. Tak hanya kendaraan roda dua, Teman Traveler juga bisa menggunakan mobil untuk menuju kawasan hutan trembesi tua ini.

Jalurnya juga searah dengan Taman Nasional Alas Purwo. Jadi jika Teman Traveler berencana mampir ke sana, tak ada salahnya mampir dulu ke De Djawatan. Dijamin takkan kecewa dengan panorama yang disuguhkan deh.

Hutan Trembesi Tua

img_7478_3aJ.jpg
Kawasan hutan yang ditumbuhi paku-pakuan (c) Rosita/Travelingyuk

Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang, kawasan ini dulunya bernama Taman Jawatan. Kawasannya ditumbuhi barisan pohon raksasa dengan tinggi mencapai lebih dari 10 meter. Atmosfer yang tercipta di pagi hari begitu magis, mirip-mirip seperti yang ditunjukkan dalam film fiksi ‘Lord of The Rings.’

Dari ukuran pohonnya, Teman Traveler mungkin sudah bisa sedikit mengira-ngira berapa usia pohon trembesi di sini. Menurut informasi yang saya dapat, rata-rata sudah berusia seabad lebih. Selain itu, kawasan sekitar sini juga ditumbuhi banyak tanaman paku-pakuan.

Spot Kekinian

img_7471_uRZ.jpg
Salah satu spot foto menarik di De Djawatan (c) Rosita/Travelingyuk

Hutan trembesi tua ini sejatinya berada di bawah pengawasan Perhutani KPH di Banyuwangi selatan. Tempatnya sangat indah, cocok dijadikan lokasi hunting foto maupun pre-wedding. Suasananya terasa begitu sejuk dan asri, dijamin bakal bikin siapa pun betah berlama-lama. Kalian juga bisa menikmati atmosfer tenang di sekitar sini sambil berkeliling naik delman.

Dulunya kawasan ini hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan kayu jati. Namun kawasan seluas 3,8 hektar ini diubah menjadi spot foto yang tak pernah sepi wisatawan. Untuk masuk sini, Teman Traveler cukup membeli karcis masuk seharga Rp5.000. Dengan modal segitu, kalian tinggal duduk santai sambil nikmati pemandangan serba hijau. Ditambah lagi udara sekitarnya terasa sejuk, suguhkan pengalaman liburan yang sungguh menarik.

img_8475_9bg.jpg
Salah satu spot foto di De Djawatan (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan De Djawatan, sebuah hutan trembesi tua yang kini jadi spot foto kekinian. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Banyuwangi, jangan lupa mampir ke sini ya. Dijamin bakal hadirkan pengalaman liburan yang beda. Next

ramadan
Pochajjang Barbeque

Pochajjang Barbeque, Makan Daging ala Korea Sepuasnya Cuma 99 Ribu!

Keindahan Pantai Otan

Cantiknya Pantai Otan di Pulau Semau, Bikin Lupa Jalan Pulang!