in

Pesona Danau Hingga Air Terjun Sebening Kaca di Deli Serdang

Danau Linting Sumut

Pernah berlibur ke Deli Serdang? Wah, pasti seru bisa berkeliling kota kecil di Sumatera Utara ini. Tidak hanya kaya akan budaya, ternyata di sana banyak sekali wisata alam yang rugi kalau tidak dijelajahi. Apalagi ada danau serta air terjunnya yang masih bening dan juga bersih. Dijamin, tidak kalah dengan tempat lainnya di Indonesia. Wah, seperti apa sih pesona dari Deli Serdang? Berikut ulasannya!

Baca juga : Tips Keselamatan Saat Wisata di Alam Bebas, Ingat ‘STOP’!

1. Danau Linting

Danau Linting Deli Serdang
Danau Linting Deli Serdang [image source]
Berbicara mengenai Deli Serdang, tentu saja tidak akan lupa dengan danau cantik yang terkenal hingga penjuru negeri. Danau tersebut bernama Linting yang berjarak 70 km dari kota Medan. Berbeda dengan lainnya, Linting memiliki ciri khas yang unik dengan warna airnya yang hijau kebiruan. Belum lagi dengan pepohonan di sekitarnya serta ayunan di atas air. Objek wisata satu ini terbilang sangat alami lantaran belum banyak dijamah oleh wisatawan. Nah, kalau kamu berniat liburan sekaligus hunting foto di sini, hati-hati saat perjalanan. Pasalnya, kontur jalan ke sana bebatuan dan sulit untuk dilewati oleh pemula.

Danau Linting
Danau Linting [image source]
Lokasi : Desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Tiket Masuk : Rp. 5000

2. Air Terjun Dwi Warna

Air Terjun Dwi Warna Deli Sedang
Air Terjun Dwi Warna Deli Sedang [image source]
Pernah melihat keindahan air terjun dengan gradasi warna yang memesona? Pemandangan satu ini hanya bisa dilihat di Air Terjun Dwi Warna yang bersumber dari Gunung Sibayak. Dengan airnya yang bersih, kolam alami di objek wisata memiliki dua warna yang berbeda yaitu putih-kelabu dan biru muda. Sayangnya, kini pesona cantik tersebut telah menghilang akibat longsor yang terjadi di tahun 2016 lalu. Pun tidak lagi bergradasi, tetap saja Air Terjun Dwi Warna wajib kamu kunjungi saat ke Deli Serdang. Dari pusat kota bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Air Terjun Dwi Warna
Air Terjun Dwi Warna [image source]
Lokasi : Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang

3. Air Terjun Sampuren Putih

Air Terjun Sampuren Putih
Air Terjun Sampuren Putih [image source]
Sekitar 20 km dari Air Terjun Dwi Warna, ada satu lagi objek wisata yang kini juga tidak kalah hits. Air terjun satu ini bernama Sampuren Putih yang terletak di desa Cinta Rakyat/Vas Ukum, Kecamatan Sibolangit. Untuk dapat menikmati keindahan air berwarna putih ini, kamu harus melakukan perjalanan selama 2 jam dari Medan atau juga Lubuk Pakam. Setelah itu, kamu harus mengikuti trek lain yang lebih mendebarkan dengan kelokan serta berbahaya. Tentu saja, perjalanan jauh tersebut terbayar lunas dengan keindahan objek wisata satu ini. Nah, karena jauh dari perkampungan, lebih baik membawa bekal dari pada kelaparan sampai tujuan.

Air Terjun Sampuren Putih Sibolangit
Air Terjun Sampuren Putih Sibolangit [image source]
Lokasi : Negri Gugung, Sibolangit, Kabupaten Deli Sedang, Sumatera Utara

4. Pantai Salju

Pantai Salju di Deli Serdang
Pantai Salju di Deli Serdang [image source]
Seperti kabupaten lain di Sumatera Utara, Deli Sedang juga memiliki wisata pantai dengan keindahan yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Salju yang terletak di desa Mabar, kecamatan Bangun Purba, Deli Sedang dan berjarak 50 km dari Medan. Objek wisata satu ini berbeda dengan pantai lain karena tidak memiliki ombak atau pun pasir putih. Adanya bantaran sungai yang putih dan beingnya riak air sungai yang sepintas mirip dengan salju. Selain bisa bermain air dengan menyewa ban, kamu pun bisa mencoba arum jeram di sini. Tidak jauh dari Pantai Salju, berbagai warung dengan sajian makanan lokal juga siap untuk mengenyangkan perutmu. Tidak perlu khawatir, harganya sangat terjangkau dan aman di kantong.

Pantai Salju
Pantai Salju [image source]
Lokasi : desa Mabar, kecamatan Bangun Purba, Deli Sedang

5. Berburu Kuliner Bagan Percut

Restoran Terapung di Deli Serdang
Restoran Terapung di Deli Serdang [image source]
Setelah puas menjelajah objek wisata alam di Deli Sedang, paling nikmat menyantap kuliner. Nah, salah satu tempat yang paling populer dengan makanan enaknya adalah kawasan Bagan Percut, Lubuk Pakam. Di kawasan ini terdapat lokasi pelelangan ikan serta restoran terapung menghadap ke laut lepas bernama Warung Bu Rabu. Untuk sampai di restoran tersebut, kamu harus menyebrang terlebih dahulu dengan boat  yang bertarif Rp 10.000. Nah, setelah makan enak di sini, jangan sampai lupa untuk mampir sejenak ke kota Medan yang bisa ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan.

Restoran Terapung [image source]
Lokasi : Bandar Klippa, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371
Telepon: 0821-7347-1254
Jam buka: 08.00–18.00

Beberapa pilihan di atas masih secuil dari keindahan kota Deli Serdang dan destinasi sekitarnya seperti Tapanuli atau Pematang Siantar. Tentu masih banyak tempat lain yang menantimu untuk dijelajahi. Nah, kapan nih bisa liburan ke kota ini? Next

ramadan
Mie Kopyok Pak Dhuwur Semarang

Liburan ke Semarang? Cicipi Mie Kopyok Pak Dhuwur yuk!

Mrs Sippy

Wah, Ada Kafe Plus Kolam Renang Air Asin Pertama di Bali