in , , ,

Desa Temajuk, Destinasi Baru Di Ujung Kalimantan yang Menakjubkan

Kalimantan memang menjadi salah satu pulau terbesar di Indonesia bahkan didunia yang dimiliki oleh tiga negara sekaligus. Area terluas masuk diwilayah negara Indonesia dan menjadi julukan paru paru dunia. Namun kali ini julukan tersebut mulai pupus adanya penebangan liar yang marak di Pulau Kalimantan hingga saat ini. Meski kehijauhan Kalimantan makin hari makin menipis namun masih tersedia suguhan wisata budaya dan alamnya yang cukup membuat takjub semua orang. Namany Desa Temajuk, destinasi wisata ini masuk di wilayah Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Desa ini juga menjadi desa terakhir yang berbatasan langsung dengan Negeri Jiran, Malaysia.

Baca juga : 7 Spot Snorkeling di Indonesia yang Bisa Dinikmati Oleh Pemula

Keindahan pantai dengan batuan adesit yang super menakjubkan. Foto via cakrawalatourwisata.com

Letaknya juga persis di bagian ekor sisi barat laut Pulau Kalimantan. Jaraknya kurang lebih 350 km dari Pontinak yang merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Barat, menuju kearah utara, dan hanya berjarak 4 km dari Kampung Teluk Melado di Malaysia. Walaupun letaknya di ujung Indonesia, namun desa ini juga punya pesona tersendiri yang membuatnya nampak mempesona. Nah, di bawah ini ada beberapa destinasi wisata di desa Temajuk yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Teluk Atong Bahari

Desa ini punya pantai terbaik di Kalimantan Barat, salah satunya adalah Teluk Atong Bahari. Sesuai dengan namanya, pantai ini dikelola oleh Atong yang merupakan perintis pariwisata di daerah ini. Selain penginapan, wisatawan yang datang juga bisa melakukan aktivitas wisata snorkeling saat air leut sedang surut. Teluk Atong ini juga memiliki fasilitas perlengkapan snorkeling bagi wisatawan yang menginap di tempatnya.

Pantai Atong Bahari dengan kemunculan bebatuan layaknya di pulau Bangka Belitung. Foto via jadesta.com

Sunset Di Dermaga Dusun Camar Bulan

Nah, untuk kamu yang sedang mendambakan sunset di Dermaga Camar Bulan ini menjadi tujuan yang tepat. Karena posisinya yang strategis dan menghadap langsung ke barat menjadikannya salah satu lokasi favorit untuk mengabadikan momen tenggelamnya matahari. Pantai di Desa ini adalah tempat paling sempurna untuk menikmati keindahan matahari terbenam yang sangat indah.

Sunset indah di pesisir desa Temajuk yang menakjubkan. Foto via mytrip.com

Pantai Batu Nenek

Pemandangan pantai di sini pasti mengingatkanmu dengan pantai di Belitung. Gugusan batuan raksasanya terhampar di beberapa titik dan berpadu dengan air lautnya yang jernih. Lokasinya tidak jauh dari penginapan atong, Pantai Batu Nenek namanya. Menjadi tempat paling indah untuk kamu yang doyan renang dengan nuansa alam yang sangat alami serta menjadi spot foto terbaik dengan latar belakang bebatuan granit dan adesit yang indah disela sela pantai.

Bebatuan indah di sepanjang pantai Batu Nenek Sambas yang menawan. Foto via tripadvisor.com

Penyu Bertelur

Ingin melihat langsung penyu-penyu yang sedang bertelur di pantai? Datang saja saat bulan Juni hingga September yang menjadi musim puncak bagi penyu di Temajuk dan Kecamatan Paloh untuk bertelur. Memiliki garis pantai sepanjang 60 km menjadikan Paloh sebagai salah satu pantai terpanjang di Indonesia untuk penyu bertelur. Dalam semalam saja kamu bisa menyaksikan puluhan ekor penyu yang naik ke pantai untuk bertelur. Selayaknya tempat ini menjadi surganya ekosistem penyu.

Panen Ubur-Ubur

Ingin sensasi wisata yang lebih unik? Di desa Temajuk kamu bisa ikutan memanen ubur-ubur yang biasanya dilaksanakan pada bulan Maret sampai April. Musim ubur-ubur ditandai dengan berakhirnya musim angin rebut dan laut yang mulai tenang. Ubur-ubur yang telah dipanen di desa Temajuk ini selanjutnya akan diekspor menuju ke Tiongkok, Jepang, Korea dan Taiwan yang biasanya akan diolah menjadi hidangan atau bahan baku kosmetik.

Panen ubur ubur di perairan desa temajuk sambas. Foto via travelkompas.com

Akses Menuju Desa Temajuk

Saat kamu berada di Pontianak, dapat melanjutkan perjalanan ke arah Singkawang. kemudian dilanjutkan ke Sambas dan diteruskan ke Teluk Kalong. Setelah sampai di Teluk Kalong kamu harus menyeberangi dua sungai menggunakan kapal ferry yang ada di Sekura dan Sungai Sumpit. Selain jalur tersebut, ada juga jalur baru yang menghubungkan Nunukan di Kalimantan Utara sampai ke Nunukan, jalur ini menjadi jalur yang lebih dekat.

Soal makanan gak perlu khawatir, karena mayoritas penduduknya muslim, jadi sangat memudahkan kamu untuk mencari makanan halal. Selain itu, banyak juga tempat makan sederhana yang mematok harga ramah kantong. Kalau ingin lebih mudah, kamu juga bisa memesan makanan kepada pemilik penginapan, salah satu yang bisa kamu santap adalah ikan bakar.

Menuju desa Temajuk dengan kapal ferry. Foto via infopromodiskon.com

Memang Desa Temajuk adalah salah satu desa yang dikhususkan para penikmat wisata terutama pantai, karena menuju ke pantai pun serasa berpetualang. Kalau teman traveler memiliki kulit yang sensitif terhadap serangga, jangan lupa untuk membawa lotion atau semprotan anti serangga selama berkeliling di kawasan ini. Bawalah paspor, karena mungkin saja kamu akan diajak ke kampung Teluk Melano di Malaysia. Sebenarnya, tanpa paspor pun kamu bisa masuk ke sana, namun tentu harus melapor terlebih dahulu kepada petugas perbatasaan dengan didampingi oleh pemandu lokal. Next

ramadan

Menilik Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo Kalimantan, Birunya Bak Langit Angkasa

Destinasti Wisata Danau Tasikardi Kramatwatu Serang Banten yang Memukau