in , , ,

Menilik Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo Kalimantan, Birunya Bak Langit Angkasa

Kalimantan Timur kini santer dibicarakan sebagai ibu kota baru Indonesia. Sisi lain, tujuan pelancong dari luar Kalimantan adalah menikmati suguhan wisata budaya dan alamnya yang melimpah ruah. Memang berkunjung ke Kalimantan Timur serasa tak lengkap jika tidak merasakan kebudayaan yang kental dan beberapa alam yang menawan, seperti wisata alam Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo, tidak ada salahnya untuk berkenalan sebentar dengan budaya Kalimantan Timur.

Baca juga : Eksplorasi Wisata Lebak Banten, Destinasi Asyik untuk Jelajah Bareng Temen

Telaga Biru Tulung Nilenggo Kalimantan Timur yang sangat jernih. Foto via sahabatsinergi.com

Tempat wisata di Kalimantan Timur ini memiliki keunikan berupa airnya yang sangat jernih, bahkan banyak yang mengatakan birunya air di danau ini sebiru langit. Dasar telaga biru ini dipenuhi dengan batuan alam dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Keindahan Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo ini mengundang banyak wisatawan untuk berbondong-bondong mengunjunginya. Untuk sampai ke lokasinya pun sangat mudah, karena banyak penanda jalan yang terpasang untuk menunjukkan lokasi wisata tersebut. Kalaupun merasa ragu, kita bisa bertanya langsung kepada masyarakat lokal yang pasti dengan senang hati menunjukkan jalan kepada kita. Jadi, jangan merasa takut tersesat ya.

Meski kedalaman hingga belasan meter namun dasar telaga sangat jelas terlihat. Foto via kate.id

Begitu sampai di tempat ini, kamu bisa langsung merasakan segarnya air di Telaga Biru, memandang jernihnya air danau yang cantik, merasakan bebatuan yang menyembul dari dasar danau, dan menikmati segarnya udara yang berhembus di antara rindangnya pepohonan di hutan sekitar telaga. Bahkan saking jernihnya, wisatawan bisa melihat langsung dasar danau meskipun kedalamannya 3 sampai 13 meter. Sangat jernih!

Telaga Tulung Ni Lenggo yang membiru karena kejernihannya. Foto via celebes.com

Tidak susah untuk mencari momen atau spot berfoto yang bagus di tempat ini, karena hampir semua sudutnya menyajikan pemandangan unik nan eksotis. Wajar saja kalau objek wisata alam satu ini menjadi incaran para wisatawan, selain pemandangannya yang ciamik, lokasinya pun sangat mudah untuk diakses. Pesona yang dimiliki oleh Bumi Batiwakal Berau ini memang tidak akan pernah ada habisnya untuk dinikmati kecantikannya. Telaga yang juga dikenal sebagai Danau Labuan Cermin versi tawar ini berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih.

Spot foto terbaik di atas perahu di Telaga Biru Tulung Ni Lenggo. Foto via rajawisata.com

Wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 5 jam melalui jalur darat dari Tanjung Redeb. Wisatawan yang datang hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk menyaksikan jernihnya air di Telaga Biru Ni’Lenggo ini. Jika tertarik, tempat ini mulai dibuka pada pukul 08.00 WITA sampai sore hari pukul 17.00 WITA.

Tempat yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat melalui BUMK Badan Usaha Milik Kampung ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Karena itulah, beberapa fasilitas pun disediakan seeprti, perahu dayung, wahana flying fox, hingga perlengkapan snorkeling. Nah, untuk harga alat alat sewa snorkeling cukup bervariasi mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000. Next

ramadan

Tips Hemat Wisata di Penang, Jalan-Jalan ke Luar Negeri Nggak Perlu Khawatir Kantong Jebol

Desa Temajuk, Destinasi Baru Di Ujung Kalimantan yang Menakjubkan