in , , , ,

Goa Batu Cermin, Tempat Wisata Eksotis di Labuan Bajo

Goa Batu Cermin menyuguhkan keindahan alam di Labuan Bajo, menikmati betapa eksotisnya dinding gua yang memantulkan cahaya mentari bak cermin.

Goa Batu Cermin

Bak tak ada habisnya untuk menelusuri keindahan dan keunikan dari Labuan Bajo. Salah satunya gua yang begitu unik, Goa Batu Cermin. Bukan namanya saja yang unik, tapi sejarah hingga apa yang ada di dalam gua, begitu menarik dan eksotis.

Baca juga : 10 Lokasi di Indonesia Ini Jadi Favorit Turis Asing, Alasannya Mengejutkan!

Asal Usul Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin
Dinding gua yang bisa memantulkan cahaya (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Gua ini ditemukan oleh seorang Pastor Belanda, sekaligus seorang arkeolog bernama Theodore Verhoven pada tahun 1951. Menurutnya, dahulu Pulau Flores adalah sebuah wilayah yang terdapat di dasar laut, hal ini diperkuat oleh temuan di dinding-dinding gua berupa koral, fosil, dan satwa laut yang menempel di dinding gua.

Keunikan Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin ini adalah sebuah gua atau terowongan yang terdapat di bukit batu yang gelap di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Luas gua ini kira-kira 19 hektare, dengan tinggi sekitar 75 meter.

Goa Batu Cermin
Terdapat stalagtit dan stalagmit yang indah (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Kenapa dinamakan Goa Batu Cermin, tidak lain karena dinding-dinding di gua ini bisa memantulkan dan merefleksikan cahaya matahari yang masuk ke dalam sela-sela dinding gua, seperti cermin. Stalagtit dan stalagmit yang terdapat dalam gua juga bisa berkilauan saat terkena sinar matahari.

Goa Batu Cermin
Gua di Labuan Bajo nan eksotis (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Kilauan itu disebabkan oleh adanya kandungan garam yang terdapat dalam air yang mengalir di dinding gua. Sehingga tidak salah, masyarakat sekitar menyebut gua ini sebagai Goa Batu Cermin, karena keunikannya tersebut.   

Tips Berkunjung

Pada saat mengunjungi gua eksotis ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan Teman Traveler. Dari parkir mobil menuju ke dalam area gua, kamu harus berjalan sekitar kurang lebih 500 meter. Gunakan alas kaki yang nyaman, aman, dan tidak licin.

Tempat wisata alam Labuan Bajo
Jalan menuju gua (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Saat memasuki area gua, harus lebih berhati-hati karena banyak tetesan air yang menggenang di dalam gua.  Selain itu, kamu juga diharuskan memakai helm yang sudah disediakan untuk melindungi kepala, agar tidak terbentur stalagtit dan stalagmit di dalam gua.

Harga Tiket Masuk

Untuk menuju ke gua ini tidaklah susah, mengingat letaknya tak jauh dari pusat kota dan akses jalan beraspal. Tapi karena akses transportasi umum cukup sulit, disarankan menyewa mobil beserta driver.

Tempat wisata alam Labuan Bajo
Menuju gua dengan suasana asri (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau. Untuk wisatawan lokal, hanya perlu merogoh kocek Rp10.000, wisatawan nusantara sebesar Rp20.000, sedangkan mancanegara Rp50.000.

Selain keindahan bawah laut atau eksotisnya Pulau Padar dengan komodonya, Labuan Bajo juga punya Goa Batu Cermin. Kunjungi gua satu ini dan nikmati keeksotisannya. Next

ramadan
Kebun Raya Cibinong

Kebun Raya Cibinong, Menikmati Suasana dan Pemandangan Alam di Bogor

Suku Bermata Biru di Indonesia

3 Suku di Indonesia Ini Memiliki Warna Mata Biru Bak Orang Eropa