in ,

Panusupan, Desa Wisata Andalan Purbalingga

Tidak kalah dengan Semarang, objek wisata Purbalingga juga menjadi salah satu tujuan menarik di Jawa Tengah. Kawasan yang terkenal sebagai penghasil knalpot ini memiliki banyak tempat yang hits banget terutama di sosial media. Salah satunya adalah Panusupan, desa wisata andalan Purbalingga dengan konsep yang ciamik. Nah, seperti apa keindahan yang disajikan oleh desa wisata ini? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Kebakaran Gunung Bromo Disebabkan Sesi Foto Prewedding di Padang Savana Tanpa Dapat Izin

1. Surga Kecil di Tanah Purbalingga

Rumah Sarang Burung
Rumah Sarang Burung [image source]
Begitulah warga sekitar menyebut Desa Wisata Panusupan. Destinasi ini terletak di Kecamatan Rembang, sekitar 30 km dari pusat Kota Purbalingga. Biasanya, para traveler yang berkunjung ke sana memilih rute jalur Owabong, Mrebet lewat Bobotsari. Setelah itu melewati Kecamatan Karang Anyar dan Karang Moncol, kalau bingung bisa menggunakan Google Maps.

Desa Wisata
Desa Wisata [image source]

2. Jembatan Cinta, Spot Menarik Untuk Utarakan Perasaan

Jembatan Cinta Pring Wulung
Jembatan Cinta Pring Wulung [image source]
Spot pertama yang selalu mencuri perhatian banyak orang adalah Jembatan Cinta Pring Wulung. Seperti namanya, jembatan yang terbuat dari bambu sepanjang 280 meter ini berbentuk hati. Wah, kamu yang ingin mengutarakan perasaanmu, coba berkunjung ke sini.

Jembatan Cinta Pring Wulung Cantik
Jembatan Cinta Pring Wulung Cantik [image source]

3. Taman Puncak Simbar Jaya

Taman Puncak Srimbar Jaya
Taman Puncak Srimbar Jaya [image source]
Selain jembatan cinta, Panusupan juga memiliki taman bunga yang terletak di puncak bukit. Tepatnya di Taman Puncak Srimbar Jaya. Selain pemandangan bunga yang bermekaran, terdapat pula spot foto menarik dengan pemandangan Rembang dilihat dari puncak bukit. Selain itu, juga ada gubuk-gubuk yang instagram-able.

Puncak Srimbar Jaya
Puncak Srimbar Jaya [image source]

4. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren
Puncak Sendaren [image source]
Sendaren adalah puncak yang menyuguhkan pemandangan eksotis khas Purbalingga. Di sana pula ada sebuah jembatan untuk foto selfie atau lebih menyerupai gardu pandang, cocok untuk melihat matahari terbenam. Kamu juga bisa mampir ke rumah sarang burung yang menjadi favorit para pecinta fotografi. Yakin nih tidak ingin berkunjung ke Puncak Sendaren?

Puncak Sendaren Indah
Puncak Sendaren Indah [image source]

5. Rumah Pohon Puncak Batur

Puncak Batur
Puncak Batur [image source]
Masih seputar puncak di Desa Panusupan. Kali ini, ada destinasi lain yang tidak kalah eksotis dari Sendaren. Ialah Puncak Batur yang dilengkapi rumah pohon serta gardu pandang. Pengunjung harus melewati rute pendakian sekitar 2 jam untuk sampai di puncak dan melihat pemandangan indah dari sana.

Puncak Batur Indah
Puncak Batur Indah [image source]

6. Igir Wringin

Igir Wringin
Igir Wringin [image source]
Berkunjung ke Desa Panusupan kurang lengkap kalau tidak sampai di Igir Wringin. Bukit yang memiliki ketinggian 640 meter di atas permukaan laut ini merupakan spot andalan di Purbalingga. Selain sebagai tempat hunting foto, banyak traveler yang mendirikan tenda kemping di sana. Tidak hanya memburu sunset, mereka juga menunggu cantiknya sunrise Purbalingga yang menawan.

Puncak di desa wisata
Puncak di desa wisata [image source]

7. Pojok Kayangan

pojok khayangan
pojok khayangan [image source]
Sebelum sampai di Igir Wringin, ternyata banyak loh pos-pos cantik yang tidak kalah instagram-able. Salah satunya adalah Pojok Kayangan yang unik dan menarik dengan satu unit televisi sebagai propertinya. Beberapa traveler pun menggunakannya sebagai pendukung foto di atas bukit sebelum berlanjut ke Igir Wringin. Wah, kreatif juga ya!

pojok khayangan cantik
pojok khayangan cantik [image source]
Nama : Desa Wisata Panusupan
Alamat : Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga
Telepon : 0857-2640-9443
Jam Buka : 07.00 – 18.00

Bukan hanya perbukitan, Desa Panusupan juga memiliki sungai untuk rafting, curug yang masih asri hingga petilasan yang terawat hingga saat ini. Nah, kurang lengkap apalagi wisata di Purbalingga? Next

ramadan

Meski Murah, Hotel dan Villa di Gunung Kidul ini tak Kalah dengan Bali

Dapur Cokelat

Roemah Coklat, Surganya Pecinta Makanan Manis di Semarang