in ,

Ini Dia 8 Desain Kabin Pesawat Paling Keren di Dunia, Penasaran?

Crystal Cabin Award Tampilkan 8 Desain Kabin Pesawat Paling Inovatif

Desain Kabin Pesawat via crystal-cabin-award.com
Desain Kabin Pesawat via crystal-cabin-award.com

Pesawat terbang sebagai moda transportasi, dibuat senyaman mungkin untuk Teman Traveler. Seperti yang dilakukan oleh Crystal Cabin Award, merupakan kompetisi desain kabin pesawat yang super keren. Terdapat setidaknya 8 kategori pada ajang tersebut. Siapa saja pemenangnya dan seperti apa penampakan kabinnya?

Baca juga : Liburan ke MOI Kuala Lumpur, Yuk! Museum Ilusi Pertama di Asia yang Unik dan Instagenic

Kabin Tanpa Jendela Buat Kelas Ekonomi

Kabin Tanpa Jendela Buat Kelas Ekonomi via crystal-cabin-award
Kabin Tanpa Jendela Buat Kelas Ekonomi via crystal-cabin-award.com

Desain kabin pesawat pada kategori Cabin Concepts dimenangkan oleh Airbus S.A.S. dengan tajuk “Lower Deck Pax Experience Modules”. Maksudnya adalah memanfaatkan ruang kosong di dek bagian bawah, agar dimaksimalkan sebagai kabin tanpa jendela buat kelas ekonomi. Sehingga penumpang pada tipe tersebut pun bisa punya tempat tidur.

Kabin Lipat Serbaguna

Kabin Lipat Serbaguna via crystal-cabin-award
Kabin Lipat Serbaguna via crystal-cabin-award.com

Kabin lipat serbaguna milik perusahaan Collins Aerospace memenangkan kategori Cabin Systems. Desain berjudul “M-Flex Duet” ini mempunyai konter makanan ringan dan minuman yang bisa dilipat. Sehingga memberi ruang lebih bagi para penumpang.

Kabin Ramah Anak

Kabin Ramah Anak via crystal-cabin-award
Kabin Ramah Anak via crystal-cabin-award.com

Desain kabin pesawat selanjutnya bernama “Skycouch” dalam kategori Greener Cabin, Health, Safety, and Environment. Fiturnya adalah tempat duduk kelas ekonomi dapat diubah menjadi tempat tidur. Istimewanya tempat tersebut dilengkapi juga seatbelt, sehingga anak-anak pun dapat dengan aman tidur di situ.

Layar Hiburan Digital Lebih Luas

Layar Hiburan Digital Lebih Luas via crystal-cabin-award
Layar Hiburan Digital Lebih Luas via crystal-cabin-award.com

Layar hiburan digital yang lebih luas merupakan desain dari United Airlines bertajuk “Entertainment for All”. Keunggulannya terletak pada layar hiburan di setiap kursi, yang dilengkapi dengan voice recognition dan penumpang dapat membuat playlist sendiri.

Kabin dengan Lampu Baca

Kabin dengan Lampu Baca via crystal-cabin-award
Kabin dengan Lampu Baca via crystal-cabin-award.com

“uLED Reading Light” adalah desain kabin pesawat yang juga dibuat oleh Collins Aerospace. Pemenang dalam kategori Material&Components tersebut, menawarkan lampu baca dengan beragam tipe yang memudahkan penumpang ketika membaca.

Tempat Duduk Nyaman untuk Kelas Ekonomi

Tempat Duduk Nyaman untuk Kelas Ekonomi via crystal-cabin-award
Tempat Duduk Nyaman untuk Kelas Ekonomi via crystal-cabin-award.com

Kategori Passenger Comfort Hardware dimenangkan oleh RECARO. Kursi kelas ekonomi dilengkapi dengan penyangga leher dan bantalan, yang dapat disesuaikan untuk kursi dan sandaran punggung.

Menggabungkan Kelas Bisnis dan Ekonomi

Menggabungkan Kelas Bisnis dan Ekonomi via crystal-cabin-award
Menggabungkan Kelas Bisnis dan Ekonomi via crystal-cabin-award.com

Terdapat kategori University, di mana desain kabin pesawat dibuat oleh mahasiswa dari beragam universitas. Bagian tersebut dimenangkan oleh Hongik University di Korea dengan desain bernama “1 For All”.

Desain ini menggabungkan semua kelas penerbangan mulai dari first class sampai ekonomi di dalam satu area berbentuk seperti tetris. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang ada.

Kabin Berkonsep Futuristik

Kabin Berkonsep Futuristik via crystal-cabin-award
Kabin Berkonsep Futuristik via crystal-cabin-award.com

Pada kategori Visionary Concepts, diraih oleh Paperclip. Desain kabin pesawat bertajuk “Peacock Suite” satu ini menawarkan variasi kabin first class sesuai kebutuhan, mulai dari kompartemen keluarga dengan tempat tidur susun sampai suite mewah tiga kamar.

Seperti itulah gambaran desain kabin pesawat yang terbilang inovatif. Teman Traveler punya ide desain kabin pesawat seperti apa? Next

ramadan

Bukan Kekasih, Pria Ini Malah Ajak Seekor Ayam Keliling Dunia!

Potret Artis Indonesia yang Ikut Pemilu, Tetap Kece!