in ,

Liburan ke Salatiga, Paling Seru Bareng Keluarga

Pohon Pengantin, via instagram

Tidak banyak traveler yang tahu keberadaan kota mungil di Jawa Tengah ini. Namanya Kota Salatiga, bukan Solo, lokasinya pun sangat jauh dari Surakarta. Salatiga adalah sebuah kotamadya kecil di tengah Kabupaten Semarang, sehingga Semarang adalah satu-satunya perbatasan yang dimiliki kota tersebut. Lantas ada apa saja di dalam kota terkecil ke-18 di Indonesia ini?

Baca juga : Fakta Makanan dari Maskapai Saat di Pesawat, Yakin Masih Mau Menyantapnya?

Membahas tentang potensi wisata di Kota Salatiga tentu tidak lepas dari potensi di daerah sekitarnya yaitu Kabupaten Semarang. Meski demikian ada juga tempat-tempat keren yang secara resmi dimiliki oleh kota ini sendiri. Kali ini Travelingyuk akan mengajak kamu untuk mengunjungi tempat-tempat di Salatiga dan sekitarnya yang bisa bikin fotomu di instagram terlihat makin keren.

1. Tempat Pertama Yang Wajib Dikujungi di Salatiga Adalah Taman Tingkir

Seperti diketahui sebelumnya bahwa kawasan wisata yang paling terkenal di Salatiga berada di kawasan Sidomukti. Tapi sejak akhir tahun 2015, konsentrasi traveler akan dibuat merata caranya dengan mengembangkan potensi wisata di masing-masing kecamatan, dan satu kecamatan yang telah melakukannya adalah Tingkir.

Taman Tingkir, via instagram
Taman Tingkir, via instagram

Kecamatan Tingkir kini memiliki ruang terbuka hijau yang diberi nama Taman Tingkir. Taman ini dibangun dengan dana tak kurang dari 4 miliar dan hasilnya kian mempercantik wajah kota. Di taman ini terdapat area bermain, ramah difabel, taman lansia, mushala, pendapa serta lapangan olahraga dan kolam. Dengan bangunan yang masih fresh, foto di taman ini akan membuatmu kian eksis.

2. Bukan Tempat Wisata Tapi Pohon Pengantin Layak Traveler Sapa

Tempat berikutnya ini bukan obyek wisata tapi karena viewnya bagus dan tempatnya punya kisah unik makanya banyak traveler yang datang untuk sekedar melihat-lihat pemandangan atau pun berburu foto. Adalah Pohon Pengantin, nama tersebut merujuk pada sebuah pohon di tengah sawah di desa Bancaan, atau seberang Jalan Raya Solo-Semarang Km.2.

Pohon Pengantin, via instagram
Pohon Pengantin, via instagram

Jangan mengira Pohon Pengantin ini adalah sepasang pohon kembar yang saling berdampingan sebab yang traveler temui di lokasi adalah sebatang pohon saja yang tumbuh menyendiri di tengah area persawahan. Konon dahulu memang ada dua pohon yang berdekatan sehingga dinamakan pohon pengantin. Datang ke tempat ini pada senja hari akan menghasilkan foto yang begitu epik.

3. Rawa Pening, Penuh Mitos dan Kisah Mistis Tapi Tetap Menggoda Untuk Dikunjungi

Melipir sedikit keluar dari Kota Salatiga, traveler bisa berkunjung ke Rawa Pening, sebuah danau yang juga dibuka sebagai tempat wisata. Danau ini memiliki luas 2.670 hektare yang menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di cekungan terendah dari lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran.

Rawa Pening, via instagram
Rawa Pening, via instagram

Rawa Pening punya pemandangan yang sangat indah. Hanya saja keberadaan danau ini terancam dengan pesatnya pendangkalan yang terjadi selama ini. Umumnya traveler yang datang akan menikmati suasana danau dengan berkeliling menggunakan perahu atau memancing. Tak sedikit pula yang menjadikannya obyek fotografi. Sedangkan jika ditinjau dari sisi mistis, kawasan Rawa Pening sebenarnya terkenal sebagai tempat yang angker. Bukit di dekatnya yang bernama Bukit Cinta bahkan memiliki mitos mengkandaskan hubungan asmara lho.

4. Hutan Karet, Sarirejo, Tempat Keren Untuk Foto Berlatar Belakang Pepohonan

Jika sebelumnya traveler berburu hutan pinus untuk latar belakang foto maka traveler yang di daerahnya tidak memiliki hutan pinus tidak usah sedih. Foto di pepohonan tidak harus di hutan pinus, seperti halnya mereka yang tinggal di Salatiga. Wilayah ini memiliki hutan karet yang sangat luas dan ternyata oke juga buat foto-foto.

Hutan Karet, Sarirejo, via instagram
Hutan Karet, Sarirejo, via instagram

Selain di wilayah Kopeng, traveler yang berburu foto di tengah hutan karet bisa datang ke kawasan Sarirejo, kelurahan Bugel, kecamatan Sidorejo. Warga sekitar bahkan memiliki julukan keren untuk hutan karet tersebut yakni “Alaska” yang merupakan singkatan dari Alas Karet.

5. Bukit Harapan, Tempat Menepi Untuk Mencari Inspirasi

Bukit Harapan patut traveler kunjungi saat traveling di Salatiga. Meski demikian lokasi tempat ini berada di luar administratif Kota Salatiga melainkan masuk di dalam Dusun Cuntel, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Bagi para pendaki Dusun Cuntel bukanlah daerah yang asing sebab menjadi rute pendakian menuju ke Gunung Merbabu.

Bukit Harapan, via instagram
Bukit Harapan, via instagram

Bukit Harapan ini berada di ketinggian 1762 mdpl sehingga memiliki udara yang sejuk. Kawasan ini pada umumnya dijadikan sebagai pos pendakian ke Gunung Merbabu. Tapi karena memiliki view yang keren tak heran mereka yang tidak berencana mendaki pun turut datang untuk berburu fotografi. Mereka akan mengambil gambar dari Bukit Harapan Cuntel atau istilah kerennya BHC. Tempat ini cukup ditempuh selama 30 menit dari Salatiga.

6. Kebun Alang-Alang, Bikin Foto Seperti di Sinetron-Sinetron

Ada adegan di dalam sinetron atau sebuah film romantis yang mengambil gambar di tengah kebun alang-alang yang luas. Dari sana biasanya muncul inspirasi dari traveler untuk berburu foto di tempat serupa. Nah kalau traveler berada di Salatiga, niat itu bisa terwujud sebab disana ada kebun alang-alang yang cukup keren.

Kebun Alang-Alang, via instagram
Kebun Alang-Alang, via instagram

Seperti foto traveler di atas, ia mengambil fotonya di tengah kebun alang-alang yang berada di Candi Soba, Salatiga. Setelah Travelingyuk telusuri, Candi Soba sendiri ternyata adalah satu kawasan perumahan yang terletak di daerah sekitar Salatiga tepatnya di daerah Candi, kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Bagi yang berminat silahkan saja cari kawasan yang penuh alang-alang disekitar sana.

7. Agrowisata Salib Putih, Destinasi Rekreasi, Relaksasi Hingga Fotografi

Kurang sempurna jika berkunjung ke Salatiga tapi tidak mampir ke Agrowisata Salib Putih. Destinasi sejuk di kaki Gunung Merbabu ini bisa traveler jumpai saat berkunjung ke kawasan Kopeng atau tepatnya di Kopeng, Km 4, Gang Cakra, Salatiga, Jawa Tengah. Cukup berkendara 15 menit dan kamu akan tiba di tempat yang super keren.

Argowisata Salib Putih, via instagram
Argowisata Salib Putih, via instagram

Salib Putih sendiri merupakan nama desa yang berada di sekitar tempat wisata agro yang begitu terkenal akan kesejukan udara pegunungannya ini. Untuk mengakomodir kebutuhan traveler, pihak pengelola telah membangun berbagai fasilitas seperti ruang seminar, area outbond, bumi perkemahan dan juga penginapan. Kebanyakan traveler tidak akan melewatkan untuk foto di tepi kolam renang yang menghadap ke jurang dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Kota Salatiga.

8. Kopeng Treetop Adventure Park, Uji Nyali Dengan Berbagai Wahana Outbond Menantang

Kopeng Treetop Adventure Park bukan hanya menawarkan berbagai wahana outbond yang menguji nyali dan ketangkasan namun juga membuat foto-foto liburanmu semakin keren. Destinasi yang kece ini berada di Getasan, Kopeng, Salatiga dan menempati lahan seluas 7 hektar dengan 8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flying fox serta giant tarzan jump.

Kopeng , via instagram
Kopeng , via instagram

Kopeng Treetop Adventure Park sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat untuk melakukan company outing atau event-event sejenisnya. Disamping menikmati aneka wahana seru dan menantang, traveler juga bisa sekedar foto-foto di tengah hutan karet yang berada di kawasan Wisata Kopeng. Sepanjang jalan menuju ke destinasi ini traveler memang akan disambut dengan hamparan hutan karet yang keren abis.

9. Mau Foto dengan Perspektif Yang Berbeda? “Menyusup” Saja ke UKSW

Kota Salatiga memiliki universitas swasta tertua di Indonesia bernama Universitas Kristen Satya Wacana. Pertama pendiriannya pada tanggal 30 November 1956, universitas ini bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia. Tapi kita tidak akan membahas sejarah dan prodi yang ada di sana.

Universitas Kristen Satya Wacana, via instagram
Universitas Kristen Satya Wacana, via instagram

Beberapa foto yang diposting di Explore Salatiga menunjukkan traveler yang berfoto dengan pemandangan gedung lengkap beserta tangganya yang melingkar. Cukup keren untuk dijadikan obyek foto dari perspektif yang berbeda. Ternyata foto tersebut diambil di salah satu gedung universitas ini. Bisa saja kalau kamu memang traveler yang sangat suka dengan fotografi akan rela datang ke kampus ini untuk mengambil gambar seperti foto di atas.

10. Tembok Hijau Argomulyo, Lagi Hits Buat Foto

Kalau traveler cukup kreatif tanpa harus jauh-jauh ke destinasi wisata terkenal sekalipun mereka bisa menghasilkan gambar yang keren dan mengundang banyak rasa penasaran. Seperti foto di bawah ini misalnya, foto diambil bukan di obyek wisata. Caption yang digunakan hanya Tembok Hijau Argomulyo, Salatiga.

Tembok Hijau Argomulyo, via instagram
Tembok Hijau Argomulyo, via instagram

Ternyata trend foto dengan latar belakang tembok hijau ini memang tengah hits di instagram. Lokasinya pun banyak dijumpai di berbagai daerah seperti Kudus dan juga Jogja. Tempat ini adalah sebuah tembok biasa yang ditumbuhi oleh tanaman merambat sehingga menjadi cat alami yang menghasilkan gradasi keren. Tembok Hijau di Salatiga ini bisa traveler jumpai di daerah Argomulyo. Posisi tepatnya belum jelas, ini tugas traveler Salatiga untuk mencari dan menginformasikan pada traveler lainnya. Jika ada yang tahu, bisa dituliskan di kolom komentar.

Itulah tempat-tempat di Salatiga yang bikin fotomu jadi terlihat makin keren di instagram. Jika ada yang memiliki referensi tempat kece lainnya di kota ini bisa melengkapi daftar Travelingyuk di atas. Caranya tinggal tuliskan di kolom komentar. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

4 Alasan Utama Kenapa Fotomu Terlihat Flat dan Tidak Menarik

Agrowisata Kaligua, Tempat Ngadem di Brebes