in , ,

Agrowisata Kaligua, Tempat Ngadem di Brebes

Agrowisata Kaligua yang pas buat ngadem, via instagram

Tidak banyak dataran tinggi di Brebes mengingat mayoritas daerah ini berupa dataran rendah. Hanya sedikit kawasan di sisi selatan yang berupa pegunungan bagian dari lereng Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah. Walau tidak seberapa luas tapi kawasan ini menyimpan banyak potensi wisata alam salah satunya adalah Agrowisata Kaligua.

Baca juga : Desa Tenganan Pegringsingan, Budaya Pulau Bali Bagian Timur yang Memesona

Mungkin tidak banyak yang menyangka jika kabupaten Brebes miliki kebun teh. Sebab dalam berbagai pemaparan, kondisi geografis wilayah terluas kedua di Jawa Tengah ini didominasi oleh dataran rendah. Perkebunan teh tersebut bisa traveler jumpai di desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan.

Kebun Teh Kaligua, via instagram
Kebun Teh Kaligua, via instagram

Adalah Agrowisata Kaligua nama dari tempat wisata perkebunan teh di Brebes. Lokasinya berada tidak jauh dari pusat kecamatan Paguyangan pun demikian dari daerah Bumiayu yang masing-masing hanya berjarak 10 dan 15 kilometer saja. Jalur yang bisa dilewati adalah jalan utama Tegal-Purwokerto.

Ada yang menarik dari destinasi wisata agro di Brebes ini yakni setiap traveler berkesempatan untuk menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di lokasi atau membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bagi yang belum tahu, kebun teh Kaligua ini adalah kebun teh peninggalan Belanda yang kini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Hasil produksinya sendiri berupa teh hitam alias black tea yang juga menggunakan nama Kaligua sebagai merk dagangnya.

Pemandangan di Agrowisata Kaligua, via instagram
Pemandangan di Agrowisata Kaligua, via instagram

Sama seperti kebun teh lainnya, lokasi kebun teh Kaligua ini berada di dataran tinggi sekitar 1.200 – 2.050 meter dari permukaan laut atau tepat berada di lereng sebelah barat Gunung Slamet. Al hasil udara di sekitar kawasan ini sangat dingin dan tak jarang diselimuti oleh kabut tebal. Suasana seperti inilah yang sangat disukai traveler untuk rekreasi bersama keluarga.

Agrowisata Kaligua yang pas buat ngadem, via instagram
Agrowisata Kaligua yang pas buat ngadem, via instagram

Apalagi kawasan wisata agro ini bukan hanya menawarkan pemandangan perkebunan teh saja. Ada destinasi lain yang bisa dikunjungi selama liburan disana seperti Gua Jepang, Tuk Benih, dan Gua Angin serta curug-curug cantik. Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan pihak perkebunan juga telah membangun fasilitas penginapan, gedung pertemuan, area outbond serta fasilitas lainnya. Buat yang masih bingung mau rekreasi kemana akhir pekan ini, datang saja ke Agrowisata Kaligua. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Liburan ke Salatiga, Paling Seru Bareng Keluarga

Kisah Pohon Pengantin di Salatiga yang Tumbuh Sebatang Kara