in , , , ,

Embung Tambakboyo, Wisata Gratis Dengan Jogging Trek Yang Asri Tengah Kota Sleman

Waduk TambakJoyo Sleman menjadi wisata tengah Kota. Foto via genpi.id

Berlibur ke Yogyakarta memang tak pernah luput dengan wisata kuliner, budaya dan alam. Dari perkotaan hingga pelosok daerah menyuguhkan berbagai macam wisata yang kerap memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mungkin rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi daerah Sleman. Daerah utara Yogyakarta ini merupakan salah satu pusat wisata alam murah di daerah Yogyakarta. Salah satu tempat wisata alam yang murah di Sleman adalah Embung Tambakboyo.

Baca juga : Eco Lodge Coffee, Tempat Nongkrong dengan Suguhan Panorama yang Cantik

Wisata alam Embung Tambakboyo ini merupakan wisata alam yang berupa waduk dengan pemandangan gunung Merapi. Tidak salah jika tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Menariknya wisata ini tidak jauh dari pusat keramaian, tetapi suasana di Embung Tambakboyo cukup sepi dengan udara yang masih segar.

Jogging trek dan jalur sepeda yang ramai dihari libur. foto via jogjaspace.com

Objek wisata ini berupa sebuah bendungan buatan atau waduk berukuran sedang. Lokasi waduk ini terletak diantara tiga Desa yaitu Condongcatur, Maguwoharjo dan Wedomartani. Embung Tambakboyo sudah ada sejak tahun 2008, awal pembangunan dimulai pada tahun 2003 dengan maksud sebagai pengairan daerah sekitar dan tempat penampungan cadangan air untuk warga sekitar Sleman. Pemerintah juga menjadikan sebagai resapan air hujan dan penaggulangan banjir daerah sekitar waduk. Namun seiring berjalannya waktu hingga 5 tahun ini dijadikan tempat wisata bersantainya orang – orang perkotaan. Embung Tambakboyo memiliki luas 7,8 hektar dan volume tampungan air hingga 400.000 m3.

Waduk Tambakboyo eibidiei.wordpress.com

Banyak fasilitas yang dibangun disekitar seperti tempat memancing, meskipun waduk tengah kota namun memiliki ikan yang segar dan besar besar. Tak hanya itu, bagi kalangan pemburu kesehatan terdapat jogging trek yang bersih dan asri. Para pengunjung yang sedang berlari lari pagi ataupun sore hari dimanjakan dengan taman taman yang asri dan udara sepoi sepoi khas waduk. Dan saat lapar pun menyerang perut, jangan khawatir disekitaran waduk tersedia beberapa warung dengan berbagai macam menu makanan dan minuman.

Salah satu kelebihan dari Embung Tambakboyo adalah harga tiketnya. Harga tiket untuk masuk ke Embung Tambakboyo ini gratis. Pengunjung hanya dikenai biaya parkir saja. Parkir motor dan mobil tarifnya Rp. 2.000, sedangkan untuk sepeda hanya Rp. 1.000. Embung Tambakboyo ini buka selama 24 jam dan ramai dikunjungi pada saat pagi dan sore hari. Bagi kamu yang ingin datang ke tempat ini sangat disarankan datang dipagi hari. Pada pagi hari Embung Tambakboyo cukup ramai wisatawan dan juga warga sekitar yang melakukan olahraga.

Sunset di waduk Tambakboyo Sleman. Foto via jogjaholic.com

Mengunjungi Embung Tambakboyo dipagi hari sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan udaranya yang masih segar dan juga pemandangan gunung Merapi yang sangat jelas. Dan pastinya untuk hari kerja, tempat ini sangat cocok untuk bersantai dikala suntuk dengan hari hari yang sibuk. Next

ramadan
fi makanan khas banjar

Kuliner Khas Banjar Kalimantan Selatan, Ada Soto Banjar yang Segar dan Nikmat

Bukit Hiliwuku NTT, Pesona Sunset Yang Eksotis di Atas Hamparan Savana Indah