in ,

10 Variasi Es Nusantara yang Segarnya Kebangetan saat Buka Puasa!

Beragam Variasinya dan Kesegarannya Tidak Perlu Diragukan Lagi!

Berbuka puasa dengan yang segar menjadi pilihan banyak orang untuk melepas dahaga setelah seharian penuh berpuasa. Bosan dengan es yang itu-itu saja, 10 macam varian es nusantara ini bisa menjadi pilihan hari ini dan hari-hari berikutnya. Apa saja sih pilihan es nya? Catat ya!

Baca juga : Sate Madura Haji Ismail, Langganan Istana Bogor

1. Es Timun Aceh

Es Timun via Shutterstock

Timun tidak hanya bisa dimakan langsung namun juga bisa dijadikan es segar sebagai menu buka puasa di rumah. Tambahkan nata de coco, biji selasih dan perasan lemon dilengkapi dengan es batu maka minuman ini siap disajikan sebagai pelepas dahaga.

2. Es Selendang Mayang Betawi

Es Selendang Mayang via Shutterstock

Minuman tradisonal Betawi ini sudah sangat jarang ditemui. Es Selendang Mayang berisikan potongan dadu agar ketan, tambahkan santan, masukkan gula merah sesuai selera dan masukkan es batu agar lebih segar menyantapnya.

3. Es Doger Cirebon

Es Doger via Shutterstock

Es Doger kerap dijumpai pada beberapa daerah di Indonesia bagian barat. Berisikan mutiara, irisan dadu roti, ketan hitam, pecahan creps gurih ditutup dengan serutan es berwarna pink yang terbuat dari santan. Es ini semakin nikmat jika ditambahkan susu kental manis.

4. Es Goyobod Jawa Barat

Es Goyobod via Instagram @nianings

Es goyobod merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat. Minuman ini bisa disajikan dengan berbagai macam kondimen, salah satu yang sederhana hanya berisikan agar hijau, mutiara, santan dan gula merah. Menambahkan es batu akan membuat minuman ini semakin mantap!

5. Es Cendol Jawa Barat

Es Cendol via Shutterstock

Cendol ternyata merupakan minuman khas Jawa Barat yang populer dan bisa ditemukan hampir di seluruh pelosok Indonesia. Hanya berisikan gumbalan tepung beras memanjang dengan santan dan gula merah sudah sangat nikmat dinikmati saat berbuka puasa.

6. Es Teler Sukoharjo

Teler Ice via Shutterstock

Sajian sederhananya membuat banyak warung makan menyajikan minuman ini. Hanya berbahan dasar alpukat, kelapa muda dan susu membuat minuman yang satu ini kerap digandrungi kaula muda di Indonesia.

7. Es Tambring Bali

Es Tambring via Shutterstock

Minuman unik yang satu ini persembahan Pulau Dewata. Menggunakan asam jawa dalam salah satu kondimen pembuatannya membuat cita rasa Es Tambring menjadi kaya, unik dan berbeda dengan sajian es lainnya yang ada di Indonesia.

8. Es Pisang Ijo Makassar

Es Pisang Hijau via Shutterstock

Es yang satu ini kini bahkan sudah kerap dijumpai di pinggir jalan apalagi saat ramadan seperti ini. Berisikan pisang yang diselimuti dengan kulit kenyal berwarna hijau lengkap dengan bubur sumsum serta sirup coco pandan sangat segar disajikan ketika dingin.

9. Es Kacang Merah Manado

Es Kacang Merah via Shutterstock

Siapa yang tidak tahu minuman sehat yang satu ini? Yup, bahan utama kacang merahnya menjadi salah satu daya tarik es ini. Lengkap disajikan dengan serutan es yang ditambah gula merah, santan dan susu kental manis bisa jadi minuman menyegarkan untuk berbuka hari ini.

10. Es Nona Pontianak

Es Nona via Instagram @makanape

Bila Es Doger menggunakan santan, Es Nona menggunakan kapur sirih pada es serut merah mudanya sehingga gurih ketika disantap. Disajikan dengan berbagai bahan lain seperti kacang merah, tape, pepaya, mutiara, kolang kaling dan nangka. Minuman ini akan lebih nikmat jika ditambahkan susu kental manis.

Nah, itulah berbagai es cita rasa nusantara mulai dari yang sudah biasa ditemui dipinggir jalan, langka hingga sajiannya yang unik. Tidak perlu bingung lagi mau menyajikan es jenis apa untuk berbuka puasa nanti. Segernya buat ketagihan! Next

ramadan

Kembalikan Dahaga setelah Berpuasa dengan Sajian Es Timun Segar ala Serambi Mekah

Tampak Lebih Indah? Begini Potret Menawan Kawah Wurung yang Sepi Pengunjung