in , ,

Fakta Tentang Cappadocia, Tempat Liburan Impian Kinan ‘Layangan Putus’

“It’s my dream, mas. Not hers. My dream!” Itu adalah kalimat yang diucapkan oleh Kinan dalam web series Layangan Putus pada Aris setelah mengetahui bahwa ia mengajak Lidya ke Cappadocia, Turki. Destinasi yang terkenal dengan balon udara dan panorama cantik ini menjadi impian Kinan namun belum sempat diwujudkan. Sang suami malah lebih memilih untuk membawa selingkuhannya ketimbang istrinya sendiri.

Baca juga : Pertunjukan Baru di Burj Khalifa dan The Dubai Fountain Selama Idul Fitri

Foto via Instagram @daphnemedical

Bukan tanpa alasan, Cappadocia memang memiliki pesona yang mungkin tidak didapatkan di negara lain. Yang serupa ada banyak, namun Cappadocia tetap menjadi favorit wisatawan. Mungkin karena Cappadocia memiliki fakta-fakta berikut ini:

  • Bentang alam memesona Cappadocia ini adalah bentukan lava dari letusan 3 gunung berapi yaitu Erciyes, Gunung Hasan, Gunung Melendiz.
  • Dalam bahasa Persia, Cappadocia memiliki arti ‘Negerinya kuda-kuda yang indah’
  • Cappadocia menjadi salah satu tempat favorit pertama untuk syuting film dengan formasi alamnya yang memiliki tampilan duniawi. Banyak film, dokumenter, dan serial telah dibuat di Cappadocia sejak 1940.
  • Peristiwa geografis membentuk Fairy Chimneys, formasi batuan dengan bentuk tak biasa. Orang-orang Cappadocia dulu dan sekarang mengukir rumah dan gereja ke dalam Fairy Chimneys ini dan menghiasinya dengan lukisan dinding.
  • Ada sekitar 150-200 kota bawah tanah di Cappadocia. Mengunjungi Cappadocia dan melewatkan pemukiman bawah tanah ini akan menjadi kesalahan besar. Yang terbesar bahkan bisa menampung sampai 30.000 penduduk loh.

Tips Wisata ke Cappadocia

Foto via Instagram @duygu_gnc_drn

Konon ratusan balon udara diterbangkan setiap harinya di Cappadocia, tak heran jika pemandangan ini jadi yang paling populer dan paling dicari wisatawan. Kalau kamu salah satu yang ingin mencoba langsung naik balon udara di Cappadocia, Turki, perhatikan tips berikut ini: Next

  • Mata uang: Lira adalah mata uang yang digunakan di Turki dan sebaiknya saat liburan kesini kamu sudah mempersiapkannya dengan baik. Sebab cukup jarang ada kantor resmi penukaran uang di desa seperti Goreme dan Uchisar, meski kamu bisa menggunakan kartu kredit saat ke restoran atau hotel.
  • SIM card: Selain menggunakan layanan roaming dari provider di Indonesia, kamu juga bisa menemukan beberapa tempat untuk membeli SIM card dari Turki. Ini bisa cukup berguna saat kamu perlu menggunakan peta lokal.
  • Liburan jangka panjang? : Kalau kamu berencana tinggal di daerah Cappadocia untuk jangka waktu yang lama, tak ada salahnya kamu memiliki Museum Pass cappadocia. Kartu pass ini diterima di banyak tempat wisata termasuk Goreme Open Air Museum and Dark Church, Ihlara Valley, Derinkuyu Underground City dan Zelve Archaeological Site.Tapi jika kamu berencana keliling Turki, lebih dianjurkan untuk beli Museum Pass Turkey saja.
  • Waktu terbaik: Ingin menikmati Cappadocia yang cenderung sepi? Konon waktu terbaiknya adalah antara Maret ke Juni atau September ke November. Saat itu juga cuacanya lebih menyenangkan.
  • Pakaian: Tentu saja kamu harus menyesuaikan pakaian sesuai dengan musim yang sedang berlangsung. Meski begitu bahkan di musim panaspun kamu disarankan untuk membawa jaket atau coat tipis. Selain itu, dengan banyaknya penduduk Muslim di Turki, sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang santun.
ramadan

Nikmati Sajian Kopi Nikmat Bersama Baratdaya Coffe

Viral Pria Tendang Sesajen di Semeru, Netizen Sampai Bupati Lumajang Geram