in , ,

Mengenal Bioluminescence, Fenomena Langka yang Buat Laut Bercahaya

Pemandangan Indahnya Buat Hati Gembira Ditengah Pandemi!

Bioluminescence in Beach via Instagram @fewfar

Fenomena Bioluminescence adalah suatu reaksi kimia yang dialami oleh makluk hidup yang mampu menghasilkan cahaya sehingga pada malam hari laut nampak seperti mendapatkan ratusan cayaha bohlam yang begitu indah.

Baca juga : Hotel Mono, Akomodasi di Singapura yang Cocok Bagi Pecinta Monokrom

Cahaya ini terjadi akibat enzim pada makhluk hidup atau oraganisme tersebut memiliki sistem kerja yang dapat menghasilkan cahaya hijau hingga biru. Tidak hanya laut, banyak juga organisme darat yang menghasilkan cahaya ini.

Fenomena Bioluminescence via Instagram @saul_visuals

Berbagai makhluk hidup laut yang bisa menghasilkan cahaya ini adalah ostracoda, beberapa jenis ikan, plankton, ubur-ubur dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan di darat, cayaha ini bisa Teman Traveler temukan pada kunag-kunang, beberapa jenis serangga dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pertama kalinya dalam 60 Tahun, California Selatan dikabarkan mengalami fenomena ini. Laut yang bercahaya diduga akibat sudah sangat jarang dikunjungi sehingga dipenuhi oleh organisme yang dapat menimbulkan cahaya tersebut. Pemandangan ini tentu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi yang beruntung melihatnya.

Fenomena Bioluminescence California via Instagram @roycebairphoto

Tidak hanya air, pasir pantainya pun juga bercahaya ketika terjadi kontak dengan kaki manusia. Pemandangan yang jarang terlihat ini tentu menarik perhatian penduduk setempat yang bermukim tidak jauh dari pantai sehingga mereka pun ada yang menyempatkan berselancar walaupun malam.

Jika Teman Traveler menemukan fenomena ini disarankan untuk melihat dari jauh. Pada dasarnya jika fenomena ini muncul di laut, Teman Traveler tidak tahu bahwa yang bercahaya itu plankton atau ubur-ubur, sehingga cukup berbahaya jika langsung menyapa laut dengan berenang atau berselancar. Lebih bertahi-hati ya, stay safe! Next

ramadan

Restaurant Rumah Kaca di Belanda, Makan Enak Tetap Karantina!

Viral Oreo Supreme, Dompet Kurus Dada Mengelus!