in , ,

Viral Video Kereta Api Mungil yang Sangat Imut, Ternyata Dresin Punya Fungsi Vital

Dresin adalah kereta api berukuran mungil yang berfungsi viral untuk perkeretaapian Indonesia, seperti melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan.

Dresin Kereta Mungil

Viral sebuah video yang memperlihatkan kereta berukuran super mungil melewati perlintasan kereta api. Netizen sampai menyebutnya ‘anak’ kereta karena memang ukurannya lebih kecil dibandingkan kereta api biasanya. Selain itu, penampilannya juga terlihat sangat menggemaskan. Kereta mungil yang ternyata bernama Dresin ini muncul di Stasiun Kroya, Cilacap, Jawa Tengah.

Baca juga : Tempat Camping di Jogja dengan Pemandangan Laut dan Bukit, Segar Banget!

Dresin Kereta Mungil
Foto via Detik

Kereta api bernama Dresin ini punya penampilan yang sekilas memang terlihat seperti kereta api milik PT KAI. Berwarna dominan putih, dengan sentuhan warna biru dan merah khas PT KAI.

Ada 2 gerbong kereta dengan tempat duduk berwarna cokelat yang menghadap ke depan. Juga ada tempat duduk khusus untuk operator Dresin. Pintu yang tersedia lebih rendah daripada peron stasiun.

Meski ukurannya kecil dengan tampilan imut nan menggemaskan, tapi Dresin punya fungsi yang sangat vital untuk PT KAI. Dresin adalah kendaraan jalan rel berukuran kecil dengan penggerak sendiri. Fungsinya sebagai bagian dari meningkatkan keselamatan dan pelayanan kereta selama ada di lintasan.

Dresin Kereta Mungil
Foto via Detik

Dresin digunakan untuk pemeriksaan jalur secara berkala, memeriksa dan memantau langsung segala prasarana kereta api. Meliputi kondisi jalur rel, terowongan, sinyal, jembatan, kondisi perlintasan sebidang, hingga stasiun-stasiun.

Dilansir dari Kompas, Kereta Api Roil Dresin baru diresminak di Stasiun Cirebon pada hari Kamis, 5 Januari 2023 lalu. Saat melakukan pemeriksaan, operasi dresin akan mengetahui setiap permasalah.

Contohnya saja saat melakukan pemeriksaan di rel perlinasan, maka operator akan segera mengetahui ada permasalahan apa di rel perlintasan. Seperti kemiringan perlintasan atau adanya hambatan.

Dresin Kereta Mungil
Foto via Instagram

Dengan adanya Dresin, pihak PT KAI akan segera mengetahui titik-titik mana saja yang perlu diperbaiki. Prasarana apa yang memerlukan perbaikan juga akan segera diketahui.

Jadi, meski ukurannya mungil dan menggemaskan hingga disebut ‘anak’ kereta api, Dresin punya fungsi yang sangat besar untuk perkeretaapian Indonesia. Sama seperti kereta api pada umumnya, saat Dresin melewati jalur perlintasan, maka palang kereta api akan ditutup demi keselamatan bersama. Next

ramadan
Festival Lampion di Gumuk Pasir Parangtritis

BESOK! Ratusan Lampion Bakal Menghiasi Langit Malam di Gumuk Pasir Parangtritis

Resep Es Jeruk Kelapa

Resep Es Jeruk Kelapa Tanpa Gula Tambahan, Segar dan Sehat di Siang Bolong