in , ,

Festival Penjor Bali, Masuk GWK Diskon 50 Persen

Melihat Aneka Penjor Cantik Warna-warni di Festival Penjor Balli

Festival Penjor Bali
Festival Penjor Bali (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tak hanya keindahan alam, Bali juga punya pesona menarik dari segi budaya. Banyak lho, wisatawan yang sengaja datang ke Pulau Dewata hanya untuk nikmati beragam tradisi menariknya. Nah, salah satu bentuk menarik apresiasi budaya Bali yang bisa Teman Traveler saksikan dalam waktu dekat adalah Festival Penjor.

Baca juga : 5 Cafe Instagramable di Bali, Spot Uniknya Begitu Memanjakan!

Peran Penjor dalam Tradisi Bali

Penjor yang dipamerkan di GWK (c) Helga Christina/Travelingyuk

Budaya Bali memang punya banyak elemen menarik, mulai upacara adat, pakaian, ritual, hingga aneka pernak-pernik. Teman Traveler pernah gak perhatikan, di sisi jalanan Pulau Dewata kerap ada sejenis hiasan dari bambu.

Penjor punya peran penting dalam budaya Bali (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tiang bambu itu disebut Penjor, selain digunakan untuk upacara adat, keberadaannya juga kerap dimanfaatkan wisatawan sebagai latar belakang berfoto.

Penjor sering dipasang di sisi kanan pintu pekarangan rumah, kantor, serta tempat lainnya, biasanya menjelang Hari Raya Galungan – tradisi keagamaan yang berlangsung dua kali setahun di Bali. Perayaan Galungan terdekat tahun ini jatuh di bulan Juli, sehingga banyak warga mulai memasang penjor cantik di rumah mereka.

Penjor kerap menarik perhatian wisatawan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Keberadaannya punya arti mendalam karena menggambarkan gunung dan dihiasi sejumlah benda seperti kain, padi, hasil bumi, dan masih banyak lagi.

Festival Penjor di GWK

Aneka penjor hiasi GWK (c) Helga Christina/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Bali, sempatkanlah datang ke Garuda Wisnu Kencana. Di sana sedang diadakan Festival Penjor. Ratusan penjor dari seluruh penjuru Bali dilombakan dan dipamerkan untuk umum antara 14 hingga 27 Juli.

Dipamerkan hingga akhir bulan ini (c) Helga Christina/Travelingyuk

Gelaran ini sangat menarik lho Teman Traveler. Di sini kalian bisa melihat banyak penjor dengan bentuk unik dan warna bervariasi. Beda dari yang biasanya kalian temui di pinggir jalan. Tak cuma itu, keberadaan deretan penjor cantik ini pastinya juga bakal bikin foto kalian di Garuda Wisnu Kencana makin oke.

GWK Diskon 50 Persen

Penjor ini semuanya dilombakan lho (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kehadiran jajaran penjor cantik ini juga bikin suasana Garuda Wisnu Kencana makin cantik, apalagi dengan wajah barunya. Jalan-jalan di sekitar sini pastinya bakal tambah menarik Teman Traveler.

Bentuknya cukup unik ya? (c) Helga Christina/Travelingyuk

Nah, kabar gembiranya, selama Festival Penjor ada diskon 50 persen untuk tiket masuk ke GWK. Lumayan banget kan? Potongan ini hanya berlaku untuk pemegang KTP Bali, KITAS, dan kartu pelajar Bali ya. Sementara untuk tiket normal, harganya Rp125.000 per orang. Khusus lansia, cukup bayar Rp100.000 saja.

Warnanya pun bervariasi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jadi tunggu apa lagi, Teman Traveler yang berdomisili di Bali jangan lupa mampir ke GWK dan datang ke Festival Penjor. Nikmati salah satu tradisi unik ala Pulau Dewata. Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Ruang depan Istana Gebang Blitar

Yuk Mampir ke Istana Gebang Blitar, Kenalan dengan Rumah Masa Muda Soekarno

Beryl Coffee Malang

Beryl Coffee Malang, Laper Nihil Kerjaan Berhasil