in ,

Mengenal Fufu, Makanan Pokok Unik Khas Afrika yang Terbuat dari Ubi

Fufu adalah makanan khas Afrika yang terbuat dari ubi dan biasanya disajikan dengan sup sayuran. Makanan ini pun punya etika memakan tersendiri.

Tren kuliner yang viral di TikTok silih berganti menampilkan makanan unik dari berbagai negara. Salah satu kuliner yang sedang ‘naik daun’ adalah fufu, makanan pokok khas Afrika yang bisa dimakan bersama berbagai macam lauk.

Baca juga : Inspiratif, Para Difabel Ini Mampu Mendaki Gunung-gunung Tinggi

Meledaknya reviewers fufu membuat banyak yang penasaran akan rasa makanan satu ini. Nah, kira-kira Teman Traveler penasaran juga enggak nih? Biar enggak kepo lagi, yuk simak ulasan berikut ini sampai selesai ya!

Fufu sebagai makanan pokok khas Afrika Barat

Jika mau disamakan dengan makanan Indonesia, fufu sama seperti nasi atau papeda, yang sudah menjadi makanan pokok masyarakatnya. Fufu berupa hidangan yang dibuat dari ubi hingga membentuk adonan padat. Fufu biasanya dimakan bersama dengan berbagai macam sup sayuran, seperti okra, egusi, dan berbagai sup lain. Di Indonesia, beberapa reviewers makanan memakan fufu bersama dengan rendang, opor ayam, serta beberapa jenis lauk pauk yang lain.

Kuliner khas
Foto via Kumparan.com

Di Afrika Barat sendiri, fufu identik dengan makanan yang melambangkan kebersamaan dalam keluarga. Fufu punya sejarah panjang. Kata ‘fufu’ berasal dari bahasa Twi yang dipakai orang-orang Afrika di bagian pusat dan selatan Ghana. Arti ‘fufu’ adalah ‘menumbuk atau mencampur’, merujuk pada cara membuat makanan ini. fufu juga kerap disebut ‘foofoo’, ‘foufou’, atau ‘fufuo’.

Memakan Fufu tidak boleh dikunyah

Nah, ternyata sebelum menyantap fufu, kamu harus mengetahui etika makan hidangan ini. Masyarakat Afrika memakan fufu tanpa sendok atau garpu, sehingga akan menjadi pemandangan aneh jika seseorang menyantap fufu dengan peralatan makan seperti sendok dan garpu. Dalam etikanya, fufu harus dimakan dengan tangan.

Fufu Makanan Khas Afrika
Foto via Detik.com

Biasanya akan disediakan baskom air sebagai tempat cuci tangan, juga serbet untuk mengelap sisa air dari basuhan tangan. Uniknya lagi, saat memakan fufu tidak disarankan untuk dikunyah. Untuk orang yang pertama kali memakan fufu, lebih baik membuat bulatan kecil dulu, untuk memudahkan menelan fufu.

Fufu dibuat dari beberapa bahan baku

Melansir dari Kumparan.com dari Okay Afrika, fufu bisa dibuat dari beberapa bahan baku. Makanan ini juga terbagi menjadi beberapa jenis. Di Afrika, fufu bisa dibuat dari bahan baku berikut ini. Pertama, singkong yang terlebih dahulu difermentasi, setelahnya baru dimakan dengan sup. Fufu jenis ini terkenal di Ghana, Togo, Liberia, Nigeria, dan Benin.

Fufu Makanan Khas Afrika
Foto via Kumparan.com

Kedua, singkong parut. Fufu jenis ini punya rasa yang sedikit asam dengan tekstur lebih berbutir. Terakhir, fufu yang terbuat dari kokonte atau ubi hitam. Fufu ini berwarna putih pudar atau kecoklatan, dengan tekstur yang lebih lengket. Penyajiannya biasanya bersama dengan sup kacang tanah dan minyak sawit.

Fufu, makanan khas Afrika yang baik untuk pencernaan

Tak hanya mengenyangkan, fufu juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan untuk tubuh. Makanan ini dikenal rendah kolesterol, kaya serat potasium, dan pati resisten.

Kuliner khas
Foto via jadiberita.com

Kandungan-kandungan di atas sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Cara memasak fufu juga tidak hanya secara tradisional saja, ada berbagai macam alat yang bisa menghancurkan fufu lebih cepat.

Fufu menjadi trending dan dicoba oleh banyak netizen di TikTok. Kalau kamu penasaran, kamu bisa banget mencoba makanan khas Afrika Barat satu ini. Next

ramadan
Istana Singapura dibuka untuk umum pada beberapa perayaan keagamaan

Istana Singapura Dibuka Untuk Umum Memeriahkan Tahun Baru Imlek

Jalur Trisakti Sadarehe dengan keindahan alam yang sangat memukau

Gunung Ciremai Via Trisakti Sadarehe, Satu-Satunya Jalur Pendakian Sajikan Sabana Menawan