in , , , ,

Explore Gili Ketapang, Nikmati Keindahan Bawah Laut hingga Sunset yang Menawan

Percikan Surga yang Menawan di Madura

Indonesia memiliki banyak pulau kecil yang tersebar di seluruh wilayah lautan dan masyarakat Negeri Maritim kerap menyebutnya sebagai gili. Setiap pulau kecil memiliki pesonanya masing-masing, tidak terkecuali dengan Gili Ketapang ini. Bagaimana keindahannya? Yuk simak ulasan berikut ini ya Teman Traveler.

Baca juga : 10 Spot Menarik untuk Menikmati Atraksi Lumba-lumba Liar di Indonesia

Lokasi Gili Ketapang

Suasana yang Indah di Gili Ketapang (c) Tikka Dessy/Travelingyuk
Suasana yang Indah di Gili Ketapang (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Gili Ketapang adalah sebuah desa dan pulau kecil di Selat Madura, tepatnya 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Luas wilayah Gili Ketapang sekitar 68 ha dan jumlah penduduknya hampir 10.000 jiwa, sebagian  besar masyarakat bersuku Madura dan bermata pencaharian sebagai nelayan. Gili Ketapang merupakan salah satu tujuan wisata alam di Kabupaten Probolinggo.

Rute menuju Gili Ketapang

Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat (c) Tikka Dessy/Travelingyuk
Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat terletak di Jalan Tembaga Barat, Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Problinggo, Jawa Timur. Melalui pelabuhan ini, Teman Traveler yang akan menuju ke Gili Ketapang menyeberang menggunakan Perahu Motor.  Perjalanan dari Pelabuhan Tanjung tembaga barat menuju gili ketapang di tempuh dalam waktu 30 menit yang dimulai dari pukul 06:00 WIB. Harga tiket per orang adalah Rp10.000 untuk satu kali berangkat.

Kegiatan Snorkling di Gili Ketapang

Menikmati Keindahan Bawah Laut Gili Ketapang (c) Tikka Dessy/Travelingyuk
Menikmati Keindahan Bawah Laut Gili Ketapang (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Masuk wisata Gili Ketapang ini gratis. Tidak ada tiket masuk yang dikenakan. Hanya cukup membayar biaya penyeberangan saja. Tapi jika ingin snorkeling lebih baik menggunakan jasa operator guide yang ada di gili ini.

Hanya dengan membayar Rp90.000, Teman Traveler akan mendapatkan fasilitas penyebrangan Pulang Pergi dari Pelabuhan Tanjung Tembaga menuju Gili Ketapang, perlengkapan alat snorkeling, dokumentasi foto underwater dan DSLR, Rest Area, guide, dan makan siang ikan bakar khas Gili Ketapang. Teman Traveler tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang karena ada guide yang siap memandu cara bersnorkling dan juga pemandunya sangat bertanggung jawab.

Jika snorkeling di Gili Ketapang, Teman Traveler akan menemukan ikan badut atau ikan nemo. Selain ini, pemandangan bawah alam yang cantik, terumbu karang dan ikan-ikan hias berbagai macam warna akan membuat Teman Traveler betah dan ingin berlama-lama menikmati keindahan bawah laut Gili Ketapang.

Fasilitas di Gili Ketapang

Salah Satu Fasilitas di Rest Area Gili Ketapang (c) Tikka Dessy/Travelingyuk
Salah Satu Fasilitas di Rest Area Gili Ketapang (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Gili Ketapang dihuni hampir 10.000 jiwa. Selain rumah penduduk yang sudah padat, di sini ada 2 Masjid besar. Mayoritas penduduk beragama islam. Terdapat juga Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jika berkunjung ke Gili Ketapang menggunakan jasa operator guide, Teman Traveler akan mendapatkan tempat istirahat (rest area). Di Lokasi gili ketapang ini terdapat toilet, kamar mandi, ayunan, dan aneka warung makan.

Sebagian besar warung makan di Gili Ketapang meyuguhkan menu ikan bakar khas Gili Ketapang. Harga ikan bakar di sini cukup terjangkau yaitu Rp20.000 per porsi (ikan bakar, nasi putih, lalapan dan sambal). Di Gili Ketapang ini juga terdapat wisata religi bernama Goa Kucing. Goa tersebut merupakan petilasan Sunan Giri saat menyebarkan Agama Islam ke Gresik, Banyuwangi dan sekitarnya

Senja di Gili Ketapang

Menikmati Matahari Terbenam di Atas Kapal Menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat (c) Tikka Dessy/Travelingyuk
Menikmati Matahari Terbenam di Atas Kapal Menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Di sini, Teman Traveler tidak diperkenankan untuk bermalam atau menginap. Pengunjung dan wisatawan harus kembali sebelum matahari terbenam. Kapal motor terakhir yang kembali dari Gili Ketapang menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat pukul 16:00 WIB (4 sore). Saat menuju pelabuhan inilah Teman Traveler disuguhkan pemandangan sunset yang begitu indah. Next

ramadan

4 Minuman Kekinian Buat Hilangkan Dahaga Setelah Puas Shopping di Botani Square Bogor

Barli Museum, Gravitasi Masa Lalu yang Kental dan Memukau di Kota Kembang