in , ,

Goa Soekarno, Destinasi Anyar nan Indah di Madura Raya

Sambangi Indahnya Goa Soekarno di Sumenep

Goa Soekarno Madura

Sumenep, atau Songen Nep dalam bahasa Madura, merupakan salah satu kabupaten di Pulau Garam yang punya pesona alam apik. Belakangan kawasan ini meluncurkan sebuah wisata anyar bernuansa alam bernama Goa Soekarno.

Baca juga : Resort Bali dengan Makan Malam Romantis di Atas Kolam

Wisata Madura satu ini tergolong anyar karena baru diresmikan pada awal Juni 2019 lalu. Pesona yang ditawarkan juga agak unik dibandingkan tempat wisata umumnya. Seperti apa? Yuk, simak ulasan lengkap soal Goa Soekarno berikut ini.

Destinasi Anyar Pulau Garam

Suasana di dalam goa (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Goa Soekarno termasuk salah satu wisata anyar di wilayah Madura Raya. Soft launching-nya dilakukan pada 8 Juni 2019 lalu. Teman Traveler tak perlu keluar biaya banyak untuk sambangi destinasi di Kabupaten Sumenep ini, hanya Rp15.000 per orang.

Bagi yang sudah penasaran, wisata goa ini berlokasi di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. Jika kesulitan mencari tempatnya, Teman Traveler bisa bertanya pada warga sekitar.

Bentuk Kekaguman pada Bung Karno

Salah satu lukisan Bung Karno (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Sesuai namanya, Goa Soekarno merupakan sebuah bentuk kekaguman pada Sang Presiden Pertama Indonesia. Dulunya beberapa pengagum Putra Fajar di Sumenep kerap menggelar diskusi tentang kehidupan beliau. Salah satunya lantas melukis wajah Soekarno di dinding goa.

Goa berhiaskan gambar Sang Proklamator tersebut kini dibangun sedemikian rupa hingga tampak menarik. Setelah rampung, dibuka sebagai tempat wisata dan menjadi salah satu destinasi andalan di Sumenep.

Mudah Dicapai dari Pusat Kota

Suasana di dalam goa (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Goa Soekarno bisa ditempuh dengan menumpang mobil selama kurang lebih 45 menit dari pusat kota. Untuk sebuah destinasi anyar, aksesnya tergolong sangat mudah. Biaya masuknya pun sangat murah. Cocok untuk Teman Traveler yang ingin berwisata bersama keluarga tercinta.

Keindahan Alami

Gua yang terbentuk secara alami (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Terlepas dari keberadaan lukisan Soekarno, goa satu ini benar-benar alami Teman Traveler. Hanya saja dikemas sedemikian rupa untuk menghilangkan kesan kumuh dan angker. Begitu berada di dalamnya, kalian akan merasakan rasa takjub luar biasa.

Lantas apakah suasana di sini terasa pengap? Tentu saja tidak. Justru sangat sejuk karena ada banyak lubang di sana-sini. Udara mengalir dengan lancar sehingga terasa sangat nyaman.

Area khusus untuk merokok (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Goa ini memiliki beberapa celah tempat masuknya sinar matahari. Spot ini kerap digunakan pengunjung untuk berfoto. Oh ya, destinasi ini juga memiliki beberapa ruangan lho. Masing-masing seperti aula yang saling terhubung.

Bagi Teman Traveler yang merokok, harus menahan diri sebentar ya. Kalian tak bisa sembarangan karena sudah disediakan tempat khusus di ruang yang lebih terbuka.

Itulah sekilas pengalaman saya mengunjungi Goa Soekarno. Bagi Teman Traveler yang sedang jelajah wisata Sumenep, jangan lupa mampir ke destinasi wisata anyar ini ya. Next

ramadan

Bvlgari Resort Bali, the Pinnacle of Holiday

Taman Belangi, Wisata Selfie di Bireuen dengan Ribuan Kincir Angin