in , ,

Sisi Misterius Gua Tenggar, Wisata eksotis di Tulungagung

Goa Tenggar
Goa Tenggar

Beberapa waktu yang lalu sempat heboh penemuan berbagai fosil purba di Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Benar saja, pasalnya tepat di dalam sebuah goa terdapat berbagai fosil tulang belulang berusia purba.

Baca juga : 5 Lembah di Indonesia dengan Pemandangan Luar Biasa

Goa Tenggar sedari pintu masuk telah menawarkan sensasi misterius (Foto By Akbar Dedy P.)

Tulang belulang dari mulai milik gajah, rusa, potongan sirip
penyu, sampai yang paling jelas fosil tulang kerbau berhasil diketemukan persis berserakan dilantai goa.

Temuan fosil purba yang berhasil disimpan pengurus wisata Goa Tenggar (Foto By Akbar Dedy P.)

Kawasan Tulungagung memang banyak menyimpan kekayaan berupa fosil tua, mulai dari yang paling tua fosil Homo Wajakensis di Desa Gamping Kecamatan Campurdarat, sampai gugusan fosil yang ada di dalam goa Tenggar.

Jalan setapak menuju Goa Tenggar (Foto by Akbar Dedy P.)

Kawasan yang resmi dibuka sebagai destinasi wisata untuk umum tahun 2017 tersebut memang begitu spesial. Berada persis di bawah pekarangan sawah warga. Nuansa rimbun pepohonan akan langsung menawarkan pesona exsotisme.

Sudah bukan rahasia jika sebagai kawasan pegunungan, Tanggunggunung masih begitu asri nunsa alamnya. Tidak heran destinasi Goa Tenggar sangat rekomen bagi Teman Traveler yangsuka dengan panorama pegunungan.

Menyusuri Jalur Setapak Menuju Goa yang Misterius

Sebagai destinasi wisata yang difokuskan untuk area konservasi, akses menuju destinasi Goa Tenggar memang terhitung masih alami. Dengan jalanya yang menuruni bukit dari perkampungan, Teman Traveler kurang lebih harus menempuh rute sejauh 500 meter agar sampai di kawasan goa.

Pesona Goa Tenggar dengan kelap klip lampunya (Foto By Akbar Dedy P.)

Meski perlu sedikit perjuangan, hal tersebut akan sebanding dengan keindahan yang ditawarkan pada Teman Traveler. Dengan view khas ladang persawahan pada kawasan pegunungan, hamparan tanaman jagung di sepanjang jalan akan menjadi penampakan menarik bagi wisatawan.

Permainan lampu dalam goa Tenggar (Foto By Akbar Dedy P.)

Tidak hanya sampai dis itu, menuju kawasan goa Tenggar, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan telaga yang disebut warga sekitar embung. Dibangun sejak tahun 2008 lalu embung tersebut adalah sumber pengairan bagi lahan warga. Sejenak pesonanya akan jadi suguhan yang menyejukkan mata.

Embung menawan yang letaknya tidak jauh dari kawasan goa Tenggar (Foto By Akbar Dedy P.)

Saat melintas kekawasan tersebut, tidak jarang teman travel akan bertemu beberapa warga sekitar yang memancing ikan di embung. Kawasan tersebut termasuk dalam rute teman travel menuju destinasi Goa Tenggar lho, asik bukan tuh?

Memasuki Eksotisme Labirin-labirin Gelap Goa

Menginjakan kaki memasuki rimbun pepohonan yang memayungi goa setinggi 17 meter itu, mata akan langsung disugui pemandangan seolah masuk dalam dimensi dunia yang berbeda. Kedalaman goa mencapai puluhan meter, masih sampai pintu goa Tenggar saja sejenak mata kita akan terhipnotis dengan pesona yang keren.

Keindahan goa Tenggar dari pintu masuk (Foto By Akbar Dedy P.)

di pintu masuk kelap-kelip fasilitas lampu sampai akses wifi dapat cuma-cuma dinikmati. Statusnya sebagai wisata konservasi, fasilitas pada goa Tenggar oleh pemerintah dibatasi hanya sampai pada pintu masuk goa.

Menyimpan Kekayaan Sejarah

Diprediksi oleh para ahli, dahulunya pada zaman purba, Goa Tenggar merupakan kawasan yang tegelam pada kedalaman 50 meter di bawah permukaan air laut. Lantaran hal tersebut, Goa Tenggar memiliki
batuan karakter kars yang kaya potensi mineral.

Misteriusnya goa Tenggar dengan pesona kerindangan alamnya (Foto By Akbar Dedy P.)

Hal tersebut diperkuat dangan temuan corak fosil biota laut yang banyak menempel pada bebatu didinding goa. Mulai dari ukiran tulang belulang, sampai fosil yang menempel telah menjadi
bebatuan. Next

ramadan
Kampung Gerabah Blitar

Wisata Gerabah di Blitar, Belajar Langsung dari Tangan Ahlinya

Bekyu Surabaya

Bekyu Asian Street Food, Resto ala Tiongkok di Surabaya dengan Menu Juara