in , , ,

Gosong Senggora, Surganya Bahari Di Tanah Kotawaringin Barat

Berbicara wisata, jangan ditanya lagi, Nusantara adalah pusatnya destinasi wisata dunia. Bagaimana tidak, mulai dari ujung Barat kota Sabang hingga ujung Timur Merauke terhampar pesona alam yang tiada tara indahnya. Terlebih pulau Kalimantan, kawasan paru-paru dunia ini ternyata menyimpan wisata alam yang begitu mengagumkan. Salah satunya adalah Gosong Senggora, dimana wisata bahari yang terkenal di Kalimantan Tengah.

Baca juga : Menikmati Indahnya Coban Parang Tejo, Ada Spot Instagenic Juga

Salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Foto via goodnewsfromindonesia.id

Gosong Senggora berada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting dimana kawasan ini sangat populer dimata traveler akan keindahan hutan mangrove dan konservasi habitat orangutan yang sangat dilindungi keberadaannya. Uniknya Gosong Senggora memang terlalu tersembunyi keberadaannya, hingga tidak banyak orang yang mengetahuinya. Terlebih kawasan pantai cantik ini ternyata memiliki status sebagai kawasan konservasi yang ditetapkan sejak tahun 2019.

Wisata yang berlokasi di Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki nama yang unik. Banyak traveler yang penasaran kenapa dinamakan Gosong Senggora? Kata Gosong sendiri sebutan dari lautan yang dangkal, dangkalnya lautan ini memiliki kedalaman tak lebih dari empat meter saja. Jadi, keindahan dasar lautnya bakal terlihat sangat jelas.

Dugong adalah salah satu habitat paling dilindungi di Gosong Senggora. Foto via akbar’ssport.com

Jadi dapat kamu gambarkan bahwa Gosong Senggora merupakan sebuah hamparan pasir putih yang berada ditengah lautan jernih dibubuhi dengan sejuknya hembusan angin pantai. Keindahan pantai yang mengagumkan ini ternyata masuk dikawasan konservasi, penetapan wilayah sebagai area konservasi memiliki alasan kuat bahwa keindahan alam di Gosong Senggora menyimpan berbagai kehidupan biota laut yang sungguh indah. Kamu bakal menemukan berbagai terumbu karang dan padang lamun, serta hewan dilindungi seperti dugong, penyu, teripang, siput besar, dan kerang-kerangan akan seliweran setiap saat.

Keindahan terumbu karang di pantai Gosong Senggora menjadi area konservasi. Foto via kaskus.co.id

Berbagai keindahan hewan laut tersebut dapat dengan mudah dan jelas dilihat para traveler ketika melakukan aktivitas snorkeling. Konservasi kawasan pantai ini juga bertujuan untuk menjaga ekosistem yang ada, serta melindungi para spesies hewan yang terancam punah agar terjaga dengan baik. Selain snorkeling, para traveler juga biasa melakukan diving dan berjemur di pesisir pantai yang indah. Disini kamu juga bisa bermain watersport guna memicu adrenalin seperti banana boat dan jet ski.

Salah satu keindahan pasir pantai yang muncul ditengah lautan dangkal. Foto via kumaicity.com

Bagi kamu yang penasaran ingin melihat dugong dari dekat, kamu bisa menuju kearah pelabuhan Kumai kemudian berlanjut dengan menyeberangi lautan menuju Gosong Senggora dengan waktu tempuh sekitar dua jam jika memakai speedboat atau waktu empat jam dengan perahu nelayan. Nah, perlu diingat, waktu terbaik mengunjungi Gosong Senggora adalah bulan Juli dan Agustus dimana bulan ini kondisi angin laut tidak begitu kencang sehingga kamu dapat menikmati dengan santai dan nyaman ketika snorkeling. Next

ramadan
Fenomena Frost Flower

Frost Flower, Fenomena Udara Membeku Berbentuk Es Cantik yang Pernah Terjadi di Indonesia

tahiti

5 Destinasi Wisata Menyenangkan di Pulau Tahiti, Bikin Kamu Tak Mau Pulang